Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PKN Halaman 97 Kelas 7 Aktivitas 4.5

Kunci Jawaban PKN Halaman 97 Kelas 7 Aktivitas 4.5 Tabel 4.5 Keberagaman Antar golongan di Sekitar Peserta Didik SMP Semester 2. Jika pada kunci jawaban sebelumnya kita sudah membahas keberagaman ras, kali ini kita akan melanjutkan topik pembahasannya pada keberagaman antar golong.

Kunci-Jawaban-PKN-Halaman-97-Kelas-7-Aktivitas-4.5
Kunci Jawaban PKN Halaman 97 Kelas 7 Aktivitas 4.5 Tabel 4.5 Keberagaman Antar golongan di Sekitar Peserta Didik

Inti dari tugas ini adalah kamu diminta untuk melakukan pengamatan pada lingkungan sekitar. Hal yang menjadi fokus pengamatan adalah perbedaan golongan-golongan yang ada di lingkungan sekitar peserta didik seperti perbedaan kelas sosial, dan perbedaan kesatuan sosial. Setelah itu kamu di minta untuk menguraikan dengan menulisnya pada tabel 4.5 yang telah disediakan.

Aktivitas 4.5

Lakukan identifikasi terhadap Keberagaman Antar golongan di Sekitar Peserta Didik, kemudian buatlah kesimpulannya.

Kunci Jawaban : 

1. Status sosial

Keberagaman di lingkungan sekitar dilihat dari antar golongan status sosial banyak sekali, ada yang termasuk golongan bangsawan, ketua adat, ketua RT dan Kepala Desa.

2. Pekerjaan

Keberagaman antar golongan dilihat dari pekerjaan antara lain ada yang bekerja sebagai pedagang, petani, tukang urut, guru, polisi, dan lain-lain

3. Pendidikan

Jika kita melihat dari sisi pendidikan maka keberagaman antar golongan pendidikan antara lain, ada yang tamat SD, ada yang tamat SMP, SMA ada yang S1 bahkan ada yang profesor.

4. Ekonomi

Apabila kita melihat keberagaman di lingkungan sekitar dari sudut pandang antar golongan ekonomi, maka terdapat dilingkungan sekitar kita yang berasal dari golongan ekonomi miskin, menengah dan dari golongan ekonomi atas atau kaya.

5. Organisasi Kemasyarakatan

Keberagaman antar golongan juga dapat di lihat dari organisasi kemasyarakatan yang ada di lingkungan sekitar, seperti organisasi kemasyarakatan PKK untuk ibu-ibu, karang taruna, majelis taklim atau pengajian, panti asuhan, kelompok tani dan Lembaga Swadaya Masyarakat atau LSM.


Kesimpulan : 

Perbedaan yang kita bahas di lihat dari antar golongan status sosial, pekerjaan, pendidikan, ekonomi dan organisasi kemasyarakatan yang ada di lingkungan sekitar merupakan bukan suatu yang harus kita permasalahkan, justru keberagaman yang ada harus saling mendukung, saling membantu dan saling melindungi antar setiap golongan.

Sesuai dengan semboyan negara kita yaitu Bhineka Tunggal Ika yang menyatakan dengan tegas bahwa walaupun berbeda-beda namun tetap satu jua. walaupun antar golongan kita berbeda namun tetap satu kesatuan yaitu Indonesia.


Baca Juga 

Status sosial di dalam masyarakat boleh berbeda, namun jika sudah berbicara Indonesia, nasionalisme, Pancasila dan Bendera merah putih, kita yang berasal dari golongan yang berbeda hendaknya untuk bersatu jika sudah berbicara tentang bangsa dan negara. Jangan sampai perbedaan antar golongan menjadi penghambat bangsa dan negara untuk lebih maju lagi. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PKN Halaman 97 Kelas 7 Aktivitas 4.5"