Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 118 Kelas 9

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 118 Kelas 9 Kegiatan 1 Tentukan pokok pikiran paragraf dalam tulisan Semester 2 Bab 5 Menyajikan teks diskusi. Yang perlu di perhatikan dalam menentukan pokok pikiran adalah informasi penting apa yang di sampaikan dalam paragrafnya.

Kunci-Jawaban-Bahasa-Indonesia-Halaman-118-Kelas-9
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 118 Kelas 9 Pokok Pikiran Paragraf

Terdapat teks bacaan yang terdiri dari beberapa paragraf yang akan kita identifikasi sebagai pokok pikiran dalam paragraf tersebut. dalam tugas kegiatan ini terdapat 5 paragraf yang akan kita tentukan pokok pikirannya. Kamu dapat memahami penjelasan pokok pikirannya di bawah ini.

Kegiatan 1 

Tentukan pokok pikiran paragraf pada kotak yang telah disediakan, kemudian kamu lanjutkan untuk paragraf kedua hingga paragraf ke lima.

Kunci Jawaban : 

Paragraf 1

Cara mengatasi kondisi fisik anak yang bertambah gemuk

Paragraf 2

Terdapat berbagai permainan olahraga yang dapat dilakukan dan dimainkan anak.

Alasan : 

Karena pada paragraf kedua ini menjelaskan jenis permainan olahraga yang dapat dimainkan anak, mulai dari permainan menggunakan bola (sepak bola, futsal, voli, basket dan bulu tangkis) hingga olahraga yang tidak menggunakan bola seperti senam.


Paragraf 3

Manfaat bermain olahraga dalam tim dapat memperbanyak teman dan melatih kerja sama.

Alasan : 

Yang menjadi alasannya adalah paragraf 3 menceritakan manfaat-manfaat bermain olahraga dalam tim seperti dapat memperbanyak teman dan tentu saja meningkatkan kerja sama dalam permainan olahraga tersebut.


Paragraf 4

Bermain olahraga sangat menyenangkan 

Alasan : 

Karena di dalam teks paragraf 4 ini secara keseluruhan menjelaskan tentang pengalaman yang menyenangkan dalam bermain olahraga seperti dapat menambah teman baru dan menghilangkan rasa suntuk ketika di rumah sendirian.


Baca Juga

Demikianlah penjelasan Menyajikan teks diskusi dengan menentukan pokok pikiran dalam setiap paragrafnya. Semoga dengan adanya penjelasan pokok pikiran dari paragraf-paragraf tersebut dapat memberikan adik-adik kelas 9 pemahaman yang kompleks terhadap materi pokok pikiran dalam sebuah paragraf. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 118 Kelas 9"