Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 12 Tabel 1.2

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 12 Tabel 1.2 Fungsi Fruktosa Hormon prostaglandin Protein pembekuan Tabel 1.2 Zat-Zat yang Terkandung dalam Cairan yang Dihasilkan Vesikula Seminalis Beserta Fungsinya.
Kunci-Jawaban-IPA-Kelas-9-Halaman-12-Tabel-1.2
Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 12 Tabel 1.2

Penjelasan Kunci Jawaban Tabel 1.2 IPA Kelas 9 Halaman 12 Ayo Kita Cari Tahu Buku Ilmu Pengetahuan Alam ini dapat adik-adik pahami penjelasannya sebagai berikut.

Ayo Kita Cari Tahu

Kamu pasti penasaran dan segera ingin tahu bagaimana fungsi dari cairan-cairan yang dihasilkan oleh vesikula seminalis? Sekarang kamu cari tahu dari berbagai sumber yang ada, mengapa cairan yang dihasilkan vesikula seminalis bersifat basa? Apa fungsinya? Coba kamu lengkapi tabel 1.2 di bawah ini mengenai fungsi zat-zat yang terkandung dalam vesikula seminalis pada tabel berikut.

Kamu bisa menggunakan berbagi sumber untuk mencari informasi tersebut, Bisa dengan sumber buku-buku di perpustakaan, bisa juga bertanya kepada orang yang ahli di bidangnya, maupun mencari informasi dengan mengakses internet. Selamat mencari!

Kunci Jawaban : 

Alasan utama mengapa cairan yang dihasilkan vesikula seminalis bersifat basa adalah karena dengan  dengan keadaan basa, dan encer membuat cairan sperma yang diproduksi tersebut mampu bertahan hidup di lingkungan yang bersifat asam seperti di dalam vagina.

Sedangkan fungsi dari cairan tersebut bersifat basah adalah untuk menjaga dan mengontrol daerah bagian uretra dari keasaman yang tinggi. Oleh sebab itu cairan yang diproduksi vesikula seminalis bersifat basah dan memiliki PH yang tinggi, Karena dengan PH yang tinggi dapat mengontrol keasaman pada bagian uretra tersebut.

Fungsi zat fruktosa

Zat fruktosa memiliki fungsi utama sebagai sumber energi sel sperma, karena zat fruktosa mengandung zat gula yang menjadi sumber makanan bagi sel sperma, Sedangkan fungsi lainnya dari zat fruktosa antara lain sebagai berikut:
  • Dapat mengatur dan mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh manusia dengan cara menetralisir zat-zat gula tersebut.
  • Dapat membantu proses metabolisme tubuh.
Fungsi zat prostaglandin 

Fungsi utama zat prostaglandin adalah untuk memberikan rangsangan pada otot polos saluran reproduksi agar berkontraksi yang bertujuan agar sperma lebih mudah dipindahkan dari epididimis pria menuju oviduk wanita. Sedangkan fungsi lainnya dari zat prostaglandin adalah :
  • Mendorong terjadinya proses pembuahan (ovulasi) sperma pada sel telur wanita. 
  • Membantu proses penyembuhan luka.
  • Menjaga kesehatan ginjal dan lambung.
Fungsi zat protein pembekuan

Fungsi utama zat protein pembekuan adalah zat yang mendorong terjadinya proses koagulasi atau sering di sebut pembekuan. Fungsi lainnya dari zat protein pembekuan adalah memfasilitasi pembekuan semen ejakulasi pada wanita


Baca Juga

Demikianlah Kunci Jawaban Tabel 1.2 IPA Kelas 9 Halaman 12 Ayo Kita Cari Tahu Buku Ilmu Pengetahuan Alam yang dapat saya publikasikan pada media blog personal ini. Semoga kunci jawaban tabel 1.2 ini dapat membantu sisa belajar baik secara daring di rumah maupun sudah mulai dengan sistem tatap muka di sekolah. 

Terimakasih

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 12 Tabel 1.2"