Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 110 Tugas Kelas 11

Kunci jawaban yang akan dibagikan ini adalah Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 110 Tugas Kelas 11 materi Menemukan nilai-nilai dalam cerita pendek pada cerpen “Robohnya Surau Kami” Sekolah Menegah Atas (SMA) Kurikulum 2013.

Kunci-Jawaban-Bahasa-Indonesia-Halaman-110-Tugas-Kelas-11
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 110 Tugas Kelas 11 Nilai-nilai Cerpen Robohnya Surau kami

Adik-adik terlebih dahulu diminta untuk membaca dan memahami isi cerpen “Robohnya Surau Kami”, kemudian adik-adik menentukan nilai-nilai apa saja yang terkandung di dalam cerpen tersebut. Nah dalam menentukan nilai-nilainya kuncijawabankelas.com akan membantu memberikan penjelasan jawaban terkait nilai-nilai tersebut. Berikut perintah soalnya :

Tugas

1. Lakukan sesuai dengan instruksi di bawah ini! 

a. Bacalah kembali dengan teliti cerpen Robohnya Surau Kami Halaman 103! 

b. Tunjukkanlah nilai-nilai kehidupan apa saja pada cerpen tersebut! 

c. Mungkinkah diaktualisasikan nilai-nilai itu dalam kehidupan sehari-hari? 

d. Tuliskan hasilnya pada format berikut!


Kunci jawaban : 

Judul cerpen :
Robohnya Surau Kami

Pengarang :
A.A. Navis

Sinopsis : 
Cerpen Robohnya Surau Kami ini bermula dari cerita Ajo Sidi yang memurungkan Kakek di mana awal ceritanya Haji saleh menjumpai teman-temanya yang ahli ibadah kepada Allah tetapi dimasukkan ke dalam neraka, padahal mereka setiap waktu taat beribadah, rajin membaca kitab namun tetap dimasukkan ke neraka. Ternyata setelah di tanya kepada Tuhannya, kesalahan Haji Saleh dan teman-temannya hidup di dunia sangat egois hanya mementingkan diri sendiri, yaitu beribadah namun menelantarkan keluarga, anak, cucu, serta kaum negeri sendiri.


Nilai Religius (Agama)

Pada cerpen “Robohnya Surau Kami” nilai-nilai religius ditunjukkan pada bagian cerita yang berisi tentang ibadah, neraka, malaikat, dan beramal sudah menunjukkan bahwa cerpen  “Robohnya Surau Kami” terdapat nilai religius.

Nilai Sosial

Pada cerpen “Robohnya Surau Kami” nilai sosial ditunjukkan pada bagian cerita Tuhan menuntut Haji Saleh dan teman-temannya untuk tidak egois yang mementingkan diri sendiri mengabaikan anak, cucu, dan kaum serta menuntut untuk beramal di samping beribadah. Beramal ini mengandung nilai sosial karena membantu orang lain secara ikhlas. Terutama membantu orang yang tidak mampu dan sangat membutuhkan.

Nilai Moral

Pada cerpen “Robohnya Surau Kami” nilai moral ditunjukkan pada bagian Tuhan menuntut Haji Saleh dan teman-temannya untuk tanggung jawab terhadap keluarga, tidak bermusuhan sesama saudara apalagi berkelahi, saling menipu, saling memeras hingga terjadi kekacauan.

Kemungkinan diterapkan di kehidupan sehari-hari

Kemungkinan dapat diterapkannya  nilai agama, sosial dan nilai moral yang terkandung pada cerpen Robohnya Surau Kami sangat mungkin sekali. Karena dengan seimbangnya pelaksanaan nilai-nilai tersebut dapat menuntut kita kepada jalan kebenaran, jalan yang sesuai dengan tuntutan pesan pada cerita cerpen tersebut.

Penerapan Nilai Agama
Dapat kita mulai penerapannya untuk mulai rajin beribadah kepada Tuhan sebagai perwujudan penerapan nilai agama. Seperti salat lima waktu bagi umat muslim.

Penerapan Nilai Sosial
Di dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat kita hendaknya tidak mementingkan diri sendiri, penerapannya bisa dilakukan dengan mulai rajin beramal sesuai kemampuan, bukan hanya materi namun bisa juga dengan saling membantu di setiap pekerjaan.

Penerapan Nilai Moral
Penerapan nilai moral ini merupakan sebagai kontrol kita dalam bertingkah laku, dapat di mulai dengan berkata tidak berbohong. dan tidak melakukan hal-hal yang merugikan orang lain.


Baca Juga 

Demikianlah kunci jawaban Menemukan nilai-nilai yang terkandung di dalam cerita pendek pada cerpen “Robohnya Surau Kami”. Semoga penjelasan dari kunci jawabankelas.com ini dapat memberikan opsi jawaban sesuai dengan apa yang diharapkan oleh adik-adik.

Terima kasih

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 110 Tugas Kelas 11"