Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 23 Kegiatan 1.1

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 23 Kegiatan 1.1 Mencermati struktur teks laporan Rantai Makanan di Antartika Perbedaan pernyataan umum teks Kelelawar dengan teks Rantai Makanan di Antartika Semester 1 Buku Bahasa Indonesia Bab 1 Melaporkan Percobaan. 

Kunci-Jawaban-Bahasa-Indonesia-Kelas-9-Halaman-23-Kegiatan-1.1
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 23 Kegiatan 1.1 Perbedaan pernyataan umum teks Kelelawar dengan teks Rantai Makanan


Kunci-Jawaban-Bahasa-Indonesia-Kelas-9-Halaman-23-Kegiatan-1.1
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 23 Kegiatan 1.1

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 23 ini dikutip dari Buku Paket Pegangan siswa Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/MTS Kurikulum 2013. Agar adik-adik mendapatkan nilai lebih baik lagi, adik-adik silakan di baca dan di pahami dengan teliti kunci jawabannya di bawah ini.

Kegiatan 1.1 Mencermati struktur teks laporan Rantai Makanan di Antartika

Perbedaan dari pernyataan umum teks Kelelawar dengan teks Rantai Makanan di Antartika?

Kunci Jawaban : 

Pernyataan umum pada teks kelelawar masih dibatasi satu spesies yaitu kelelawar, artinya wilayah cakupan pengembangan ketika di uraikan walikelassd.com masih sedikit dan di batasi spesies kelelawar tersebut. Sedangkan pada teks rantai makanan di Antartika sudah memenuhi kriteria umum, artinya pernyataannya sudah sangat luas dan memiliki wilayah cakupan pengembangan ketika di uraikan sudah sangat beragam.

Perbedaan cara pendeskripsian dari kedua teks tersebut?

Kunci Jawaban : 

Baik teks laporan tentang kelelawar maupun tentang rantai makanan di antartika secara umum cara pendeskripsiannya sama. Hanya saja pada objek walikelassd.com pendeskripsian teks rantai makanan lebih lengkap, dan lebih beragam, selain itu pendeskripsian teks rantai makanan lebih banyak menggunakan kata-kata istilah teknis dibidang ilmu tertentu, tidak seperti pada pendeskripsian teks kelelawar penggunaan kata istilahnya masih sedikit.

Carilah informasi kata teknis berikut: 

Kunci Jawaban : 

Plankton 
Berdasarkan KBBI plankton merupakan organisme laut yang ukuran fisiknya sangat halus dan  melayang di dalam air laut. Plankton ini dapat berupa tumbuhan dan hewan sebagai makanan utama ikan.

Phyto plankton (fitoplankton) 
Menurut Wikipedia Phyto plankton merupakan komponen autotrof plankton. Autotrof adalah organisme yang mampu membuat makanan sendiri walikelassd.com menggunakan bahan organik dan anorganik dengan bantuan energi matahari. Selain itu komponen autotrof ini berfungsi sebagai produsen.

Mikroskopik (mikroskopis) 
Berdasarkan KBBI merupakan sifat ukuran yang sangat kecil dan hanya bisa dilihat dengan mikroskop.

Rantai makanan 
Menurut Wikipedia rantai makanan merupakan proses perpindahan energi makanan dari tumbuhan ke organisme lainnya melalui peristiwa makan dan dimakan.

Diatom 
Berdasarkan KBBI diatom merupakan jenis tumbuhan ganggang di mana terdapat sel yang dikelilingi oleh suatu cangkang, seperti kotak yang mengandung silika.

Produsen 
Produsen adalah tumbuhan dan hewan yang bisa menghasilkan makanan sendiri

Konsumen  
Konsumen adalah makhluk hidup yang hanya memakan makhluk hidup lainnya karena tidak bisa membuat makan sendiri.

Cobalah amati lingkungan di daerahmu

Kunci Jawaban : 

Di belakang rumahku terdapat sungai Musi, Sungainya sangat bersih terutama pada musim kemarau. Di sungai tersebut juga terdapat banyak walikelassd.com ikan kecil-kecil seperti ikan seluang. Jika musim ikan mudik maka penduduk sepanjang pinggiran sungai berbondong-bondong menangkap ikan seluang mudik menggunakan pesap. Masarakat setempat juga memanfaatkan Sungai Musi sebagai lahan mendirikan rumah apung.


Baca Juga

Demikianlah Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 22 23 Kegiatan 1.1 Mencermati struktur teks laporan Rantai Makanan di Antartika ini.  Semoga Kunci Jawaban Mencermati struktur teks laporan Rantai Makanan di Antartika ini dapat memberikan dampak pada nilai akademik yang di dapat nanti setelah tugas ini di kumpul.  

Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 23 Kegiatan 1.1"