Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 15 16 Organ Reproduksi

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 15 16 Organ Reproduksi Ayo Kita Lakukan Aktivitas 1.2 Struktur dan Fungsi Organ-organ Penyusun Sistem Reproduksi pada Perempuan pada Buku Paket Siswa Ilmu Pengetahuan Alam.

Kunci-Jawaban-IPA-Kelas-9-Halaman-15-16-Organ-Reproduksi
Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 15 16 Struktur dan Fungsi Organ Reproduksi

Dengan adanya Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 15 16 kami berharap agar kunci jawaban ini dapat memberikan semua informasi yang di cari oleh adik-adik, Tentu saja informasi yang kami berikan adalah informasi yang sesuai dengan fakta secara keilmuannya. Ok langsung saja kami bagikan penjelasan kunci jawabannya di bawah ini

Ayo Kita Lakukan Aktivitas 1.2

Coba kamu perhatikan gambar 1.6 dibawah ini! Lalu kamu pelajari tabel 1.3 tentang keterangan struktur masing-masing organ penyusun sistem reproduksi perempuan! Kemudian lengkapilah bagian kosong pada gambar 1.6 dengan mengisi nama organ-organ penyusun sistem reproduksi perempuan yang cocok dan sesuai dengan keterangan yang terdapat pada Tabel 1.3!

Kunci Jawaban : 

Berikut kunci jawaban Ayo Kita Lakukan Aktivitas 1.2 Gambar 1.6 Struktur dan Fungsi Organ-organ Penyusun Sistem Reproduksi :

Kunci-Jawaban-IPA-Kelas-9-Halaman-15-16-Organ-Reproduksi

Adapun penjelasan lebih lanjut tentang Struktur Organ-organ Penyusun Sistem Reproduksi pada Perempuan antara lain :

a. Ovarium 
Pada organ reproduksi wanita ovarium ini memiliki bentuk menyerupai telur berjumlah dua buah. Ovarium ini terletak di samping kanan satu dan satunya lagi di sebelah kiri rahim (uterus). Ovarium ini juga memiliki fungsi menghasilkan sel telur (ovum).

b. Saluran telur  (Tuba fallopii/Oviduk) 
Struktur saluran telur  memiliki  panjang lebih kurang 10 cm yang menghubungkan ovarium dengan rahim (uterus).

c. Fimbriae 
Fimbriae memiliki bentuk menyerupai jari-jemari. Fimbriae juga memiliki fungsi untuk menangkap sel telur.

d. Infundibulum 
Infundibulum memiliki struktur bentuk menyerupai seperti corong, Struktur infundibulum juga merupakan ujung dari tuba fallopii.

e. Rahim (uterus) 
Struktur rahim memiliki bentuk menyerupai buah pir. Rahim ini ketika masa kehamilan juga memiliki fungsi sebagai tempat berkembangnya janin.

f. Endometrium 
Endometrium merupakan struktur organ yang berbentuk lapisan memiliki fungsi sebagai struktur yang membatasi rongga rahim dan meluruh saat menstruasi.

g. Serviks 
Struktur serviks terletak pada bagian rahim paling bawah, struktur serviks ini juga yang bisa menyempit dan membuka ke arah vagina.

h. Vagina 
Vagina ini adalah saluran yang menghubungkan antara lingkungan luar dengan wilayah rahim memiliki fungsi sebagai tempat mengalirnya darah  menstruasi serta ketika ibu melahirkan saluran keluarnya bayi. 


Baca Juga

Demikianlah Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 15 16 Ayo Kita Lakukan Aktivitas 1.2 Buku Ilmu Pengetahuan Alam kali ini. Semoga kunci jawaban Ayo Kita Lakukan Aktivitas 1.2 ini dapat membantu para siswa mencari informasi jawaban mengenai Struktur dan Fungsi Organ-organ Penyusun Sistem Reproduksi pada Perempuan. 

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 15 16 Organ Reproduksi"