Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 104 Tabel 5.2 SMP

Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 104 Tabel 5.2 SMP Makna Sejarah Sumpah Pemuda dimulai dari Kronologis peristiwa Sumpah Pemuda hingga sampai ke makna sumpah pemudah bagi para pelajar tanah air.

Kunci-Jawaban-Kelas-8-PKN-Halaman-104-Aktivitas-5.1
Kunci Jawaban Kelas 8 PKN Halaman 104 SMP Tabel 5.2 Makna Sejarah Sumpah Pemuda

Proses sumpah pemudah merupakan tonggak awal persatuan dan kesatuan dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Pada tugas kali ini kamu diminta untuk menuliskan nilai sejarah sumpah pemuda dan di tuangkan pada tabel yang telah disediakan. Berikut www.kuncijawabankelas.com memberikan alternatif jawaban terkait nilai sejarah sumpah pemuda.

Aktivitas 5.1 

Setelah kalian mencari informasi, Tulislah apa yang sudah kalian ketahui tentang nilai sejarah Sumpah Pemuda ke dalam tabel berikut.

1) Kronologis peristiwa Sumpah Pemuda

Kunci Jawaban : 

Awal mula lahirnya sumpah pemudah berawal dari hasil Kongres Pemuda 1 pada tanggal 30 April - 02 Mei 1926 yang mengikrarkan seluruh peserta untuk satu bangsa, satu bahasa dan satu tanah air Indonesia. Kemudian di lanjutkan pada Kongres Pemuda II yang dilaksanakan pada 27 - 28 Oktober 1928 dan menghasilkan tekad para pemuda untuk mempersatukan seluruh pemuda Indonesia.

2) Semangat dan komitmen peristiwa Sumpah Pemuda

Kunci Jawaban : 

Komitmen sumpah pemuda yang paling utama adalah untuk mempersatukan seluruh para pemuda Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan rakyat Indonesia, Selain itu sumpah pemuda juga berfungsi sebagai jati diri bangsa Indonesia. Sumpah pemuda juga menjadi roh semangat pemudah yang di bangun atas kesamaan nasib dan kesamaan cita-cita dalam memperjuangkan kemerdekaan Bangsa Indonesia.

3) Makna Sumpah Pemuda bagi perjuangan kemerdekaan

Kunci Jawaban : 

Makna sumpah pemuda bagi perjuangan kemerdekaan merupakan tonggak awal menumbuhkan semangat juang dengan segala pengorbanan demi mewujudkan kemerdekaan. Perjuangan yang dilakukan dengan adanya sumpah pemuda membuat semuanya bersatu padu mengorbankan seluruh jiwa dan raga demi sebuah kebebasan yaitu kemerdekaan.

4) Makna Sumpah Pemuda bagi pelajar

Kunci Jawaban : 

Bagi pelajar, makna sumpah pemudah yang harus tertanam adalah semangat kerja keras dalam belajar, dengan selalu tekun membuat karya, mengungkapkan ide, menemukan pengetahuan baru, serta bersemangat melakukan kegiatan-kegiatan yang bersifat akademis untuk memberikan hasil yang terbaik bagi bangsa dan negara.


Demikianlah penjelasan makna sumpah pemudah baik di lihat dari konteks perjuangan kemerdekaan maupun maknanya bagi para pelajar. Semangat sumpah pemudah harus dimiliki oleh setiap individu, karena sumpah pemudah merupakan akar terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa bagi seluruh lapisan masyarakat dalam mengisi kemerdekaan. Untuk itu kita harus bijak dalam bersikap terutama selalu menempatkan toleransi, dan saling menghormati agar tidak terpecah belahnya persatuan dan kesatuan bangsa.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 104 Tabel 5.2 SMP"