Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 157 Tugas Kelas 10

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 157 Tugas Kelas 10 Menjelaskan Syarat Tercapainya Persetujuan (Kesepakatan) Semester 2 SMA. Kali ini kamu diminta untuk menganalisis apakah kesepakatan yang terjadi sudah memenuhi persyaratan pada teks negosiasi antara pedagang dan pembeli & teks Terima Kasih Bu Mia. 

Kunci-Jawaban-Bahasa-Indonesia-Halaman-157-Tugas-Kelas-10
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 157 Tugas Kelas 10 Menjelaskan Syarat Tercapainya Persetujuan (Kesepakatan)

Dalam kesepakatan terdapat proses negosiasi, proses negosiasi akan menemui kesepakatan apabila ke dua bela pihak melakukan proses negosiasi dengan baik, seperti bahasa yang digunakan menggunakan bahasa yang santun, saling menguntungkan, praktis, dan tidak ada paksaan dari siapa pun. Adapun penjelasan jawaban tugas bahasa Indonesia Halaman 157 dapat kamu baca di bawah ini.

Tugas

Selanjutnya bacalah kembali teks negosiasi, setelah itu lakukan analisis terhadap kesepakatan yang terjadi apakah memenuhi persyaratan di bawah ini. Teks negosiasi yang di analisis adalah teks kesepakatan antara pedagang dan pembeli sebagai teks 1 dan teks 2 yang berjudul "Terima Kasih Bu Mia".  Berikut persyaratannya :

1. dilakukan dengan santun

Kunci Jawaban : 

Untuk persyaratan yang pertama ini kesepakatan yang terjadi pada kedua teks negosiasi terpenuhi dengan baik, hal ini dapat kita lihat dari bahasa yang digunakan oleh pembeli dan Lia sebagai pihak pengajuh serta bahasa yang digunakan oleh Bu Mia dan penjual sebagai pihak pengabul semuanya menggunakan bahasa yang sesuai dengan adat sopan santun. Hal ini di buktikan dengan tidak adanya kata-kata hujatan ataupun cacian.

2. tidak ada tekanan/paksaan

Kunci Jawaban : 

Persyaratan yang ke dua tidak ada tekanan dan paksaan yang di lakukan masing-masing pihak juga terpenuhi. Kedua teks negosiasi tersebut mencapai kesepakatan dengan kondisi yang sama-sama sadar. Tidak ada kalimat yang menunjukkan pemaksaan dan penekanan. 

3. Saling menguntungkan

Kunci Jawaban : 

Persyaratan yang selanjutnya adalah saling menguntungkan yang juga terpenuhi oleh masing-masing pihak. Pihak pengajuh Lia dan Pembeli mendapatkan keinginannya, sedangkan Bu Mia dan penjual juga mendapatkan keinginannya melalui persyaratan yang di sanggupi oleh pihak pengajuh. Artinya semua pihak saling menguntungkan atas kesepakatan yang terjadi.

4. Kesepakatannya praktis dan dapat diterapkan.

Kunci Jawaban : 

Syarat yang terakhir adalah kesepakatan yang terjadi sangat praktis dan mudah untuk di terapkan. persyaratan ini juga  sudah terpenuhi oleh kedua teks negosiasi tersebut. Hal ini di buktikan dengan pernyataan di dalam teks yang tidak ada menyatakan keberatan atas kesepakatan yang terjadi. artinya semua pihak sanggup untuk melaksanakan kesepakatan tersebut dengan mudah.


Baca Juga

Demikianlah penjelasan jawaban Menjelaskan Syarat Tercapainya Persetujuan (Kesepakatan) pada teks negosiasi ini. Semoga di setiap transaksi yang terjadi di dalam kehidupan sehari-hari kita baik di lingkungan sekitar, masyarakat dan sekolah mencapai kesepakatan yang tidak ada paksaan, tidak ada tekanan serta saling menguntungkan. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 157 Tugas Kelas 10"