Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Tugas Halaman 108

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Tugas Halaman 108 Semester 1 Bab 4 Meneladani Kehidupan dari Cerita Pendek merupakan jawaban alternatif tugas Halaman 108 tentang pengertian dan karakteristik cerita pendek, Berikut kuncijawabankelas.com berikan penjelasan kunci jawabannya, silakan di baca di bawah ini:

Kunci-Jawaban-Bahasa-Indonesia-Kelas-11-Tugas-Halaman-108
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Tugas Halaman 108

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Tugas Halaman 108

Tugas

1. Setelah membaca cerita di atas, kamu sudah memiliki pemahaman yang jelas tentang pengertian dan karakteristik cerita pendek. Sekarang, buktikanlah pemahamanmu itu dengan menunjukkan sekurang-kurangnya lima contoh cerita lainnya yang berkategori cerpen. Sajikanlah hasilnya dalam rubrik berikut! 

Kunci Jawaban : 

Di sini kami hanya mengambil 2 contoh cerpen sebagai bahan sumber informasi jawaban yang digunakan, kekurangannya adik-adik bisa menambahkannya sendiri.

1. Judul Cerpen : Bulan Biru

Pengarang : Gus Tf Sakai

Sumber : Buku Kumpulan Cerpen

Inti Cerita : 

Dalam cerpen ini mengisahkan tentang beberapa binatang yang bisa berbicara seperti manusia. Mereka saling bergotong-royong dalam mendirikan bangunan.

2. Judul Cerpen : Serpihan di Teras Rumah

Pengarang : Zaidinoor

Sumber : Buku Kumpulan Cerpen

Inti Cerita : Cerpen ini mengisahkan tentang seorang perempuan tua bernama Ni Siti yang hidup seorang diri setelah ditinggalkan suaminya. Ni Siti bekerja sebagai pengambil getah karet.

2. Secara berdiskusi kelompok, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

a. Di mana dan kapan peristiwa dalam cerita itu terjadi? 
b. Kata-kata “robohnya surau kami” itu maksudnya apa? 
c. Pesan-pesan yang disampaikan pengarang melalui cerpennya itu apa saja? 
d. Setujukah kamu dengan isi cerita itu dan adakah hal-hal yang bertentangan dengan kayakinanmu sendiri? 
e. Bagaimana hubungan kamu sendiri selama ini dengan Tuhan? Ceritakanlah!

Kunci Jawaban : 

a. Peristiwa dalam cerpen tersebut terjadi Di Kota, dan di Surau Kakek, rumah Ajo Sidi, serta Kedua cerpen tersebut terjadi pada siang dan malam hari
b. Kata-kata “robohnya surau kami” itu maksudnya adalah masjid yang berukuran kecil yang terdapat di kota kelahiran tokoh utama. Tokoh utama diceritakan sebagai seseorang yang hidupnya hanya beribadah sepanjang hari.
c. Pesan-pesan yang disampaikan pengarang melalui kedua cerpen tersebut adalah jangan cepat bangga dengan perbuatan baik yang dilakukan
d. Setuju. Alasannya karena pada kedua cerpen tersebut tidak ada hal yang bertentangan.
e. Hubungan saya sendiri selama ini dengan Tuhan cukup baik, hal ini dibuktikan dengan selalu mendirikan sholat 5 waktu.

3. Kerjakanlah hal berikut sesuai dengan instruksinya! 

a. Buatlah lima pertanyaan lainnya secara berkelompok untuk menguji pemahaman literal, interpretatif, integratif, kritis, dan kreatif! 

Kunci Jawaban : 

1. Pertanyaan Literal 
Kapankah peristiwa dalam cerpen tersebut terjadi?

2. Pertanyaan Interpretatif
Apakah maksud yang tersembunyi di balik percakapan tokoh antagonis kepada tokoh protagonis?

3. Pertanyaan Integratif 
Bercerita tentang apakah teks cerita pendek yang dibaca?

4. Pertanyaan Kritis
Dalam cerpen tersebut terdapat nilai-nilai budaya dan sosial. Jika dihubungkan dengan kenyataannya, apakah nilai-nilai tersebut sudah sesuai di masyarakat?

5. Pertanyaan Kreatif
Bagaimana menurutmu jika tokoh utama terus-menerus mengalami penderitaan?

b. Mintalah teman-teman kamu dari kelompok lain untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan itu!


Informasi Tambahan 

Cerita pendek merupakan salah satu karya sastra yang memusatkan diri pada satu tokoh dalam satu situasi. Dalam cerita pendek, kita akan banyak menemukan berbagai karakter tokoh, baik protagonis maupun antagonis. Keduanya merupakan cerminan nyata dari kehidupan di dunia. Namun, dari karakter tokoh tersebut kita dapat menemukan nilai-nilai kehidupan, yaitu perbuatan baik yang harus kita tiru dan perbuatan buruk yang harus kita jauhi.

cerita pendek (cerpen) adalah cerita yang menurut wujud fisiknya berbentuk pendek. Ukuran panjang pendeknya suatu cerita memang relatif. Namun, pada umumnya cerita pendek merupakan cerita yang habis dibaca sekitar sepuluh menit atau setengah jam. Jumlah katanya sekitar 500 – 5.000 kata. Olek karena itu, cerita pendek sering diungkapkan dengan “cerita yang dapat dibaca dalam sekali duduk”.

Untuk memahami isi suatu cerpen, termasuk nilai-nilai yang ada di dalamnya, kita sebaiknya mengawalinya dengan sejumlah pertanyaan. Dengan demikian, pemahaman kita terhadap cerpen itu akan lebih terfokus dan lebih mendalam. Pertanyaan-pertanyaan itu dapat dikelompokkan yakni mulai dari pemahaman literal, interpretatif, intergratif, kritis, dan kreatif.


Baca Juga

Demikianlah penjelasan Kunci Jawaban yang dapat dibagikan kuncijawabankelas.com ini, Semoga Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 108 Tugas Bab 4 Meneladani Kehidupan dari Cerita Pendek ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua, terima kasih dan salam.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Tugas Halaman 108"