Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Aktivitas 4.2 Halaman 81

Di malam hujan gerimis ini, kakak menyempatkan diri menulis kunci jawaban sambi menunggu buah duku di kebun. Sinyal yang seadanya, dan baterai laptop secukupnya menjadi modal untuk memperbaharui artikel Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Aktivitas 4.2 Halaman 81 Peran Boedi Oetomo dalam mendorong kebangkitan nasional dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia serta juga dapat sebagai organisasi pertama yang bersifat nasional di Indonesia Semester 2 Kurikulum 2013.

Kunci-Jawaban-PKn-Kelas-8-Aktivitas-4.2-Halaman-81
Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Aktivitas 4.2 Halaman 81 Peran Boedi Oetomo

Kunci jawaban ini merupakan kunci jawaban yang ada pada buku PPKN Bab 4 Semangat Kebangkitan Nasional Tahun 1908 dengan mengupas informasi peran organisasi Boedi Oetomo pada kebangkitan nasional  Adapun penjelasan jawabannya dapat di baca di bawah ini.

Aktivitas 4.2

Pelajari lebih jauh dengan kelompokmu untuk membahas peran Boedi Oetomo sebagai organisasi nasional pertama di Indonesia dalam rangka mendorong rasa kebangkitan nasional dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. 

Kunci Jawaban : 

Pendiri organisasi Budi Utomo adalah Dr. Sutomo, Dr. Sutomo tidak sendirian dalam mendirikan organisasi ini, Beliau dibantu oleh para mahasiswa STOVIA di Batavia. 

Organisasi Budi Utomo ini bergerak di berbagai bidang, di antaranya bidang sosial, bidang ekonomi, dan dan di bidang kebudayaan. Organisasi ini memiliki tujuan utama yaitu memajukan pengajaran dan kebudayaan.  Bidang pendidikan merupakan bidang yng paling menjadi perhatian di dalam organisasi Budi Utomo.


Adapun berbagai peran organisasi Budi Utomo yang mendorong kebangkitan nasional dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia antara lain:

  • Melalui pendidikan dan kebudayaan sebagai organisasi dapat meningkatkan derajat bangsa Indonesia 
  • Memberikan bantuan beasiswa bagi anak yang tidak mampu biaya namun berprestasi
  • Memajukan sektor pertanian
  • Memajukan dunia peternakan
  • Mengembangkan sektor perdagangan.
  • Memajukan dan memaksimalkan teknik industri dalam negeri.
  • Menghidupkan dan melestarikan aneka ragam budaya tanah air.

Baca Juga

Demikianlah pembahasan kunci jawaban Aktivitas 4.2 PPKN Halaman 81 tentang Peran Boedi Oetomo dalam mendorong kebangkitan nasional dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Semoga hadirnya jawaban Aktivitas 4.2 ini dapat membantu adik-adik menemukan konsep pengetahuan yang tepat dan benar dalam menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan Aktivitas 4.2 tersebut. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Aktivitas 4.2 Halaman 81"