Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PKN Kelas 11 Halaman 143 Uji Kompetensi Bab 4

Kunci Jawaban PKN Kelas 11 Halaman 143 Uji Kompetensi Bab 4 SMA Dinamika Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia Semester 2. Kunci jawaban ini merupakan pembahasan soal-soal evaluasi materi Bab 4 mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan PKN.

Kunci-Jawaban-Kelas-11-Halaman-143-Uji-Kompetensi-Bab-4
Kunci Jawaban Kelas 11 Halaman 143 Uji Kompetensi Bab 4 SMA Perdamaian Dunia

Indonesia sangat berupaya mewujudkan perdamaian dunia dengan memilih dan menentukan sendiri cara aktif membantu terwujudnya perdamaian dunia. Politik luar negeri yang di usung yang mengedepankan bebas dan aktif sehingga menempatkan Indonesia sebagai negara yang netral. Adapun penjelasan uji kompetensi 4 tentang perdamaian dunia dapat di baca di bawah ini.

Pembahasan Uji Kompetensi Bab 4

1. Arti perdamaian dunia bagi kemajuan bangsa/negara!

Kunci Jawaban :  

Arti penting perdamaian dunia terhadap kemajuan bangsa/negara merupakan perwujudan kehidupan berbangsa dan bernegara yang terjalin dengan baik melalui perdamaian dunia dengan saling mendukung, saling membantu dan saling memenuhi di setiap sektor seperti sektor ekonomi, pendidikan, teknologi, SDA dan SDM sehingga kemajuan sebuah negara akan tercapai.

2. Keterlibatan Indonesia mewujudkan perdamaian dunia?

Kunci Jawaban :  

Bangsa Indonesia terlibat di berbagai organisasi Internasional dalam menciptakan perdamaian dunia  di antaranya Indonesia memiliki peran dalam organisasi Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) sebagai anggota organisasi, dalam organisasi ASEAN Indonesia juga Berperan sebagai negara pendiri termasuk juga dalam Gerakan Non-Blok (GNB). Keterlibatan Indonesia dalam organisasi internasional tersebut merupakan langkah nyata dalam mewujudkan perdamaian dunia.

3. Mengapa Indonesia harus terlibat?

Kunci Jawaban :   

Indonesia harus terlibat dikarenakan pada alinea ke-4 Pembukaan UUD 1945 sudah menjadi tujuan dan cita-cita bangsa Indonesia untuk ikut melaksanakan ketertiban dunia. Alasan lainnya bahwa kemerdekaan dan kebebasan merupakan hak seluruh umat manusia di dunia, oleh sebab itu sebagai negara yang sudah pernah dijajah Indonesia terlibat secara aktif mewujudkan perdamaian dunia demi menapaki kehidupan yang lebih baik lagi.

4. Faktor penyebab negara mengadakan hubungan internasional?

Kunci Jawaban :   

Faktor internal dan faktor eksternal merupakan faktor penyebab negara mengadakan hubungan internasional.

Faktor internal 

Terdapat kebutuhan-kebutuhan ataupun tujuan-tujuan tertentu yang tidak bisa terpenuhi di dalam negara tersebut sehingga untuk memenuhinya negara mengadakan hubungan internasional.

Faktor Eksternal

Sebagai makhluk sosial, negara tidak mampu untuk hidup sendiri tanpa bantuan dan pengakuan dari negara lainnya. Ketergantungan terhadap negara-negara lain untuk mewujudkan kehidupan dengan tatanan dunia baru menjadi faktor eksternal penyebab negara mengadakan hubungan internasional.

5. Deskripsikan bentuk kerja sama Indonesia dengan negara lainnya?

Kunci Jawaban :   

Indonesia menjalin berbagai bentuk kerja sama mulai dari kerja sama bilateral, regional, dan kerja sama multilateral.

a. Kerja sama bilateral
Kerja sama bilateral merupakan kerja sama yang dilakukan oleh dua negara secara langsung. Contohnya Kerja sama Indonesia dengan jepang di bidang IPTEK.

b. Kerja sama regional
Kerja sama regional merupakan kerja sama yang dilakukan oleh beberapa negara secara geografis terletak dalam satu kawasan. Contohnya  ASEAN

c. Kerja sama Multilateral
Kerja sama multilateral merupakan kerja sama banyak negara, keanggotaannya dapat di ikuti oleh negara mana pun tanpa dibatasi kawasan dan wilayah. Contohnya adalah  PBB.
 

Demikianlah pembahasan kunci jawaban PKN Bab 4 Sekolah Menegah Atas tentang soal-soal Uji Kompetensi 4 Dinamika Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia. Mengapa perdamaian dunia itu penting untuk dilakukan? Apa dampaknya jika perdamaian dunia tidak bisa diwujudkan? tentu pertanyaan seperti itu membuat keberlangsungan hidup kita sebagai masyarakat yang terjamin kebebasannya akan terancam jika perdamaian dunia tidak dapat diwujudkan.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PKN Kelas 11 Halaman 143 Uji Kompetensi Bab 4"