Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 22 Kegiatan 1.1

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 22 Kegiatan 1.1 Mencermati struktur teks laporan Kelelawar Buku Bahasa Indonesia Bab 1 Melaporkan Percobaan SMP & MTS Kurikulum 2013. 

Kunci-Jawaban-Bahasa-Indonesia-Kelas-9-Halaman-22-Kegiatan-1.1
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 22 Kegiatan 1.1 Mencermati struktur teks laporan Kelelawar

Agar adik-adik dapat menyelesaikan tugas Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 22 dengan baik, berikut silakan di baca kunci jawabannya.

Kegiatan 1.1 Mencermati struktur teks laporan Kelelawar

Bagaimana informasi bagian pernyataan umum yang di kembangkan? Coba kembangkan dengan teks Venus!

Kunci Jawaban : 

Pada teks kelelawar pernyataan umum dibuat dengan lebih lengkap jika kita bandingkan pernyataan umum pada teks Venus. Pada teks kelelawar terdapat 3 pokok kalimat pernyataan umum mengenai kelelawar, sehingga untuk pengembangan teks uraiannya juga lebih banyak dan lebih lengkap. Sedangkan pada teks Venus hanya memiliki satu pernyataan umum, membuat pengembangan pernyataan uraian Venus lebih terbatas.

Bagaimana cara pembagian uraian teks kelelawar?

Kunci Jawaban : 

Cara pembagian teks kelelawar terdiri dari 4 bagian yaitu:
  • Penampilan kelelawar
  • Makanan kelelawar
  • Kemampuan kelelawar
  • Perkembangbiakan kelelawar
Apa yang dimaksud nokturnal dan pupil?

Kunci Jawaban : 

Pengertian nokturnal
Berdasarkan KBBI Nokturnal merupakan hewan yang kegiatannya aktif di waktu malam hari.

Pengertian Pupil
Berdasarkan KBBI Pupil merupakan biji mata atau manik mata

Dapatkah kamu menambahkan informasi tentang kelelawar khas daerahmu?, tuliskan tambahanmu tentang kelelawar di daerahmu!.

Kunci Jawaban : 

Kelelawar khas di daerah Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan dikenal dengan nama Keluang. Keluang ini merupakan hama pemakan buah kebun duku penduduk di malam hari. Biasanya keluang ini menyerbu dan memakan buah duku dimulai jam 00.00 - 04.00. WIB. Keluang juga mencari makan tidak pernah sendiri ia datang berbondong-bondong dan bergerombol.

Di beberapa kabupaten dan provinsi lain, kelelawar dikenal nama kampret dan kalong, jenis kelelawar yang manakah itu?, adakah nama khas dari daerahmu?.

Kunci Jawaban : 

Kalong adalah jenis kelelawar yang berukuran besar. Kalong di daerah walikelassd.com di sebut Keluang. Sedangkan Kampret adalah jenis kelelawar yang berukuran kecil di daerah kami dikenal dengan nama Kelaro.

Coba cari informasi Adakah hubungan kota pekalongan dengan kata kalong?.

Kunci Jawaban : 

Berdasarkan informasi yang saya dapat hubungan kalong dengan kota pekalongan adalah pada asal usul pemberian nama kota tersebut yang berhubungan dengan kalong, di mana nama kota pekalongan memiliki makna sejarah kebiasaan para penduduk yang bekerja sebagai nelayan yang aktif di malam hari seperti kalong. Sehingga melekat kalong ini melambangkan rakyat kecil dan menjadi nama kota Pekalongan. 

Sumber informasinya : Kompasiana.com dengan judul asal usul nama kota pekalongan


Baca Juga
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Lainnya

Demikianlah Kunci Jawaban Kegiatan 1.1 Mencermati struktur teks laporan Kelelawar, Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 22 ini.  Semoga Kunci Jawaban Bahasa Indonesia ini dapat memberikan manfaat dan sumber informasi pengetahuan yang dibutuhkan oleh siswa-siswi kelas 9 dalam menyelesaikan tugas Bahasa Indonesia halaman 22 kegiatan 1.1 ini. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 22 Kegiatan 1.1"