Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Halaman 20 24 Rajin Berlatih

Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Halaman 20 24 Rajin Berlatih Bab 1 Kurikulum Merdeka Al-Qur'an dan Sunah Sebagai Pedoman Hidup Pilihan Ganda dan Esai Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Luhur Sekolah Menegah Pertama.
Kunci-Jawaban-PAI-Kelas-7-Halaman-20-24-Rajin-Berlatih
Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Halaman 20 24 Rajin Berlatih Kurikulum Merdeka

Berikut Penjelasan Kunci Jawabannya.

A. Kunci Jawaban Pilihan Ganda
  1. A. Petunjuk dan penjelas bagi sesuatu yang harus diketahui, juga pembeda antara kebenaran dan kebatilan
  2. Mohon di isi sendiri
  3. Mohon di isi sendiri
  4. A. Dan menjadi petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman
  5. B. َطِيعُوا
  6. C. 2
  7. Mohon di isi sendiri
  8. A. 1) dan 2)
  9. C. Berusaha mencari titik temu dari perbedaan tersebut
  10. A. Ketua kelas
1. Tuliskan dalil naqli yang menjelaskan kewajiban kita untuk taat kepada Allah Swt., rasul dan ulil amri!

Kunci Jawaban : 

Dalil Naqli yang menjelaskan kewajiban kita untuk taat kepada Allah Swt., rasul dan ulil amri terdapat pada surat: An-Nisaa’ Ayat 59, An-Nisaa’ Ayat 69, An-Nisaa’ Ayat 80, Al-Anfal Ayat 20, Muhammad ayat 33, dan  Ali Imran Ayat 32.

2. Mengapa sebagai seorang muslim yang baik, harus menaati ulil amri selama kebijakan mereka tidak bertentangan dengan Al-Qur’an dan Hadis?

Kunci Jawaban : 

Karena mentaati pimpinan adalah suatu kewajiban bagi orang-orang yang beriman. Ketaatan tersebut akan membentuk persatuan yang kuat sesama umat muslim.

3. Alif lam Qamariyyah merupakan Alif lam yang berhadapan dengan salah satu huruf Alif Lām Qamariyyah. Tuliskan hukum bacaan Alif Lām Qamariyyah yang ada pada Q.S. an-Naḥl/16: 64 ! Berikan alasannya!

Kunci Jawaban : 

Hukum bacaan Al-qamariyah pada QS Ali-imran ayat 64 yaitu 
  • Alif lam syamsiah yaitu hukum tajwid yang terjadi apabila terdapat Alif lam (ال) bertemu dengan salah satu huruf ت ث د ء د ذ ر ز س ش ص ض ط ظ ن ل. Cara bacanya di masukkan ke huruf berikutnya
  • Alif lam qamariyah yaitu hukum tajwid yang terjadi apabila terdapat Alif lam (ال) bertemu dengan salah satu huruf ء ب ج ح خ ع غ ف ق ك م و ه ي. Cara bacanya jelas
4. Buatlah peta konsep tentang perbedaan sunah, Hadis, aṡar, dan khabar!

Kunci Jawaban : 

Berikut perbedaan sunah, Hadis, aṡar, dan khabar dapat di baca di bawah ini.
  • Hadits secara bahasa yakni Al-Jadiid, artinya sesuatu yang baru/kebalikan dari Al-Qadiim yang artinya sesuatu lama, sedangkan menurut istilah para ahli yakni segala sesuatu yang disandarkan kepada Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam baik ucapan, perbuatan, persetujuan, maupun sifat.
  • Sunnah dapat disebut dengan tradisi atau kebiasaan Nabi.
  • Khabar dapat disebut dengan berita yang sumbernya dari sahabat dan bisa juga dari orang umum.
  • Atsar dapat disebut dengan fatwa tabi'in.
5. Jelaskan fungsi Hadis terhadap Al-Qur’an!

Kunci Jawaban : 

Fungsinya adalah menetapkan, memperkuat dan memperjelas isi kandungan ayat-ayat Al-Qur’an, menafsirkan terhadap ayat-ayat yang masih mutlak dan memberikan pengkhususan terhadap ayat-ayat yang masih umum, memberikan kepastian hukum Islam yang tidak ada di Al- Qur’an dan memba- talkan ketentuan yang datang kemudian yang terdahulu, sebab ketentuan yang baru dianggap lebih cocok dengan lingkungannya dan lebih luas.

Demikinalah kunci jawaban PAI Kelas 7 Halaman 20 24 Rajin Berlatih Bab 1 pada buku kurikulum merdeka ini. Untuk jawaban yang masih kami kosongkan harap adik-adik isi sendiri. Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Halaman 20 24 Rajin Berlatih"