Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PKN Kelas 12 Tugas Mandiri 3.2 Halaman 77 - 79

Untuk membantu adik-adik Kelas 12 Sekolah Menengah Atas SMA kuncijawabankelas.com akan memberikan informasi Kunci Jawaban PKN Kelas 12 Tugas Mandiri 3.2 Halaman 77 - 79 Menjadi Ancaman Besar, Ini Penyebab ISIS pada Buku PPKN Halaman 77 78 79 Bab 3 Pengaruh Kemajuan Iptek terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kunci-Jawaban-PKn-Kelas-12-Tugas-Mandiri-3.2-Halaman-77-79
Kunci Jawaban PKN Kelas 12 Tugas Mandiri 3.2 Halaman 77 - 79 ISIS Menjadi Ancaman Besar

Dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, keberadaan ISIS (Islamic State of Iraq and Syria) Masuk Indonesia menjadi ancaman terbesar. Pengaruh tersebut sampai terasa pada semua aspek kehidupan sala satu aspek yang paling berpengaruh adalah aspek politik dan agama. Terkait berita keberadaan ISIS yang sangat mengancam ini, adik-adik dituntut agra bisa menjawab soal-soal dibawah ini.

Tugas Mandiri 3.2

Jika kalian sudah membaca berita yang dimaksud, maka silakan menjawab pertanyaan di bawah ini.

1. Apa saja dampak negatif terhadap bangsa dari berkembangnya gerakan ISIS ?

Kunci Jawaban : 

Jika berkembang pesat gerakan ISIS ini di Indonesia maka akan memberikan dampak negatif antara lain:
  • Pertahanan dan keamanan bangsa akan ada ancaman
  • Munculnya politik-politik yang memanfaatkan situasi dari gerakan ISIS
  • Stabilitas negara akan terganggu
  • Gerakan semacam terorisme akan bermunculan
  • Ideologi bangsa akan terancam
  • Teror pada masyarakat akan menimbulkan ketakutan dan kekawatiran
  • Laju perekonomian dan pembangunan akan terganggu

2. Penilaian Anda atas upaya pemerintah mencegah ISIS berkembangnya di Indonesia?

Kunci Jawaban : 

Menurut kuncijawabankelas.com upaya-upaya yang sudah dilakukan oleh pemerintah sudah cukup baik. Baik dalam artian pemerintah sudah menolak keberadaan ISIS yang identik dengan gerakan-gerakan terorisme. Pemerintah juga sudah menetapkan setiap gerakan terorisme merupakan musuh besar negara. Baik itu terorisme yang dilakukan oleh ISIS ataupun dari pihak-pihak lain.

Selain itu upaya pemerintah yang paling saya dukung untuk mengatasi gerakan-gerakan ISIS dan sejenisnya adalah membentuk tim khusus yang bertugas sebagai anti teror yaitu Densus 88 (Detasmen Khusus 88). Hal ini merupakan bentuk respon pemerintah terhadap keberadaan ISIS dan sejenisnya.


3. Tuliskan cara mencegah gerakan ISIS yang bisa direkomendasikan pada pemerintah dan masyarakat!

Kunci Jawaban : 

Rekomendasi yang dapat kuncijawabankelas.com berikan antara lain:

Untuk Pemerintah
Rekomendasinya adalah agar pemerintah mengembalikan mata pelajaran kewarganegaraan pada jenjang Sekolah Dasar, dan memperbanyak jam mata pelajaran serupa pada jenjang sekolah menengah, tujuannya agar dapat menambah pengetahuan siswa tentang kewarganegaraan dan menumbuh rasa nasionalisme sejak dini. Karena mereka yang menjadi pelaku teror seperti pengeboman merupakan warga kita sendiri yang tidak memiliki rasa nasionalisme terhadap bangsa dan negara.

Untuk Masyarakat
Hendaknya memperkuat kewaspadaan dan cepat tanggap untuk melaporkan pada setiap gerakan-gerakan yang mencurigakan. Selain itu diharapkan agar membentengi diri dari pengaruh paham radikalisme.

Segala macam bentuk terorisme, baik yang dilakukan oleh ISIS atau dilakukan oleh pihak lain memang sangat meresahkan kehidupan berbangsa dan bernegara. Sudah sepantasnya jika pemerintah mengecam aksi-aksi serupa di negara luar. untuk itu melalui penjelasan kunci jawaban ini kita harus selalu waspada dan tidak mudah terpengaruh dari bujuk rayu orang yang tidak dikenali atau baru dikenali.


Baca juga

Demikianlah kunci jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang berdasarkan berita Menjadi Ancaman Besar, Ini Penyebab ISIS (Islamic State of Iraq and Syria) Masuk Indonesia. Semoga dengan adanya penjelasan maslah ISIS ini kita menjadi warga negara yang selalu melindungi diri, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara dari pengaruh-pengaruh yang di timbulkan oleh gerakan tersebut. Terima kasih.


Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PKN Kelas 12 Tugas Mandiri 3.2 Halaman 77 - 79"