Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 23 24 Kegiatan 1.10

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 23 24 Kegiatan 1.10 keefektifan judul berita Semester 1 Buku bahasa Indonesia Bab 1 Menentukan Unsur-unsur berita Soal Berita Seputar Indonesia. Kunci jawaban Kelas 8 Kegiatan 1.10 Halaman 23 24 ini membahas tentang keefektifan judul berita dan kelengkapan Unsur-unsur berita tersebut. 

Kunci-Jawaban-Bahasa-Indonesia-Kelas-8-Halaman-23-24-Kegiatan-1.0
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 23 24 Kegiatan 1.10

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 23 24 Kegiatan 1.10 keefektifan judul berita dan kelengkapan Unsur-unsur berita ini di buat untuk membantu para peserta didik yang duduk di kelas 8 SMP/MTS menyelesaikan Kegiatan 1.10 keefektifan judul berita dan kelengkapan Unsur-unsur berita. Berikut kunci jawaban Kelas 8 Halaman 23 24 Kegiatan 1.10 silakan dibaca:

Kegiatan 1.10

A. 
1. Bacalah sebuah berita, baik dari surat kabar, majalah, maupun dari internet!

Kunci Jawaban : 

Jika kalian membutuhkan teks berita secara lengkap mengenai berita yang kami bahas pada kunci jawaban ini, silakan dibaca dan bisa juga dicopas dengan mengetikkan judul berita pada mesin telusur Google.

Judul berita yang di baca :

'Per 1 Oktober, Pemilik Kendaraan di DKI Harus Cantumkan Nomor HP dan E-mail di BPKB"

Pihak kepolisian tengah gencar melakukan sosialiasi agar para pemilik kendaraan bermotor segera melengkapi data Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB)-nya dengan nomor telepon dan alamat e-mail. Hal ini terkait sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcment (ETLE) yang akan diuji coba per 1 Oktober 2018. 

Data tersebut diperlukan terkait proses penilangan. Surat tilang tersebut dikirimkan petugas melalui jasa ekspedisi barang Pos Indonesia setelah petugas verifikasi memastikan pemilik kendaraan melakukan pelanggaran lalu lintas berdasarkan tangkapan gambar CCTV.

Sumber : kompas.com
Terbit : 18/09/2018, 09:30 WIB

a. Perhatikanlah keefektifan judulnya!

Kunci Jawaban : 

Berita ini memiliki judul yang efektif, dalam konteks mampu mewakili informasi penting yang disampaikan dalam berita.

b. Perhatikan pula kelengkapan unsur-unsur berita tersebut!

Kunci Jawaban : 

Berita ini telah ditulis dengan unsur-unsur 5W+1H yang lengkap, baik untuk menjawab pertanyaan siapa, kenapa, kapan, bagaimana, di mana, dan apa.

c. Cermati pula struktur ataupun susunannya serta penggunaan bahasanya!

Kunci Jawaban : 

Berita tersebut masih menggunakan istilah asing yang sebenarnya sudah ada padanan katanya dalam Bahasa Indonesia. 

2. Lakukanlah perbaikan terhadap bagian-bagian yang dianggap salah di dalam teks tersebut secara berkelompok!

Kunci Jawaban : 

Perbaikannya : 
  1. Kata email, dapat diganti dengan surat elektronik. 
  2. Kata CCTV, diganti dengan kata kamera pengawas kamera pengintai
  3. Kata verifikasi dapat diganti dengan kata memastikan
Dengan mengurangi kata-kata istilah, dan mengganti kata sinonimnya yang mudah dipahami tentu informasi yang di sampaikan pada berita tersebut menjadi lebih mudah dipahami bagi masyarakat awam.


Baca Juga

Demikianlah Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 23 24 Kegiatan 1.10 keefektifan judul berita dan kelengkapan Unsur-unsur berita ini dapat berguna dan bermanfaat serta dapat menjadi sumber rekomendasi pengetahuan yang dapat di jadikan dasar patokan menjawab tugas individu Bahasa Indonesia Halaman 23 24. Kami mengingatkan jangan lupa untuk segera dikumpulkan jika telah selesai dikerjakan. Semoga bermanfaat. 

Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 23 24 Kegiatan 1.10"