Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 93 94 Uji Kompetensi 4

Informasi kunci jawaban kali ini adalah Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 93 94 Uji Kompetensi 4 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Semester 2 Latihan Bab 4 Semangat Kebangkitan Nasional Tahun 1908 Sekolah Menegah Pertama Kurikulum 2013.  

Kunci-Jawaban-PKN-Kelas-8-Halaman-93-94-Uji-Kompetensi-4
Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 93 94 Uji Kompetensi 4 Semangat Kebangkitan Nasional Tahun 1908

Kompetensi yang di uji pada soal uji kompetensi 4 ini adalah mengapa bangsa Eropa (Belanda) melakukan penjajahan ke negara-negara di Asia. Kamu di tuntut untuk merumukan pendapatmu sendiri dalam menyikapi pertanyaan tersebut. Agar mudah menjawabnya silakan dipahami dengan seksama penjelasan berikut

Uji Kompetensi 4

1. Mengapa bangsa Eropa menjajah bangsa-bangsa yang ada di Asia, Jelaskan pendapatmu?

Kunci Jawaban : 

Menurut saya bangsa Eropa melakukan penjajahan ke negara-negara yang ada di Asia di sebabkan oleh terjadinya krisis ekonomi yang sangat memprihatinkan. Dengan didukungnya teknologi pelayaran yang semakin canggih membuat bangsa Eropa melakukan ekspedisi dan menguasai lahan-lahan sumber ekonomi bangsa lainnya, terutama negara-negara yang ada di Asia.


2. Jelaskan bagaimana cara masyarakat terdidik memerdekakan Indonesia?

Kunci Jawaban : 

Masyarakat terdidik berjuang memerdekakan bangsa Indonesia dengan cara berpolitik menerapkan strategi anti kekerasan. Masyarakat terdidik juga berusaha menyadarkan dan menyatukan seluruh elemen masyarakat untuk menjadi negara yang bebas dan merdeka.

3. Organisasi Boedi Oetomo merupakan peletak semangat kebangkitan nasional, Coba kamu jelaskan?

Kunci Jawaban : 

Dikatakan peletak semangat kebangkitan nasional karena organisasi Boedi Oetomo merupakan organisasi pertama yang melahirkan generasi muda yang peduli untuk memerdekakan bangsa dan memicu lahirnya berbagai organisasi pemuda lainnya, sehingga bertambah kuatnya semangat kebangkitan nasional.

4. Apakah orang-orang semangat seperti pada tahun 1908 masih diperlukan di masa kini?

Kunci Jawaban : 

Tentu saja sangat dibutuhkan

Alasannya

Karena bentuk penjajahan di zaman sekarang bukan lagi penindasan menggunakan kekerasan melainkan menggunakan sarana ekonomi, dan politik. Untuk itu semangat sepeti tahun 1908 tetap kita perlukan, akan tetapi bentuk semangatnya perlu disesuaikan dengan kondisi sekarang.

5. Jelaskan bagaimana pelajar dapat mengubah nasib bangsa!

Kunci Jawaban : 

Pelajar merupakan tunas bangsa, jika tunas-tunas bangsa dalam keadaan tidak baik-baik saja tentu nasib bangsa ke depannya akan berbahaya. oleh sebab itu kaum pelajar harus terus di awasi dan di fasilitasi demi kepentingan nasib bangsa kedepannya.


Baca Juga

Demikianlah penjelasan Latihan Bab 4 Semangat Kebangkitan Nasional Tahun 1908 yang merupakan jawaban dari soal-soal Uji Kompetensi Bab 4 Sekolah Menegah Pertama. Semoga kita sebagai pelajar bangsa dapat melaksanakan kewajiban sebagai seorang siswa untuk menuntut ilmu pengetahuan dengan tekun. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 93 94 Uji Kompetensi 4"