Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PKN Halaman 94 95 Kelas 7 Aktivitas 4.4 Tabel 4.4

Kunci Jawaban PKN Halaman 94 95 Kelas 7 Aktivitas 4.4 Tabel 4.4 Keberagaman Ras di Sekitar Peserta Didik Dilihat dari warna kulit, bentuk muda dan mata, serta tinggi badan Semester 2 mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Kunci-Jawaban-PKN-Halaman-94-95-Kelas-7-Tabel-4.4
Kunci Jawaban PKN Halaman 94 95 Kelas 7 Aktivitas 4.4 Tabel 4.4 Keberagaman Ras di Sekitar Peserta Didik

Pada aktivitas 4.4 ini, kamu akan diminta untuk melakukan pengamatan terhadap keberagaman ras yang ada dilingkungan peserta didik. Pengamatan tersebut dapat dilakukan di lingkungan sekitar tempat tinggal ataupun di lingkungan sekolah. Dalam melakukan pengamatan ini kamu harus menggunakan tabel 4.4 yang telah disediakan pada buku. Sebagai contoh berikut kami tampilkan hasil pengamatan dari kuncijawabankelas.com. 

Aktivitas 4.4

1. Lakukan pengamatan dengan menggunakan format berikut, topik yang menjadi bahan pengamatan adalah keberagaman ras di sekitar kalian, dapat dilakukan di lingkungan sekolah, kelurahan ataupun desa sampai ke tingkat kabupaten kota.

2. Carilah informasi, kemudian kamu uraikan ras tersebut seperti warna kulit, bentuk muka dan mata, tinggi badan, dan sebagainya.

3. Setelah itu kamu buatlah kesimpulan tentang keberagaman ras tersebut.

4. Sajikan laporan di depan kelas.

5. Hasil pengamatan di tulis di dalam tabel berikut.

Kunci Jawaban : 

1. Ras Kaukasoid Indic

Ras ini adalah ras keturunan timur tengah, ras ini terdapat di wilayah Indonesia daerah Sumatera Utara. Orang-orang Medan, Binjai, Tebing Tinggi termasuk ke dalam kelompok ras kaukasoid indic.

Warna kulit    : 
Sedikit kekuningan

Bentuk muka : 
Seperti hati dan memiliki mata kecil

Tinggi badan : 
165 - 180 Cm

2. Ras Malayan Mongoloid

Ras ini adalah ras terbesar yang mendiami wilayah Indonesia. Penyebaran ras ini dapat kita jumpai pulau Jawa, Sumatera, Sulawesi dan NTT. Adapun ciri fisiknya sebagai berikut :

Warna kulit    : 
Memiliki warna kulit sawo matang

Bentuk muka : 
Bentuk muka bulat, dan memiliki mata besar

Tinggi badan : 
150 - 165 Cm

3. Ras Melanosoid

Wilayah penyebaran Ras Melanosoid ini di Indonesia mendiami wilayah di kawasan Papua, Maluku dan Nusa Tenggara Timur atau NTT.

Warna kulit    : 
Memiliki warna kulit hitam

Bentuk muka : 
Bentuk muka bulat Lonjong atau oval dan bermata besar dan berambut keriting

Tinggi badan : 
160 - 175 cm

4. Ras Asiatik Mongoloid

Ras Asiatik ini tersebar di seluruh provinsi dan kabupaten yang ada di Indonesia. Kebanyakan orang-orang yang termasuk ke dalam ras ini adalah orang-orang Tionghoa atau cina, Jepang dan Korea yang sudah menetap di Indonesia.

Warna kulit    : 
Memiliki warna kulit kuning

Bentuk muka : 
Bentuk muka bulat oval serta memiliki mata sipit

Tinggi badan : 
155 - 165 Cm

5. Ras Negroid

Ras negroid ini dapat kita lihat pada orang-orang berkulit hitam yang mendiami negara AS. Ras negroid ini memiliki ciri khusus yaitu berbadan besar dan kulit berwarna hitam pekat.

Warna kulit    : 
Memiliki warna kulit hitam pekat

Bentuk muka : 
Bentuk muka seperti kotak dan matanya besar

Tinggi badan : 
170 Cm ke atas


Baca Juga

Demikianlah hasil pengamatan yang kami lakukan terkait Keberagaman Ras di lingkungan Sekitar, jika terdapat perbedaan jawaban itu dikarenakan lokasi dan kawasan dalam melakukan pengamatan berbeda-beda. Lain daerah dan kawasan lain juga ras yang mendiami daerah tersebut, sehingga memungkinkan menyebabkan perbedaan jawaban. 

Adapun yang selalu kita ingat dan hormati adalah keberagaman ras itu sendiri, jangan sampai perbedaan warna kulit ataupun bentuk mata membuat kita terpecah belah dan saling menyalakan satu dengan yang lainnya. Terima kasih

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PKN Halaman 94 95 Kelas 7 Aktivitas 4.4 Tabel 4.4"