Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 117 118 Tugas Kelas 11

Informasi yang akan kuncijawabankelas.com berikan kali ini adalah informasi Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 117 118 Tugas Kelas 11 Nilai-nilai kehidupan apa saja, dari penggalan cerpen di bawah ini? Jelaskan alasan-alasannya.

Kunci-Jawaban-Bahasa-Indonesia-Halaman-117-118-Tugas-Kelas-11
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 117 118 Kelas 11 Nilai-nilai kehidupan dari Penggalan Cerpen

Soal menyajikan cerita penggalan-penggalan cerpen, kemudian kita diminta untuk menetukan nilai-nilai yang termuat dalam cerita penggalan cerpen tersebut, kamu juga diminta untuk menjelaskan dan memberikan alasannya. Berikut penjelasan dan alasan dari kuncijawabankelas.com yang bisa adik-adik jadikan contoh jawabannya. selamat membaca.

Tugas

a). Penggalan cerpen memesan tulisan di depan itu mahal.

Kunci Jawaban : 

Nilai : Ekonomi

Alasannya :
Karena pada penggalan cerpen memesan tulisan di depan itu mahal membahas masalah keuangan, pengeluaran, ongkos, harga, mahal, tabungan dan nilai uang sepuluh ribu yang ke semuanya itu merupakan kata-kata yang identik dengan nilai ekonomi. Dalam menjalankan kehidupan memang peran nilai ekonomi sangat vital, diperlukan perencanaan matang dalam mengelola keuangan keluarga, sala langka akan menimbulkan kesengsaraan dalam memenuhi kebutuhan.


b). Penggalan cerpen “Tak bisa kurang sedikit?”

Kunci Jawaban : 

Nilai : Sosial

Alasannya :
Karena pada penggalan cerpen tak kurang sedikit tersebut terdapat Tammy yang meminta tolong kepada pelayannya untuk mengatar surat, dan meminta bantuan Tuan Wahyono sebagai ahli keramik untuk memutuskan harga teko yang di perbincangkan tersebut. 

Dalam kasus penggalan cerpen ini sangat jelas terdapat nilai sosial di dalam ceritanya hal ini dibuktikan dari sikap tolong menolong yang ada pada cerita tersebut. Sebagai makhluk sosial memang sebagusnya dalam mengambil keputusan kita hendaknya menyerahkan pada seseorang yang memang ahli dibidangnya, agar keputusan yang di ambil tidak merugikan masing-masing pihak.


c). Penggalan cerpen aku masih saja kawatir

Kunci Jawaban : 

Nilai : Budaya

Alasannya :

Pada penggalan cerpen aku masih saja kawatir terdapat kata kunci utama yang menjadi pokok-pokok pembicaraan, kata kunci tersebut adalah ramalan dan dukun-dukun. Di dalam kehidupan ramalan dukun ini memang sudah menjadi budaya pada masyarakat kita., bukan saja meramal ke dukun, berobat juga ada yang pergi ke dukun, ingin kaya juga ke dukun, ingin cantik tampan juga ke dukun, ingin apa saja pergi ke dukun, hal ini jelas menunjukkan bahwa pergi ke dukun untuk diramal sudah menjadi budaya masyarakat.

Jadi dapat di simpulkan penggalan cerpen aku masih saja kawatir tersebut memiliki nilai kehidupan di dalamnya berupa nilai budaya.

Dari ketiga penggalan cerpen tersebut, dapat kita ambil nilai-nilai positifnya, untuk penggalan cerpen yang pertama kita dituntut untuk mengatur dan mengelola keuangan dengan penuh perencanaan, mana saja kebutuhan yang harus di dahulukan dan mana saja kebutuhan yang harus di tunda. Sebisa mingkin di usahakan untuk memiliki tabungan.

Pada penggalan cerpen kedua tak kurang sedikit pun, dapat kita ambil sisi positifnya agar dalam mengambil sebuah keputusan tertentu, hendaknya kita bertanya pada orang yang ahli di bidangnya. tentu saja orang tersebut adalah orang yang kita percayai seperti anggota keluarga kita.

Nilai positif yang bisa kita ambil dari penggalan cerita yang ketiga aku masih saja khawatir adalah untuk meninggalkan kebiasaan-kebiasaan yang menjadi budaya namun bertentangan dengan ajaran agama. Sebisa mungkin kita menyerahkan sesuatu pada sang pencipta bukan ke dukun, karena perbuatan tersebut termasuk perbuatan yang menyekutukan Allah.


Baca Juga

Cukup sekian penjelasan mengenai kunci jawaban Nilai-nilai kehidupan pada penggalan cerpen ini, semoga penjelasan ini dapat memberikan dampak positif terhadap pribadi pembaca semuanya. Agar bisa mengaplikasikan sisi positif yang terkandung dalam penggalan-penggalan cerpen tersebut. Terima kasih sampai berjumpa pada pembahasan kunci jawaban selanjutnya.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 117 118 Tugas Kelas 11"