Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PKn Kelas 9 Tugas Mandiri 2.1 Halaman 34

Kunci Jawaban PKn Kelas 9 Tugas Mandiri 2.1 Halaman 34 Bandingkan kondisi bangsa Indonesia pada masa penjajahan dengan masa kemerdekaan Buku Pendidikan Kewarganegaraan Semester 1 Bab 2 Pembukaan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Kurikulum 2013.

Kunci-Jawaban-PKn-Kelas-9-Tugas-Mandiri-2.1-Halaman-34
Kunci Jawaban PKn Kelas 9 Tugas Mandiri 2.1 Halaman 34

Silakan di baca Kunci Jawaban PKn Kelas 9 Tugas Mandiri 2.1 Halaman 34 Buku Pendidikan Kewarganegaraan Semester 1 Bab 2 Pembukaan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Kurikulum 2013 Kurikulum 2013 di bawah ini. Selamat membaca. 

Tugas Mandiri 2.1

Bandingkan kondisi bangsa Indonesia pada masa penjajahan dengan masa kemerdekaan. Kemudian, tuliskanlah dalam bentuk tabel seperti berikut.

Kunci Jawaban : 

Masa Penjajahan
  • Rakyat kekurangan sandang dan pangan dikarenakan sumber makanan tidak tersedia
  • Rakyat pribumi mendapat perlakuan semena-mena dari pemerintah Hindia Belanda. Pribumi merupakan warga kelas dua dengan segala keterbatasannya.
  • Rakyat dipekerjakan secara paksa oleh penjajah Belanda maupun Jepang.
  • Rakyat tidak diperbolehkan mengikuti pendidikan, hanya orang tertentu yang boleh sekolah.
  • Rakyat tidak memiliki kebebasan berbicara dan berkumpul.
  • Eksploitasi kekayaan alam secara besar-besaran oleh pemerintah Hindia Belanda namun fasilitas umum seperti jalan dan pembangunan lainnya tidak diperhatikan.
Masa Kemerdekaan
  • Rakyat sudah bisa bekerja sesuai dengan keinginan dan kemampuannya karena tidak ada lagi kerja paksa
  • Semua warga negara sama kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan
  • Pemerintah sudah memperhatikan kesejahteraan rakyatnya
  • Setiap lapisan masyarakat berhak mendapatkan pendidikan
  • Rakyat memiliki kebebasan berserikat dan berkumpul.
  • Pemerintah sudah memperhatikan bahkan sudah membangun fasilitas umum seperti jalan-jalan
Kesimpulan : 

Jika kita bandingkan kondisi bangsa Indonesia pada masa penjajahan dengan masa kemerdekaan maka kehidupan pada masa kemerdekaan jauh lebih baik sesuai dengan yang kita harapkan. Karena bangsa yang belum merdeka, nasibnya ditentukan oleh penjajah, tidak memiliki kebebasan untuk menentukan nasibnya sendiri. Penjajah biasanya mementingkan diri sendiri, tidak memikirkan nasib dan penderitaan bangsa yang dijajahnya serta bangsa yang dijajah tidak memiliki hak untuk meningkatkan kesejahteraannya.

Jadi sudah sewajarnya jika kita bersyukur dan mengisi kemerdekaan ini dengan belajar bersungguh-sungguh karena sesungguhnya nasib bangsa kita yang akan datang berada di pundak para pelajar penerus generasi bangsa.


Baca Juga

Terima kasih sudah membaca artikel Kunci Jawaban PKn Kelas 9 Tugas Mandiri 2.1 Halaman 34. Semoga artikel ini dapat membantu dan memberikan informasi yang dibutuhkan oleh siswa kelas 9 dalam mengerjakan soal-soal Pendidikan Kewarganegaraan.


Semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PKn Kelas 9 Tugas Mandiri 2.1 Halaman 34"