Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Tugas Kelompok 3.2 Halaman 86 PKN Kelas 12

Kunci Jawaban Tugas Kelompok 3.2 Halaman 86 PKN Kelas 12 usaha-usaha yang telah dilakukan oleh bangsa Indonesia dalam mengimplikasi kemajuan iptek Semester 2 SMA buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Kunci Jawaban Tugas Kelompok 3.2 Halaman 86 PKN Kelas 12

Pada tugas kelompok 3.2 ini, kamu diminta untuk menentukan Sikap Selektif terhadap Pengaruh Kemajuan Iptek di Bidang Sosial Budaya melalui usaha-usaha yang sudah di lakukan oleh pemerintah. Terdapat beberapa aspek kehidupan yang menjadi bidang dalam menentukan usaha-usaha tersebut seperti bidang politik, ekonomi, sosial dan budaya. Berikut soal dan penjelasan kunci jawabannya.

Tugas Kelompok 3.2

Diskusikanlah usaha-usaha dalam bidang politik, ekonomi, sosial dan budaya apa saja yang sudah dilakukan oleh pemerintah bangsa Indonesia terkait implikasi kemajuan iptek! 

Kamu laporkan hasilnya secara tertulis!

Kunci Jawaban : 

Bidang Ekonomi

Pada bidang ekonomi pemerintah sudah mengupayakan perkembangan IPTEK sebagai suatu kendaraan untuk meningkatkan, mendorong, dan memfasilitasi pertumbuhan ekonomi yang semakin makmur untuk rakyatnya. Beberapa contoh upaya yang sudah dilakukan antara lain :
  • Menjadikan perekonomian negara tubuh dan semakin berkembang
  • Meningkatkan produktivitas industri
  • Mempermudah pemasaran bisnis
  • Menjangkau pemasaran wilayah terpencil

Bidang Politik

Pada bidang politik pemerintah sudah mengupayakan perkembangan IPTEK sebagai suatu wadah kebebasan dalam menyampaikan pendapat dan pemikiran dalam berdemokrasi. Pemerintah juga sudah mengupayakan pemberian informasi politik secara transparan.

Berikut sederet contoh upaya yang sudah dilakukan di bidang politik antara lain :
  • Melaksanakan pemilu yang demokratis dengan memberikan informasi perhitungan suara transparan tercepat oleh lembaga survei
  • Berita politik tersampai dengan cepat pada masyarakat sehingga menurunkan kesalahpahaman antar pelaku politik tanah air.

Bidang Budaya

Di bidang budaya, pemerintah sudah mengupayakan perkembangan IPTEK sebagai sarana promosi dan sarana penilaian untuk penyeleksian informasi budaya yang sesuai dengan jati diri bangsa Indonesia. Adapun berbagai upaya yang dilakukan antara lain :
  • Melaksanakan festival budaya daerah yang disiarkan melalui TV dan Streaming internet.
  • Mempromosikan budaya Indonesia pada acara-arcara pesta olahraga antar negara
  • Melalui kementerian informasi (Keminfo) pemerintah menyeleksi budaya mana yang sesuai dengan jati diri bangsa
  • Menjadikan IPTEK sebagai sarana mengenal dan mempelajari budaya asing

Baca Juga
Jawaban Uji Kompetensi Bab 3 Hal. 92

Demikianlah penjelasan usaha-usaha yang telah dilakukan oleh pemerintah dalam mengimplikasi kemajuan iptek pada jawaban Tugas Kelompok 3.2. Semoga kamu dapat memanfaatkan juga kemajuan IPTEK ini untuk kegiatan-kegiatan yang positif dan bermanfaat untuk orang banyak. Kemajuan IPTEK bukan sesuatu yang harus kita hindari melainkan sesuatu yang harus kita manfaatkan untuk kepentingan yang positif. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Tugas Kelompok 3.2 Halaman 86 PKN Kelas 12"