Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Kelas 7 PKN Halaman 101 Tabel 4.6

Kunci Jawaban Kelas 7 PKN Halaman 101 Tabel 4.6 Aktivitas 4.6 Tabel 4.6 Pengertian dan Makna Bhinneka Tunggal Ika Buku PPKN Semester 2 SMP - MTS. Penjelasan pada konten artikel kunci jawaban ini akan membahas jawaban tugas Tabel 4.6 mengenai pengertian Bhinneka Tunggal Ika.

Kunci-Jawaban-Kelas-7-PKN-Halaman-101-Aktivitas-4.6
Kunci Jawaban Kelas 7 PKN Halaman 101 Aktivitas 4.6 SMP Pengertian dan Makna Bhinneka Tunggal Ika

Setelah kalian mempelajari materi aktivitas 4.6 tentang pengertian dan makna Bhinneka Tunggal Ika, sekarang kalian akan diminta untuk menjawab dengan melakukan diskusi bersama terkait pernyataan yan terdapat di dalam pertanyaan pada tabel berikut ini.

1). Pengertian "Bhinneka Tunggal Ika" menurut Buku Sutasoma.

Kunci Jawaban : 

Berdasarkan Buku Sutasoma di jelaskan pengertian Bhineka Tunggal Ika adalah bahwa antara Siwa /Hindu dengan Budha merupakan zat-zat yang berbeda, namun nilai kebenaran di antara keduanya adalah tungga, boleh terpecah belah tetapi darma tetap satu.


2). Pengertian "Bhinneka Tunggal Ika" Berdasarkan Pancasila

Kunci Jawaban : 

Pengertian "Bhinneka Tunggal Ika" Berdasarkan Pancasila adalah sebagai dasar perwujudan dari sila ke tiga, di mana Indonesia memiliki perbedaan keyakinan di dalam masyarakatnya, perbedaan suku, perbedaan bahasa dan seterusnya, namun pada akhirnya perbedaan itu tetap memiliki tujuan yang satu berdasarkan kandungan sial ke 3 Pancasila yaitu persatuan Indonesia.


2). Makna semboyan "Bhinneka Tunggal Ika".

Kunci Jawaban : 

Makna semboyan "Bhinneka Tunggal Ika" ini menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara yang besar, negara yang majemuk, negara yang memiliki banyak suku bangsa, ras, agama, adat istiadat, bahasa dan lain-lain. Namun pada dasarnya tetap satu, satu bangsa, satu bahasa yaitu Indonesia.


Kesimpulan : 

Semboyan ini, bukan hanya tercantum saja pada tulisan yang ada pada gambar burung garuda, semboyan ini juga tidak hanya sekedar kita sebutkan saja, melainkan kita amalkan dan kita buktikan pada perilaku kita dalam kehidupan sehari-hari dengan mengembangkan sikap saling menghormati pada setiap perbedaan, dan saling toleransi atas kepentingan masing-masing. dengan begitu persatuan di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara akan terwujud dengan damai.


Demikianlah penjelasan jawaban tentang pengertian Bhinneka Tunggal Ika ini, semoga penjelasan ini menjadi pengetahuan baru sehingga dapat kita aplikasikan dalam menjalani aktivitas dan rutinitas di kehidupan sehari-hari. Mulai dari diri sendiri, keluarga hingga di lingkungan masyarakat. Terima kasih dan salam.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Kelas 7 PKN Halaman 101 Tabel 4.6"