Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Tugas Kelompok 4.1 Halaman 138 PKN Kelas 11

Kunci Jawaban Tugas Kelompok 4.1 Halaman 138 PKN Kelas 11 Peran Indonesia dalam organisasi Internasional dalam mewujudkan perdamaian dunia Semester 2 Sekolah Menengah Atas. Indonesia mengikuti organisasi internasional dengan prinsip politik bebas aktif dengan mewujudkan perdamaian dunia dengan cara dan jalannya sendiri.

Kunci-Jawaban-Tugas-Kelompok-4.1-Halaman-138-PKN-Kelas-11
Kunci Jawaban Tugas Kelompok 4.1 Halaman 138 PKN Kelas 11 Peran Indonesia dalam organisasi Internasional

Indonesia akan selalu berupaya dengan aktif menjalankan peranannya di dalam organisasi dunia internasional yang diikuti. Adapun penjelasan mengenai peranan Indonesia dalam mengikuti organisasi internasional antara lain :  

Tugas Kelompok 4.1

Coba identifikasikan peran Indonesia dalam organisasi internasional terkait upaya menciptakan perdamaian dunia!

Kunci Jawaban : 

1. Organisasi ASEAN

Peran Indonesia dalam organisasi ASEAN dalam menciptakan perdamaian dunia adalah mendeklarasikan kawasan Asia Tenggara sebagai kawasan damai, bebas dan merupakan kawasan yang netral.

2. Organisasi UNESCO

Peran negara Indonesia dalam organisasi ini adalah dengan menyelenggarakan program IFIT atau Indonesia Funds In Trust yaitu program membantu mengatasi krisis finansial organisasi UNESCO. Program ini sangat berkontribusi sekali dan langkah nyata yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia mewujudkan perdamaian dunia.

3. Organisasi OPEC 

Organisasi ini diikuti oleh negara-negara pengekspor minyak bumi di seluruh dunia, salah satu negara pesertanya adalah Indonesia. Adapun peranan Indonesia dalam Organisasi ini adalah sebagai penyeimbang kepentingan organisasi, karena satu-satunya negara kawasan Asia yang mengikuti organisasi ini adalah Indonesia.

4. Organisasi APEC

Organisasi APEC adalah organisasi yang bergerak di bidang ekonomi negara-negara kawasan Asia Pasifik. Peran Indonesia dalam organisasi ini adalah sebagai tuan rumah KTT ke-21 tahun 2013 sekaligus sebagai ketua pelaksana.

5. Organisasi PBB

Dalam organisasi PBB Indonesia menunjukkan beberapa peran dalam mewujudkan perdamaian dunia antara lain :
  • Mendirikan gagasan Gerakan Non Blog untuk mengurangi ketegangan dunia demi mencapai perdamaian
  • Mengirim kontingen garuda ke wilayah rawan konflik seperti timur tengah
  • Menyelenggarakan Jakarta Informal Meeting tahuan 1988 sebagai langkah penyelesaian konflik di negara Kamboja

Baca Juga 

Demikianlah penjelasan jawaban Peran Indonesia dalam organisasi Internasional dalam mewujudkan perdamaian dunia. Semoga dengan selalu aktif mewujudkan perdamaian membuat bangsa Indonesia menjadi contoh negara yang terkenal akan keramahannya dan kedamaiannya. Terima kasih.


Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Tugas Kelompok 4.1 Halaman 138 PKN Kelas 11"