Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 10 11 Kurikulum Merdeka

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 10 11 Kurikulum Merdeka Bab 1 Hakikat Ilmu Sains dan Metode Ilmiah Mari Uji Kemampuan Kalian Laboratorium IPA.

Kunci-Jawaban-IPA-Kelas-7-Halaman-10-11-Kurikulum-Merdeka
Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 10 11 Laboratorium IPA.

Jika pada kunci jawaban soal uji kemampuan sebelumnya kita mengukur pemahaman materi disiplin ilmu yang dingunakan para ilmuan melakukan penelitian, kali ini kita akan mengupas tentang kunci jawaban pemahaman materi Laboratorium IPA yang merupakan materi kedua pada Bab 1 Hakikat Ilmu Sains dan Metode Ilmiah.

Berikut penjelasan jawabannya.

1. Apa saja alat-alat laboratorium yang digunakan untuk melakukan hal-hal dibawah ini?

a. Mengukur volume air sebanyak 25 mL.

Kunci Jawaban : 
Alat laboratorium yang digunakan adalah Gelas ukur berbentuk silinder yang memiliki skala untuk mengukur volume larutan cair seperti air

b. Memanaskan air.

Kunci Jawaban : 
Alat laboratorium yang digunakan adalah Hot plate. Hot plate adalah kompor logam berbentuk bulat pipih dan digunakan untuk memanasakan berbagai macam jenis larutan termasuk air.

c. Mengukur suhu air setelah dipanaskan.

Kunci Jawaban : 
Alat laboratorium yang digunakan untuk mengukur suhu air setelah dipanaskan adalah Termometer.

d. Mencampur bahan kimia dalam jumlah yang sedikit.

Kunci Jawaban : 
Alat laboratorium yang digunakan untuk mencampur bahan kimia adalah Tabung reaksi

e. Mengambil garam untuk ditimbang sebelum digunakan.

Kunci Jawaban : 
Alat laboratorium yang digunakan untuk Mengambil garam untuk ditimbang sebelum digunakan adalah Spatula atau alat sendok yang terbuat dari stainless atau plastik.

f. Mengaduk garam agar dapat larut dalam air.

Kunci Jawaban : 
Alat laboratorium yang digunakan untuk Mengaduk garam agar dapat larut dalam air adalah Batang pengaduk yang terbuat dari gelas  memiliki ciri khusus berupa ujung yang membulat.


2. Bandingkanlah alat-alat laboratorium berikut ini dengan menyebutkan persamaan dan perbedaannya.

a. Batang pengaduk dan spatula.

Kunci Jawaban : 
Persamaannya adalah batang pengaduk dan spatula sekilas terlihat sama-sama memiliki bentuk yang lurus panjang seperti stik sedangkan Perbedaannya terletak pada bahan penyusunnya, batang pengaduk terbuat dari bahan kaca, sedangkan spatula terbuat dari logam.

b. Gelas kimia dan labu Erlenmeyer.

Kunci Jawaban : 
Persamaannya adalah terletak pada bentuknya, sama-sama memiliki bentuk seperti wadah gelas dan yang terbuat dari kaca sedangkan perbedaannya terletak pada fungsinya. 

Gelas kimia memiliki fungsi sebagai tempat menampung larutan bervolume banyak, sedangkan labu erlenmeyer berfungsi sebagai wadah titrasi.

c. Kawat kasa dan segitiga porselen.

Kunci Jawaban : 
Persamaannya adalah sama-sama berfungsi sebagai penyangga, sedangkan perbedaannya terletak pada pemanfaatan kegunaannya, yang mana kawat kasa digunakan untuk menyangga gelas kimia ketika dipanaskan di atas bunsen, sedangkan segitiga porselen digunakan untuk menyangga wadah bahan-bahan yang dipanaskan di atas kaki tiga.

d. Tabung reaksi dan cawan penguap.

Kunci Jawaban : 
Persamaannya adalah sama-sama digunakan sebagai wadah penampung zat yang direaksikan, sedangkan Perbedaannya adalah tabung reaksi digunakan dalam reaksi berbasis larutan, sedangkan cawan penguap digunakan dalam reaksi bahan yang tidak mudah menguap.


3.  Perhatikanlah gambar berikut.


Apakah pendapat kalian mengenai kejadian pada gambar di atas? Tuliskanlah semua peraturan keselamatan yang dilanggar dan juga sarankan bagaimana memperbaikinya.

Kunci Jawaban : 

Peraturan keselamatan yang dilanggar antara lain :
  1. Melakukan penelitian sambil bermain.
  2. Tidak menggunakan alat laboratorium sesuai dengan petunjuk penggunaan.
  3. Ceroboh dalam melakukan penelitian.
  4. Alat pelindung keselamatan dalam melakukan penelitian tidak digunakan.
  5. Membuang limbah penelitian sembarangan

4.  Gambarlah diagram 2D untuk susunan alat-alat secara lengkap yang digunakan untuk memanaskan air yang suhunya akan diukur setiap 3 menit.

Kunci Jawaban : 

Kunci-Jawaban-IPA-Kelas-7-Halaman-10-11

5. Dalam kelompok kecil, pilihlah salah satu peraturan keselamatan laboratorium, lalu buatkan poster mengenai peraturan itu dengan tulisan yang mudah terbaca dari jauh dengan disertai gambar. Poster itu dapat ditempel di laboratorium, untuk mengingatkan kalian dengan temanteman kalian tentang peraturan itu.

Kunci Jawaban : 
Silakan gambarkan poster sesuai dengan petunjuk soal


6. Lakukanlah percobaan dari aktivitas 1.5 berikut ini bersama guru dan teman-teman kalian di laboratorium IPA dengan menjalankan peraturan keselamatan yang telah kalian tentukan. Setelah melakukan kegiatan percobaan, evaluasilah kembali langkah-langkah yang kalian lakukan dengan menjawab pertanyaan pada bagian Refleksi.

Kunci Jawaban : 
Silakan adik-adik melakukan percobaan sesuai dengan peraturan keselamatan yang dibuat kemudian lakukan evaluasi kembali.


Baca Juga 
Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman  Kurikulum Merdeka

Demikianlah penjelasan jawaban Mari Uji Kemampuan Kalian Halaman 10 11 Kurikulum merdeka kelas 7 SMP denagan materi Laboratorium IPA. Terimakasih ....

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 10 11 Kurikulum Merdeka"