Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PKn Kelas 9 Tugas Mandiri 1.4 Halaman 20

Kunci Jawaban PKn Kelas 9 Tugas Mandiri 1.4 Halaman 20 Buku Pendidikan Kewarganegaraan Semester 1 Bab 1 Dinamika Perwujudan Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa Kurikulum 2013 revisi terbaru.

Kunci-Jawaban-PKn-Kelas-9-Tugas-Mandiri-1.4-Halaman-20
Kunci Jawaban PKn Kelas 9 Tugas Mandiri 1.4 Halaman 20

Berikut penjelasan Kunci Jawaban PKn Kelas 9 Tugas Mandiri 1.4 Halaman 20 Buku Pendidikan Kewarganegaraan selamat membaca. 

Tugas Mandiri 1.4

Amatilah berbagai fakta dan peristiwa di sekitar kamu yang sesuai dengan gambar di atas. Catat atau ungkapkan hasil pengamatan kamu. Kembangkan rasa ingin tahu kamu dengan menyusun pertanyaan yang berkaitan dengan nilai-nilai Pancasila sesuai perkembangan masyarakat. Misalnya, apa saja yang telah mengalami perubahan? Mengapa terjadi perubahan tersebut? Bagaimana proses perubahan tersebut terjadi? Apa pengaruh perubahan tersebut? Apakah perubahan tersebut sesuai dengan nilai-nilai Pancasila?

Kunci Jawaban : 

Di lingkungan tempat tinggal saya, warga masyarakatnya masih mengadakan kegiatan bergotong royong atau kerja bakti dalam menyelesaikan masalah-masalah yang membutuhkan bantuan orang banyak. Kegiatan bergotong royong atau kerja bakti yang sering di lakukan warga pada tempat tinggal saya antara lain:
  • Memperbaiki atau membangun sarana dan prasarana umum misalnya jembatan, jalan dan lain-lain.
  • Memasang genting rumah
  • Peristiwa kematian
  • Membangun tempat ibadah.
  • Hajatan
Sejak zaman dahulu kegiatan kerja bakti ini sudah ada, namun seiring perkembangan zaman kegiatan ini sudah mengalami perubahan, sehingga untuk menyikapinya muncul pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan kerja bakti antara lain:

1. Apa saja yang telah mengalami perubahan ?

Kunci Jawaban : 

Yang telah mengalami perubahan pada kegiatan kerja bakti atau bergotong royong adalah intensitas kerja baktinya yang sudah berkurang dan tidak seperti dahulu lagi.

2. Mengapa terjadi perubahan ?

Kunci Jawaban : 

Terjadi perubahan tersebut disebabkan oleh perkembangan sosial masyarakat yang semula homogen dengan pekerjaan yang sama yaitu petani, sekarang mata pencahariannya berbeda-beda. Kemudian karena pengaruh perkembangan teknologi canggih seperti mesin-mesin yang sudah menggantikan pekerjaan yang seharusnya dilakukan manusia secara bersama-sama.

3. Bagaimana proses perubahan terjadi ?

Kunci Jawaban : 

Proses perubahan tersebut terjadi mengikuti perkembangan zaman yang mana pada zaman dahulu kegiatan kerja bakti dan gotong royong selalu di lakukan sekarang sudah berkurang bahkan sudah tidak ada lagi terutama di wilayah perkotaan.

4. Pengaruh perubahan tersebut?

Kunci Jawaban : 

Pengaruh dari adanya perubahan tersebut adalah berkurangnya rasa solidaritas, empati dan kepedulian atar setiap warga sehingga terkesan kurangnya kebersamaan. 

5. Apakah perubahan tersebut sesuai dengan Pancasila?

Kunci Jawaban : 

Perubahan tersebut masih sesuai dengan Pancasila hanya terjadi pergeseran nilainya saja. Selama tidak terjadi hal-hal yang saling merugikan warga perubahan tersebut masih sesuai dengan Pancasila.


Baca Juga

Terima kasih sudah membaca artikel Kunci Jawaban PKn Kelas 9 Tugas Mandiri 1.4 Halaman 20 ini, semoga Kunci Jawaban PKn Kelas 9 Tugas Mandiri 1.4 Halaman 20 dapat membantu dan memberikan informasi yang bermanfaat untuk adik-adik kelas 9. 

Terima kasih. Salam.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PKn Kelas 9 Tugas Mandiri 1.4 Halaman 20"