Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PKN Kelas 10 Halaman 116 Tugas Mandiri 4.3

Kunci Jawaban PKN Kelas 10 Halaman 116 Tugas Mandiri 4.3 SMA Semester 2 Tabel. 4.4. Makna Kedudukan dan Peran Pemerintah Pusat. Dalam mengendalikan pemerintahan pusat, Presiden sebagai pemegang kekuasaan tertinggi, di bantu oleh menteri-menteri dalam kabinet.

Kunci-Jawaban-Kelas-10-PKn-Halaman-116-Tugas-Mandiri-4.3
Kunci Jawaban Kelas 10 PKN Halaman 116 Tugas Mandiri 4.3 SMA Makna & Kedudukan Pemerintah Pusat

Dalam pelaksanaan otonomi daerah, Pemerintah pusat menjalankan roda pemerintahan dengan memberi instruksi untuk diperhatikan dan di laksanakan oleh pemerintah daerah dengan memperhatikan ketentuan-ketentuan tertentu. Nah agar kamu bisa memahami makna dan kedudukannya serta dapat menjawab soal-soal tugas mandiri 4.3 dapat dibaca penjelasannya berikut ini.

Tugas Mandiri 4.3
 
1. Makna Pemerintah Pusat

Kunci Jawaban : 

Pemerintah pusat memiliki makna sebagai penyelenggara Pemerintah, di bawah kendali Presiden dan dibantu oleh Wakil Presiden beserta menteri-menteri yang tergabung dalam kabinet negara. Adapun kedudukannya, Pemerintah pusat berkedudukan di ibu kota negara dengan Presiden sebagai pemegang kekuasaan tertinggi.


2. Fungsi Penyelenggaraan Pemerintah

Kunci Jawaban : 

Dalam menjalankan roda pemerintahan, Pemerintah pusat memiliki tiga fungsi pokok, ke tiga fungsi tersebut antara lain: 

a) Fungsi Pelayanan

Fungsi pelayanan adalah fungsi pemenuhan kebutuhan masyarakat dengan kualitas yang sama, tanpa diskriminatif, tidak memberatkan masyarakat, dan tidak memandang status sosial.

b) Fungsi Pengaturan

Fungsi pengaturan digunakan pemerintah pusat untuk memberikan penekanan kepada rakyat dan penyelenggara pemerintahan agar dalam menjalani kehidupan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan hukum yang berlaku.

c) Fungsi Pemberdayaan

Fungsi pemberdayaan ini dimaknai pemerintah pusat untuk melaksanakan pemberdayaan masyarakat agar pelaksanaan roda pemerintahan dapat berjalan dengan baik.


3. Kewenangan Pemerintah Pusat

Kunci Jawaban : 

Kewenangan pemerintah pusat meliputi kewenangan untuk mengatur dan menentukan pihak-pihak yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan kewenangan tersebut. Dalam hal ini kewenangan tersebut dapat meliputi :
  • Kewenangan politik luar negeri
  • Kewenangan pertahanan dan keamanan
  • Kewenangan perekonomian dan lain-lain

Pemerintah pusat merupakan induk dari pemerintah daerah, Jadi kebijakan-kebijakan yang diambil pemerintah pusat sangat menentukan keberlangsungan negara itu sendiri.

Demikianlah penjelasan jawaban tugas tabel 4.4 PKN ini mengenai makna dan kedudukan pemerintah pusat dalam menjalankan pemerintahan. Kita sebagai siswa, generasi penerus bangsa dapat menentukan juga keberlangsungan majunya negara di masa mendatang, untuk itu kita harus tetap rajin tekun belajar agar mendapatkan prestasi yang bermanfaat untuk semua orang dan berguna bagi negara. Terima kasih

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PKN Kelas 10 Halaman 116 Tugas Mandiri 4.3"