Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 89 Kelas 9 Bab 4

Kuncijawabankelas.com menghadirkan artikel-artikel kunci jawaban yang mendetail penjelasannya, hala ini dapat kita lihat pada artikel Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 89 Kelas 9 Bab 4 Sekolah Menengah Atas SMA SMK Bab 4 Mengidentifikasi Informasi Teks Tanggapan Kurikulum 2013

Kunci-Jawaban-Bahasa-Indonesia-Halaman-89-Kelas-9-Bab-4
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 89 Kelas 9 Bab 4 Teks Tanggapan Lukisan Affandi

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 89 ini merupakan penjelasan jawaban dari soal-soal identifikasi setelah membaca teks tanggapan sebuah karya seni yang telah disediakan. Siswa hendaknya membaca teks tanggapan tersebut terlebih dahulu, baca dengan teliti, pahami ceritanya dengan serius, setelah memahaminya, barulah mencoba menjawab pertanyaan identifikasinya.

Dalam menjawab pertanyaan identifikasi terhadap suatu teks tanggapan tentu yang menjadi patokan dalam menjawabnya adalah informasi yang ada di dalam teks tanggapan tersebut. Karena kebenaran jawaban terletak pada kesesuaian informasi yang di sediakan pada teks tanggapan. 

Berikut dapat adik-adik baca penjelasan jawabannya mengenai pertanyaan identifikasi teks tanggapan sebuah karya seni pada halaman 89 di buku paket Bahasa Indonesia kelas 9 Sekolah Menengah Atas Bab 4 Memberi tanggapan dengan santun. Selamat membaca.

1). Karya yang di tanggapi!

Kunci Jawaban : 

Berdasarkan informasi pada teks tanggapan tersebut, karya seni yang ditanggapi adalah sebuah lukisan pemandangan alam perkebunan cengkeh. 


2. Siapa seseorang yang membuat karya tersebut?

Kunci Jawaban : 

Orang yang membuat karya tersebut adalah pelukis legendaris yang bernama Affandi.


3. Siapa menanggapinya?

Kunci Jawaban : 

Berdasarkan informasi yang di dapat dari teks tanggapan tersebut, yang menanggapinya adalah penulis teks tanggapan itu sendiri. 

Alasannya :

Karena pada teks tanggapan tersebut tidak disebutkan siapa penulisnya, hanya terdapat teks tanggapan yang dibingkai di dalam kotak.


4. Menurutmu bagaimana bentuk tanggapannya?

Kunci Jawaban : 

Bentuk tanggapannya adalah mengungkapkan keunikan lukisan buatan Affandi. 

Adapun kutipan teksnya adalah penempatan matahari di dalam lukisan pemandangan alam perkebunan cengkeh sang unik seolah tampak pelukis berada di posisi belakang matahari tersebut.


5. Bagaimana cara menanggapinya?

Kunci Jawaban : 

Cara menanggapinya menggunakan bahasa-bahasa yang santun dengan mengamati keunikan-keunikan lukisan karya Affandi. 

Sebagai bahan dasar pembentuk bahasa cara menanggapinya, penanggap mengidentifikasi keunikan lukisan dengan cara membandingkan dengan karya Affandi yang lainnya ataupun karya orang lain.

Dalam mengungkapkan tanggapan, kita hendaknya harus menggunakan bahasa-bahasa yang sopan dan tidak kasar, tujuannya agar orang yang kita tanggapi tersebut tidak merasa tersinggung dari kalimat-kalimat yang kita keluarkan. Sekalipun kit tidak menyukai karyanya tetap pengungkapan bahasanya harus dipertimbangkan bahasa kesopanannya.


Baca Juga

Demikianlah penjelasan jawaban Mengidentifikasi Informasi Teks Tanggapan sebuah karya seni dari Affandi ini, Semoga dengan adanya penjelasan ini, kita dapat mengambil hikmahnya untuk dapat memikirkan bahasa yang digunakan dalam berkomentar, memberikan saran, ataupun berbicara. Karena sebaik-baiknya bahasa tanggapan adalah membuat orang yang kita tanggapi tetap tersenyum. Terima kasih & semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 89 Kelas 9 Bab 4"