Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 116 Kelas 10 Tugas 3

Kunci jawaban yang akan dibahas pada kesempatan ini adalah Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 116 Kelas 10 Tugas 3 Mengidentifikasi pokok-pokok isi hikayat Indera Bangsawan dan Menyusun sinopsis berdasarkan pokok isi hikayat tersebut pada Buku Paket Bahasa Indonesia Kurikulum 2013.

Kunci-Jawaban-Bahasa-Indonesia-Halaman-116-Kelas-10-Tugas-3
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 116 Kelas 10 Tugas 3 Mengidentifikasi pokok isi hikayat

Perintah soal  pada Tugas 3 ini, kamu diminta untuk Mengidentifikasi pokok isi hikayat Indera Bangsawan setelah itu kamu juga diminta untuk menuliskan sinopsis dari hikayat tersebut. Berikut kami bagikan jawaban pilihan dari kuncijawabankelas.com, Selamat membaca.

Tugas 3

Petunjuk: 

1. Bacalah hikayatnya terlebih dahulu dengan teliti. 

Kunci Jawaban : 

Sebelum mengerjakan soal-soal berikutnya, terlebih dahulu adik-adik membaca cerita hikayatnya. Hikayat yang di baca adalah hikayat Indera Bangsawan.


2. Identifiksikanlah pokok-pokok isinya. 

Kunci Jawaban : 

Untuk pokok-pokok isi dari setiap paragraf pada cerita hikayat Indera Bangsawan ini sudah di jelaskan oleh kuncijawabankelas.com pada artikel kunci jawaban sebelumnya, karena pada soal Tugas 3 halaman 116 ini di tanyakan kembali, berikut link penjelasan pokok-pokok isi dari hikayat tersebut.


3. Susunlah sinopsis berdasarkan pokok isi hikayatnya.

Kunci Jawaban : 

Sinopsis Hikayat Indera bangsawan

Cerita ini berawal dari kebingungan seorang raja untuk menentukan pengganti dirinya, karena kedua anak kembarnya sama-sama gaga dan memiliki kemampuan yang sama, mereka adalah Indera bangsawan dan Syah Peri. Sang raja pun menyuruh kedua puranya untuk pergi ke hutan mencari buluh perindu. 

Ketika hujan badai datang mereka berdua pun terpisah di hutan, hanya berserah kepada tuhan yang bisa dilakukan. Setelah berjalan Syah Peri pun sampai ke suatu negeri dan bertarung mengalahkan garuda untuk menyelamatkan dayang-dayang, sedangkan Indera Bangsawan sampailah ke negeri Raja Kabir dan bertemu dengan raksasa.

Di negerinya, Raja Kabir mengadakan sayembara untuk menyelamatkan putrinya dari tangan Buraksa, siapa saja yang bisa mendapatkan susu harimau maka orang tersebut berhak untuk dinikahkan dengan putrinya.

Dikarenakan sarung kesaktian sudah kembali, Indera Bangsawan pun menunjukkan kepada raja mengenai susu harimau yang diperoleh dari neneknya yaitu raksasa. Raja pun mengobati putri menggunakan susu tersebut, tak berapa lama putri pun langsung sembuh, namun kesedihan tetap ada pada Raja karena takut putrinya di ambil Buraksa. Karena kelemahan Buraksa terletak pada jubahnya, mak raja pun kembali mengadakan sayembara, "Siapa saja yang bisa mendapatkan jubah Buraksa maka akan menjadi suami putrinya".

Indera Bangsawan pun kembali ke hutan dan belajar cara mengambil jubah itu kepada nenek raksasa, pada saat Buraksa tertidur Indera Bangsawan pun langsung mengambil jubah milik Buraksa dan menyerahkan jubah Buraksa membuat sang raja menepati janjinya untuk menikahkan Indera Bangsawan dengan Putri kesayangannya.


Wah.. akhir cerita yang menyenangkan ya... sayangnya hanya di dunia hikayat, coba jika ada di kehidupan nyata mungkin adik-adik yang berhasil mendapatkan jubahnya. Dari cerita ini dapat kia ambil hikmahnya untuk selalu berusaha memperjuangkan apa yang kita inginkan, dan satu lagi harus patuh dan menjalankan semua perintah orang tua seperti Indera Bangsawan dan kakaknya yang selalu patuh pada ayandanya.


Baca Juga

Menikahnya Indera Bangsawan dengan sang putri juga menandakan berakhirnya sinopsis hikayat Indera Bangsawan, maka berakhir juga penjelasan kami terkait kunci jawaban Tugas 3 mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 9 ini. Semoga jawaban yang kami berikan ini dapat menambah warna dari jawaban alternatif lainnya yang tersedia di internet ini. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 116 Kelas 10 Tugas 3"