Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Kelas 9 Halaman 114 Bahasa Indonesia Kegiatan Literasi

Membaca merupakan salah satu kegiatan literasi yang harus dilakukan, setelah membaca biasanya siswa diminta menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan teks yang di baca tersebut, Seperti pada Jawaban Kunci Jawaban Kelas 9 Halaman 114 Bahasa Indonesia Kegiatan Literasi tentang Laporan Membaca Buku Nonfiksi Siswa kelas 9 Semester 2 SMP Bab 4 Memberi Tanggapan dengan santun Kurikulum 2013.

Kunci-Jawaban-Kelas-9-Halaman-114-Bahasa-Indonesia-Kegiatan-Literasi
Kunci Jawaban Kelas 9 Halaman 114 Bahasa Indonesia SMP/MTS  Kegiatan Literasi

Kunci Jawaban Kegiatan Literasi ini di buat berdasarkan perintah soal pada halaman 114 Buku Paket Bahasa Indonesia. Dengan merujuk pada teks yang menjadi pilihan untuk dibaca pada kegiatan literasi, tentu jawabannya berdasarkan dengan teks yang di pilih oleh kuncijawabankelas.com. Berikut jawaban kegiatan literasinya.

Soal Kegiatan Literasi

Carilah buku menurutmu baik dan layak dibaca, utamakan buku yang membahas bidang sosial budaya. Buku tersebut dapat diperoleh dari perpustakaan-perpustakaan baik perpustakaan sekolah maupun perpustakaan daerah. Kemudian mintalah persetujuan dari gurumu untuk mengisi buku kontrak membaca! 

Informasi Buku Yang di Baca

Buku bidang sosial budaya yang kami pilih untuk dibaca adalah buku Omah, karya Revianto Budi Santosa. Buku Omah ini membahas tentang pembagian ruang rumah Jawa serta makna dan manfaatnya. 

Berikut jawaban dari pertanyaan laporan kegiatan literasi tersebut.

1. Dari buku tersebut, Apa saja yang kamu sukai, mengapa?

Kunci Jawaban : 

Setelah membaca buku tersebut, saya menyukai mengenai penjelasan macam-macam desain rumah adat di Yogyakarta. 

Alasannya : 

Karena pada rumah adat di Yogyakarta memiliki desain khusus yang membedakan dengan desain rumah adat daerah lainnya. Miniatur rumah yang klasik membuat rumah tersebut tampak elegan dan enak di lihat.

2. Manfaat apa yang penting dari teks yang kamu baca tersebut?

Kunci Jawaban : 

Manfaat yang pentingnya adalah terletak pada makna sejarah budaya dari rumah adat di Yogyakarta terkait hubungan sosial antar masyarakat dalam memanfaatkan rumah adat tersebut. Karena di semua bagian sudut ruangan pada rumah adat tersebut memiliki arti dan manfaat yang berbeda dalam pemanfaatannya di dalam kehidupan bermasyarakat.

3. Kalimat ungkapan yang mengesankan?

Kunci Jawaban : 

Bagi saya pribadi kalimat ungkapan yang mengesankan dari buku yang saya baca adalah rumah di bangun bukan asal jadi, melainkan dipikirkan asas pemanfaatannya.

Terkadang jika kita renungkan semua orang bermimpi memiliki rumah yang besar dan bertingkat, namun tidak semua orang dalam membangunnya memikirkan asas pemanfaatan di setiap sudut ruangannya, apa lagi makna dari desain rumahnya mala cenderung mengutamakan enak dipandang saja namun sesunggunya tidak memiliki makna di dalamnya seperti desain rumah adat.

4. Rekomendasi kepada temanmu?

Kunci Jawaban : 

Rekomendasi saya : 

Jika kalian ingin membangun rumah hendaknya dipikirkan asas kemanfaatannya selain kemegahannya. Andai kamu ingin mendapatkan informasi penting terkait makna rumah, terutama rumah-rumah di Yogyakarta dan sekitarnya, dapat kamu per oleh dengan membaca buku yang kami baca ini.


Baca Juga

Demikianlah penjelasan mengenai jawaban kegiatan literasi membaca buku bidang sosial budaya yang dapat kami informasikan ini. Semoga dengan membaca buku tersebut kelak nantinya jika adik-adik di beri rezeki oleh Allah untuk membangun rumah maka hendaknya dipikirkan makna dan manfaatnya dari setiap sudut ruangannya. Bahkan jika diperlukan desainnya juga memiliki makna khusus sesuai dengan keinginan adik-adik sendiri. Terima kasih semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Kelas 9 Halaman 114 Bahasa Indonesia Kegiatan Literasi"