Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 156 Kelas 10 Tugas

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 156 Kelas 10 Tugas Bagaimana cara Rani meyakinkan Ayahnya pada  teks "Minta HP" dan "Terima Kasih Bu Mia" Semester 2 SMP. Kunci jawaban ini dibuat dengan menyesuaikan soal dengan hasil menganalisis cerita pada Teks 2 dan Teks 3. 

Kunci-Jawaban-Bahasa-Indonesia-Halaman-156-Kelas-10-Tugas
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 156 Kelas 10 Tugas Menjelaskan Cara Menyampaikan Pengajuan

Untuk menambah kompetensi dalam hal menganalisis cerita melalui cara menjawab soal, ada baiknya kalian baca terlebih dahulu cerita "Minta HP" dan "Terima Kasih Bu Mia" yang menjadi objek pembahasan. Setelah itu berulah mencoba menjawabnya. Berikut di bawah ini adalah hasil jawaban yang kami rumuskan setelah membaca dan menganalisis isi cerita tersebut.

Tugas

1. Agar dibelikan HP, jelaskan bagaimana cara Rani meyakinkan Ayah?

Kunci Jawaban : 

Cara Rani meyakinkan ayahnya adalah dengan menjelaskan kegunaan HP tersebut untuk keperluan sekolah seperti mendapatkan informasi tugas dari guru melalui grup Facebook, mengakses internet mencari informasi jawaban yang diperlukan, serta dapat digunakan sebagai sarana diskusi barang dalam mengerjakan tugas sekolah.


2. Jelaskan dan berikan alasan, apakah Rani bersikap sopan? 

Kunci Jawaban : 

Menurut saya Rani sudah bersikap sopan.

Alasannya :

Rani mengungkapkan keinginannya dengan menggunakan kalimat yang runtut dan jelas. Saking berhati-hatinya ranai dalam berbicara ia sudah merancangnya dari jauh-jauh hari.


3. Alasan Rani yang dapat meyakinkan Ayahnya?

Kunci Jawaban : 

Secara umum alasan rani untuk meyakinkan ayahnya adalah dengan menggunakan HP untuk keperluan sekolah dan hal-hal yang positif. seperti :
  • Memberi tahu orang tua saat pulang telat  
  • Mendapatkan materi dan mengerjakan tugas-tugas tanpa keluar rumah
  • Menggunakan sarana grup Facebook untuk mendapatkan informasi seputar tugas sekolah
  • Berdiskusi bersama secara online 

4. Cara Lia meyakinkan Bu Mia?

Kunci Jawaban : 

Cara yang digunakan Lia adalah dengan menceritakan kondisi fisik yang kelelahan setelah berolahraga berlari mengelilingi stadion yang tidak sempat untuk minum dan beristirahat karena takut terlambat ulangan.


5. Adakah syarat dari Bu Mia untuk menuruti permintaan Lia? 

Kunci Jawaban : 

Ada

Syaratnya adalah Bu Mia meminta agar tetap tertib, tidak gaduh dan meminta Lia dan teman-temannya untuk masuk kembali tepat jam 09.00 Wib.


6. Apakah kesepakatan Rani dan Ayahnya, Lia dan Bu Mia sama-sama untung? Jelaskan alasanmu!

Kunci Jawaban : 

Tentu saja sama-sama untung.

Alasannya

Karena permintaan dari Rani dan Lia di kabulkan, sedangkan persyaratan dari Ayah dan Bu Mia di laksanakan, sehingga masing-masing pihak mendapatkan keuntungan dari kesepakatan yang di capai.


Baca Juga

Bagaimana cara kita berkomunikasi, apakah sudah baik atau belum. karena komunikasi adalah kunci orang orang mengetahui keinginan kita dalam mencapai kesepakatan. tentu bahasa yang kita gunakan untuk membujuk seseorang dalam hal menuruti keinginan kita sangat dipertimbangkan. Demikianlah penjelasan mengenai tugas bahasa kali ini, semoga bermanfaat penjelasan yang kami berikan dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 156 Kelas 10 Tugas"