Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 113 - 115 Tugas Kelas 11

Hallo adik-adik jumpa lagi bersama kakak, kali ini kakak akan membagikan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 113 - 115 Tugas Kelas 11 materi Kegiatan 1 Menentukan Nilai-nilai Kehidupan dalam Teks Cerita Pendek Sekolah Menegah Atas (SMA/SMK/MA) Kurikulum 2013.

Kunci-Jawaban-Bahasa-Indonesia-Halaman-113-115-Tugas-Kelas-11
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 113 - 115 Tugas Kelas 11 Menentukan Nilai-nilai Kehidupan 

Tugas utama pada kegiatan 1 ini adalah menentukan nilai-nilai kehidupan apakah yang dikisahkan di dalam cuplikan cerpen berikut kemudian adik-adik juga diminta untuk memberikan alasannya. Berikut jawaban yang kami bagikan berdasarkan sudut pandang kuncijawabankelas.com selamat membaca.

Tugas

1. Caba kamu tentukan Nilai-nilai kehidupan apakah menurutmu dalam cuplikan-cuplikan cerpen berikut. 

2. Diskusikanlah secara berkelompok

Kunci Jawaban : 

1. Cuplikan cerita : O, Tuhan kami yang Maha besar.

Bidang Kehidupan : Agama

Alasan : 
Karena pada cuplikan cerpen tersebut menceritakan hubungan manusia dengan tuhannya. Hal ini dibuktikan dengan adanya kata-kata identik mengandung nilai-nilai kehidupan bidang agama seperti : terdapat kata Tuhan, neraka, ibadah, umat, kitab, dan menyembahmu.


2. Cuplikan cerita : Kalau begitu mengapa Syarifudin meninggal pada hari kedua.

Bidang Kehidupan : Budaya

Alasan :
Kuncijawabankelas.com memilih budaya sebagai nilai yang terkandung pada cuplikan cerpen tersebut, karena pada cerpen tersebut disebutkan kebiasaan Syarifudin mengurung diri dikamar dan mengkhitan anak-anak pada dukun-dukun bukan di khitan oleh tim medis seperti dokter ataupun perawat, itu merupakan kebiasaan yang menjadi budaya di daerah tersebut.


3. Cuplikan cerita : Kalau benar begitu, apalagi yang sekarang mereka sakitkan hati?

Bidang Kehidupan : Sosial

Alasan :
Karena sangat jelas sekali, cuplikan cerpen tersebut menyebutkan kegiatan-kegiatan sosial yang sifatnya membantu orang-orang yang memerlukan bantuan. Hal ini dibuktikan dengan terdapatnya kata darma, sumbangan, dan tolong menolong.


4. Cuplikan cerita : Di ruang kosong yang semula dipenuhi pernik

Bidang Kehidupan : Sosial

Alasan :
Karena pada cuplikan cerpen menceritakan hubungan seseorang yang telah menikah yang di gambarkan pada sepasang angsa putih, menjalani hidup selalu bersama namun apa daya setiap kebersamaan pasti ada perpisahan, setiap perjalanan pasti ada ujungnya, setiap yang bernyawa pasti akan mati kelak hubungan sepasang angsa putih tersebut akan terpisah oleh kematian.


5. Cuplikan cerita : Merah di langit barat telah lenyap

Bidang Kehidupan : Sosial

Alasan :
Karena cuplikan cerpen tersebut menceritakan hubungan manusia dengan manusia, dibuktikan dengan kalimat pertemuan 2 insan di sebuah resto yang memilih kursi paling pojok, selain itu dikuatkan dengan kebutuhan manusia sebagai makhluk sosial yaitu pemenuhan kebutuhan makan yang melibatkan orang lain dalam pemesanan mi sea food.


Baca Juga

Terima kasih, adik-adik sudah berkenan membaca artikel kuncijawabankelas.com ini. Semoga jawaban tugas menentukan Nilai-nilai Kehidupan dalam Teks Cerita Pendek pada kegiatan 1 ini dapat memberikan warna tersendiri terhadap pemahaman soal-soal yang dikerjakan. Semoga bermanfaat 

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 113 - 115 Tugas Kelas 11"