Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Tugas Halaman 103

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Tugas Halaman 103 Semester 1 Menyusun Argumen atau Pendapat terhadap Isu Aktual merupakan kunci jawaban kelas 12 Sekolah Menengah Atas atau Sekolah Kejuruan Halaman 103 Kurikulum 2013 revisi terbaru.

Kunci-Jawaban-Bahasa-Indonesia-Kelas-12-Tugas-Halaman-103
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Tugas Halaman 103

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Tugas Halaman 103

Tugas

1. Berdasarkan teks berita tersebut, tentukan isu aktual yang disajikan!

Kunci Jawaban : 

Berdasarkan teks berita tersebut Isu aktual yang disajikan adalah tentang PHK yang dialami ribuan buruh pabrik Toshiba dan Panasonic karena lesunya penjualan produk.

2. Carilah dari sumber lain data mengenai isu yang terdapat dalam berita tersebut secukupnya!

Kunci Jawaban :  
Berikut sumber lain data mengenai isu tentang PHK yang dialami ribuan buruh pabrik Toshiba dan Panasonic karena lesunya penjualan produk.

Rencana penutupan usaha PT Panasonic Lighting di Cikarang, Jawa Barat, dan Pasuruan, Jawa Timur, serta PT Toshiba Indonesia di Cikarang akan berdampak pada pemutusan hubungan kerja ribuan pekerjanya. 

"Sekitar 2.500 pekerja akan di-PHK," ujar Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal dalam konferensi pers di Hotel Mega Proklamasi, Jakarta, Selasa (2/1/2016). 

Said menjelaskan, ribuan pekerja itu terdiri atas sekitar 1.700 anggota KSPI di PT Panasonic dan 970 anggota KSPI di PT Toshiba. Ia merinci, sebanyak 600-700 pekerja dari Panasonic Lighting Pasuruan di-PHK pada periode Desember 2015-Januari 2016.  

Sementara itu, Panasonic Lighting Cikarang-Bekasi, sejumlah 900-1.000 karyawan di-PHK untuk periode Januari 2016 sampai dengan Maret 2016. 

Kedua pabrik Panasonic Lighting ini resmi ditutup. Pabrik Toshiba di Cikarang-Bekasi pun mengumumkan ditutup pada pertengahan Januari lalu. Saat ini, pekerja tengah dalam proses negosiasi pesangon. Perusahaan akan resmi berhenti beroperasi pada Maret mendatang. 

Di luar dua perusahaan elektronik raksasa ini, terdapat dua perusahaan elektronik lain asal Korea Selatan yang juga mengumumkan akan menutup pabriknya di Indonesia, yaitu PT Samoin, yang telah mem-PHK 1.200 karyawannya, dan juga PT Starlink, yang mem-PHK 500 orang pekerja. Kedua perusahaan ini telah selesai beroperasi di Indonesia pada Januari kemarin. 

Said Iqbal mengatakan, tutupnya Panasonic Lighting dan juga Toshiba ini memberikan sinyal negatif terhadap investor asing yang akan datang ke Indonesia. Selain itu, yang paling buruk menurut Said adalah lantaran Kementerian Perindustrian tidak mengetahui penutupan pabrik ini. 

Sumber : Kompas.com 

3. Hubungkan isu-isu yang kamu peroleh serta melengkapinya dengan pendapatmu!

Kunci Jawaban :  

Jika makin banyak isu-isu yang serupa terjadi pada perusahaan-perusahaan di Indonesia seperti isu pabrik Toshiba dan Panasonic, maka dapat di katakan banyak sekali pabrik-pabrik tersebut terancam akan gulung tikar, sehingga berdampak pada PHK ribuan karyawan.

4. Apa simpulan dan rekomendasi yang dapat kamu berikan?

Kunci Jawaban :  

Kesimpulan :
Pabrik Toshiba dan Panasonic tutup karena kurangnya permintaan terhadap produk yang mereka hasilkan.

Rekomendasi : 
Walikelassd.com merekomendasikan agar pabrik Toshiba dan Panasonic harus lebih menyesuaikan produk yang dihasilkan dengan kebutuhan masyarakat di era sekarang. Artinya baik kualitas produk dan harga harus mampu bersaing dengan perkembangan zaman yang sifatnya produk tersebut merakyat. 


Baca Juga
Kunci jawaban lainnya

Demikianlah Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Halaman 103 Tugas ini. Semoga Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Halaman 103 Tugas ini dapat berguna dan bermanfaat dengan baik, serta dapat membantu adik-adik menjawab soal-soal tugas halaman 103, Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Tugas Halaman 103"