Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 49 Menulis Pidato Persuasif

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 49 Menulis Pidato Persuasif Kegiatan 3 Buku Bahasa Indonesia Halaman 49 Semester 1 Bab 2 Menyampaikan Pidato Persuasif. Setelah membaca  kunci jawaban ini setidaknya kalian mendapatkan gambaran bagaimana menulis pidato persuasif yang baik berdasarkan kerangka pidato dengan tema yang kami pilih ini.

Kunci-Jawaban-Bahasa-Indonesia-Kelas-9-Halaman-49-Menulis-Pidato-Persuasif
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 49 Menulis Pidato Persuasif

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 49 Kegiatan 3 Menulis Pidato Persuasif ini kami buat dengan berdasarkan struktur teks pidato yang baik serta mematuhi petunjuk-petunjuk perintah soal kegiatan 3 pada Halaman 49, sehingga kami dapat menyelesaikan artikel Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 49 Kegiatan 3 ini. Untuk kunci jawabannya silakan kalian baca di bawah ini. Selamat membaca.

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 49 Kegiatan 3

Kegiatan 3 Menulis Pidato Persuasif

Tugas terakhir pada pelajaran Bab 1 ini adalah berpidato secara spontan. Berpidato secara spontan maksudnya berpidato tanpa menggunakan teks. Bagaimana caranya? 

Caranya adalah dengan mengundi tema-tema yang sudah disediakan di bawah ini. Pidato yang di buat dan akan disampaikan di depan kelas berdasarkan hasil tema yang di undi tersebut. 

Dibantu Bapak Ibu gurumu untuk proses pengundian, kemudian hasil pidato yang kamu buat akan di sampaikan di depan kelas paling lambat 2-3 menit perorangan. Berikut silakan diundi daftar tema di bawah ini:
  1. Jangan buang sampah sembarangan
  2. Kuasai bahasa kuasai dunia
  3. Bayar pajak, Bangsa maju, Negara Makmur,
  4. Korupsi, rugi dunia akhirat
  5. Remaja unggul? pasti bisa
  6. Mengapa saya tidak merokok dan tidak merokok?
  7. Perang terhadap Narkoba
  8. Kunci Jawaban : 
  9. Konsep atau garis besar pidato
Kunci Jawaban : 

Tema Pidato : 
Kuasai bahasa kuasai dunia

Isi Pidato :
  • Pembukaan
  • Ucapan salam 
  • Memanjatkan puji syukur
  • Permohonan izin
  • Isi 
  • Pernyataan umum penggunaan bahasa
  • Mengusai bahasa cerminan manusia unggul
  • Menguasai Bahasa jembatan menguasai dunia
  • Penutup
  • Ajakan untuk selalu belajar bahasa
  • Salam penutup

Berikut kami berikan naskah pidato yang kami pilih.

Kuasai bahasa kuasai dunia

Selamat pagi, Sukses selalu buat kita semua. Puji syukur atas nikmatnya Tuhan berikan pada kita, sehingga dikesempatan ini, izinkan menyampaikan pidato tentang pentingnya menguasai bahasa.

Memasuki era global seperti sekarang ini penggunaan bahasa bukan hanya identitas dari sebuah bangsa, melainkan juga sebagai identitas kita sebagai manusia. Bahasa membantu kita mengungkapkan  keinginan kita serta mengungkapkan kebutuhan kita sebagai manusia. Kita dapat menyatakan diri kita kepada dunia hanya melalui bahasa, artinya dengan bahasa dapat mengantarkan kita menguasai dunia.

Menguasai bahasa merupakan jembatan menguasai dunia, karena dengan bahasa, kita dapat memahami maksud orang lain dan kebutuhannya. Kita menyatakan pemikiran kita lewat bahasa dan dapat menjadikan diri kita sebagai manusia unggul, kecerdasan dan karakter seorang pemimpin dapat dilihat dari bahasanya, dengan menguasai bahasa kita juga dapat meyakinkan orang lain tak terkecuali masyarakat dunia.

Oleh karena itu, mengajak kita semua di sini untuk tidak pernah berhenti belajar, salah satunya belajar bahasa. Ada banyak potensi di masa depan yang bisa kita petik dari penguasaan bahasa. Salah satunya adalah menguasai dunia.


Baca Juga

Demikianlah Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 49 Kegiatan 3 Menulis Pidato Persuasif  Buku Bahasa Indonesia Halaman 49 Semester 1 Bab 2 Menyampaikan Pidato Persuasif ini. Semoga adik-adik kelas IX dapat menyampaikan pidato persuasif yang buat ini dengan percaya diri, lancar serta dengan penampilan yang penuh keyakinan. Selain itu jangan lupa untuk memodifikasi  pidato yang kami buat ini dengan menggunakan bahasa dan kalimat adik-adik sendiri, sehingga adik-adik bisa memiliki naskah pidato yang sesuai dengan karakteristik diri sendiri. Terima kasih semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 49 Menulis Pidato Persuasif"