Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 120 Kelas 10 Tugas

Kuncijawabankelas.com merupakan media digital yang membahas informasi seputar jawaban-jawaban anak sekolah. Kali ini Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 120 Kelas 10 Tugas Mengidentifikasi Karakteristik Hikayat "Bayan Budiman" Halaman 121 - 122 pada Buku Paket Bahasa Indonesia Kelas 10 Kurikulum 2013.

Kunci-Jawaban-Bahasa-Indonesia-Halaman-120-Kelas-10-Tugas
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 120 Kelas 10 Tugas Mengidentifikasi Karakteristik Hikayat Bayan Budiman

Pada Tugas halaman 120 ini, adik-adik kelas 10 diminta untuk Mengidentifikasi Karakteristik Hikayat "Bayan Budiman", selesai mengidentifikasi adik-adik diminta untuk menulis hasilnya menggunakan tabel berikut ini. Langsung saja tanpa kata basa-basi di bawah ini merupakan penjelasan jawabannya.

Tugas

Petunjuk :
1. Sebelum menjawab, cerita Hikayat Bayan Budiman silakan di baca terlebih dahulu.

2. Identifikasikanlah karakteristiknya, kemudian hasilnya silakan tulis pada tabel beriku ini.

Kunci jawaban : 

Karakteristik Hikayat Bayan Budiman antara lain:

1. Kemustahilan

Kutipan Teks :

a) Paragraf 3, Kalimat 2
Bagian kutipan teks yang menunjukkan karakteristik kemustahilan terletak pada kutipan teks paragraf  3, kalimat ke 2 bagian terakhir. "Fitnah di dunia sangatlah besar & sangatlah tajam lebih tajam dari senjata". Jika kita identifikasikan dengan seksama makna kalimat tersebut mengandung karakteristik kemustahilan karena tidak bisa melihat atau membandingkan sebesar dan setajam apa fitnah tersebut. 

b). Paragraf 9, Kalimat 2
Bagian kutipan paragraf  9, kalimat ke 2 "Seekor burung dapat menyelamatkan rumah tangga dan nama baik tuannya". Sangat mustahil bisa dilakukan oleh seekor burung bayan melakukan hal tersebut.

b). Paragraf 7, Kalimat 4
Bagian kutipan paragraf  7, kalimat ke 4 "Ia bercerita hingga sampai 24 kisah dan 24 malam" kalimat tersebut mengandung karakteristik kemustahilan, karena tidaklah mungkin seekor burung dapat bercerita sebanya 24 kisah selama 24 malam, mengajarnya berbicara menyebutkan beberapa kata saja sudah sangat tidak mungkin sekali atau sangatsulit.


2. Kesaktian

Kutipan Teks :

a). Paragraf  1, kalimat ke 2
Bagian kutipan teks yang menunjukkan karakteristik "kesaktian" terletak pada paragraf  1, kalimat ke 2 "Tak lama setelah berdoa, beranaklah istri saudagar Mubarok, anak laki-laki Khojan Maimun namanya". Jika kita identifikasikan karakteristik kalimat tersebut sangat tidak mungkin tetapi terjadi, karena di dalam cerita memang anaknya bernama Khojan Maimun ada, itu artinya dalam melahirkan Khojan Maimun mengandung unsur kesaktian hanya beberapa saat setelah berdo'a anaknya lahir.

b). Paragraf 9, Kalimat 7
Selain unsur karakteristik kesaktian pada proses beranaknya istri saudagar tersebut terdapat juga kalimat lain yang menunjukkan hal serupa yaitu pada paragraf 9, Kalimat 7 yang berbunyi "Luka tersebut tidak akan sembuh melainkan diobati dengan hati kera". Kalimat tersebut sangat jelas menunjukkan adanya karakteristik kesaktian hati kera yang bisa menyembuhkan luka.


3. Istana Sentris

Kutipan Teks :
Kutipan teks istana sentris terletak pada paragraf 4, kalimat 1 "ada anak Raja Ajam berkuda" pada kalimat tersebut karakteristik istana sentris ditunjukkan pada kata raja yang identik tinggal di istana.


4. Kekejaman

Kutipan Teks :
Bagian kutipan teks yang menunjukkan karakteristik "kekejaman" terletak pada paragraf  4, kalimat ke 5 "dihempaskannya burung tiung itu sampai mati". karakteristik kekejaman jelas terlihat pada kalimat tersebut yang menghempas burung berulang kali hingga mati.

5. Kesepian

Kutipan Teks :
Bagian kutipan teks yang menunjukkan karakteristik "kesepian" terletak pada paragraf  4, kalimat ke 1 "Hatta beberapa lama ditinggal suaminya". karakteristik kesepian jelas terlihat pada kalimat tersebut yang lama di tinggal suaminya.


Baca Juga 

Demikianlah penjelasan kunci jawaban dari kuncijawabankelas.com tentang Mengidentifikasi Karakteristik Hikayat "Bayan Budiman", baik karakteristik kemustahilan, kesaktian, istana sentris, kekejaman dan kesepian semuanya sudah di jelaskan pada penjelasan kunci jawaban di atas. semoga kunci jawaban ini menambah wawasan kita mengenai isi dari hikayat Byan Budiman. Terima kasih

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 120 Kelas 10 Tugas"