Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 131 Aktivitas 3.2

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 131 Aktivitas 3.2 Mengidentifikasi Kromosom Laki-Laki dan Perempuan Semester 1 Halaman 131 Bab 3 Pewarisan Sifat Makhluk Hidup Buku Ilmu Pengetahuan Alam Halaman 129-131 merupakan kunci jawaban IPA tentang Mengidentifikasi Kromosom Laki-Laki dan Perempuan.

Kunci-Jawaban-IPA-Kelas-9-Halaman-131-Aktivitas-3.2
Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 131 Aktivitas 3.2

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 131 Aktivitas 3.2 Mengidentifikasi Kromosom Laki-Laki dan Perempuan pada Buku Paket Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IX Kurikulum 2013 tentang Mengidentifikasi Kromosom Laki-Laki dan Perempuan. Agar lebih jelas silakan dibaca penjelasan kunci jawabannya di bawah ini. Selamat membaca

Aktivitas 3.2 
Mengidentifikasi Kromosom Laki-laki dan Perempuan 

Perhatikanlah Gambar 3.8! Gambar 3.8 menunjukkan foto dari kromosom-kromosom yang menyusun sel-sel tubuh (sel somatik) manusia dan kromosom pada sel kelamin (sel gamet). Susunan kromosom pada sel-sel yang sudah diurutkan berdasarkan ukuran dan bentuknya tersebut disebut dengan kariotipe. 

Dari kariotipe tersebut coba jawablah pertanyaan berikut. 

1. Berapakah jumlah kromosom penyusun sel tubuh manusia? 

Kunci Jawaban : 

Jumlah kromosom penyusun sel tubuh manusia adalah 46 buah.

2. Apakah kromosom-kromosom tersebut berpasangan? 

Kunci Jawaban :  

Kromosom pada tubuh manusia tersebut berpasangan tetapi pada sel somatis (sel tubuh). Contoh sel tubuh adalah sel saraf, sel epitel, sel tulang, sel darah.

3. Adakah perbedaan kromosom penyusun tubuh perempuan dan laki-laki? Kalau ada, apa perbedaannya? Untuk mempermudah menjawab pertanyaan ini, perhatikan kromosom yang terdapat di dalam kotak!

Kunci Jawaban : 

Terdapat perbedaan kromosom penyusun tubuh perempuan dan laki-laki. Perbedaan terletak pada jenis kromosom gonosom pada sel somatis yaitu pada perempuan terdapat XX dan pada laki-laki adalah XY.

4. Berapa jumlah kromosom pada sel sperma? 

Kunci Jawaban : 

Jumlah kromosom pada sel sperma yaitu 23 buah kromosom.

5. Apakah kromosom sel sperma dan sel ovum dalam keadaan berpasangan?

Kunci Jawaban :  

Kromosom sel sperma dan sel ovum tidak dalam keadaan berpasangan.

Baca Juga
Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Lainnya

Demikianlah artikel Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 129 130 131 Aktivitas 3.2 Mengidentifikasi Kromosom Laki-Laki dan Perempuan ini. Semoga Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 131 130 129 Aktivitas 3.2 ini dapat memberikan pengetahuan baru pada adik-adik kelas IX sehingga dapat mengerjakan soal-soal Aktivitas 3.2 Mengidentifikasi Kromosom Laki-Laki dan Perempuan ini. 


Terima kasih semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 131 Aktivitas 3.2"