Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Aktivitas 1.1 Halaman 5

Kunci Jawaban PKn Kelas 8 Aktivitas 1.1 Halaman 5 Bab 1 Memahami Kedudukan dan Fungsi Pancasila Buatlah resume tentang arti kedudukan dan fungsi Pancasila Kurikulum 2013.

Kunci-Jawaban-PKN-Kelas-8-Aktivitas-1.1-Halaman-5
Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Aktivitas 1.1 Halaman 5 Bab 1 Memahami Kedudukan dan Fungsi Pancasila

Berikut penjelasan Kunci Jawaban PKn Kelas 8 Aktivitas 1.1 Halaman 5 secara lengkap dan mudah dipahami. Selamat membaca.

Aktivitas 1.1

Setelah kalian memahami arti dan fungsi Panca sila bagi bangsa Indonesia lakukanlah hal-hal berikut ini untuk mengetahui pemahaman kalian.

1. Buatlah resume tentang arti kedudukan dan fungsi Pancasila!

Kunci Jawaban : 

Kedudukan Pancasila
Kedudukan Pancasila di Indonesia sangat penting, karena Pancasila merupakan falsafah bangsa Indonesia. Menurut Ir. Soekarno, Pancasila adalah isi jiwa bangsa Indonesia yang turun-temurun sekian abad lamanya terpendam bisu oleh kebudayaan Barat. Dengan demikian, Pancasila tidak saja falsafah negara, tetapi lebih luas lagi.

Fungsi Pancasila
Secara umum Pancasila memiliki fungsi dan peranan sebagai dasar Negara yang terdapat di dalam perundang-undangan Berikut adalah fungsi dan peranan Pancasila:
  • Pancasila sebagai jiwa bangsa Indonesia
  • Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia
  • Pancasila dari sumber dari segala sumber hukum
  • Pancasila sebagai perjanjian luhur
  • Pancasila sebagai cita cita dan tujuan bangsa Indonesia
  • Pancasila sebagai satu satunya asas dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
  • Pancasila sebagai moral pembangunan
2. Jawablah pertanyaan berikut ini

a. Apa arti Pancasila bagi bangsa Indonesia

Kunci Jawaban : 

Arti Pancasila bagi bangsa Indonesia yaitu sebagai dasar Negara Indonesia dasar negara, maksudnya yaitu bahwa Pancasila berfungsi menjadi pondasi dasar yang kokoh dalam berdirinya Indonesia guna menyatukan seluruh komponen masyarakat dalam sebuah kehidupan yang penuh kerukunan dan kesatuan, berfungsi menjadi Jiwa dan Kepribadian Bangsa, serta Pancasila juga berfungsi sebagai perjanjian luhur

b. Apa fungsi Pancasila bagi bangsa Indonesia

Kunci Jawaban : 

Fungsi Pancasila bagi bangsa Indonesia antara lain:
  • Pancasila sebagai dasar negara
  • Pancasila sebagai sumber hukum dasar nasional
  • Pancasila sebagai pandangan hidup Bangsa Indonesia
  • Pancasila sebagai jiwa dan kepribadian Bangsa Indonesia
  • Pancasila sebagai ideologi negara
  • Pancasila sebagai pemersatu Bangsa Indonesia
  • Pancasila sebagai perjanjian luhur
c. Siapakah the founding father yang merumuskan Pancasila

Kunci Jawaban : 

The founding father adalah orang-orang yang merumuskan Pancasila, Mereka adalah Moh. Yamin, Dr. Soepomo, dan Ir. Soekarno.

d. Seperti apakah fungsi Pancasila bagi kehidupan bernegara

Kunci Jawaban : 

Berikut fungsi Pancasila bagi kehidupan bernegara antara lain :

1. Pancasila sebagai dasar negara Indonesia
Dasar negara merupakan tonggak berdirinya sebuah negara, ibarat bangunan tanpa tiang, bangunan tersebut akan roboh, begitu juga sebuah negara. Dengan adanya dasar negara berarti segala yang ada dalam negara tersebut harus taat kepada dasar negara tersebut, yaitu Pancasila. Pancasila sebagai dasar negara Indonesia di jadikan dasar dalam mengatur penyelenggaraan pemerintah.

2. Pancasila sebagai sumber nilai
Sesuatu di aktakan mempunyai nilai apabila mencakup: berguna, berharga, indah (nilai estetika), bermoral, maupun religius. Secara singkat nilai dapat di katakana sebagai hasil penilaian terhadap sesuatu yang kemudian di jadikan dasar untuk melaksanakan sesuatu tindakan.

3. Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia
Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila merupakan cita-cita luhur bangsa Indonesia, sebagai warga negara yang baik dan menjunjung nilai-nilai tersebut kita harus melaksanakan cita-cita tersebut.

4. Pancasila sebagai paradigma pembangunan
Cita-cita kemerdekaan yang di muat dalam alinea kedua pembukaan UUD 1945, bahwa yang di cita-citakan oleh bangsa Indonesia adalah negara yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Cita-cita tersebut di wujudkan melalui pembangunan nasional. Pembangunan yang kita lakukan sekarang ini masih jauh dari wujud masyarakat berdasarkan Pancasila yang merupakan cita-cita bangsa Indonesia. Keadaan seperti ini harus menuntun kita memiliki paradigma baru dalam melaksanakan pembangunan baru. Seperti Pendidikan karakter, menerakan nilai-nilai Pancasila ke dalam kehidupan.


Baca Juga

Demikianlah Kunci Jawaban PKn Kelas 8 Aktivitas 1.1 Halaman 5 Semester 1 ini, semoga dapat bermanfaat secara akademik bagi pelajar, dan bermanfaat secara umum sebagai bahan bacaan yang menyajikan sumber pengetahuan. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Aktivitas 1.1 Halaman 5"