Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Kelas 9 PKN Tugas Kelompok 4.3 Halaman 117

Kunci Jawaban Kelas 9 PKN Tugas Kelompok 4.3 Halaman 117 Tokoh-tokoh yang berperan sebagai mediator dalam upaya penyelesaian konflik dalam masyarakat. Upaya apa yang dilakukannya dalam menyelesaikan konflik tersebut di masyarakat.

Kunci-Jawaban-Kelas-9-PKN-Tugas-Kelompok-4.4-Halaman-117
Kunci Jawaban Kelas 9 PKN Tugas Kelompok 4.3 Halaman 117 Tokoh Mediator Penyelesaian Konflik

Inti dari tugas ini kalian diminta untuk mencari informasi mengenai sosok yang dapat di katakan sebagai mediator dalam penyelesaian konflik di masyarakat, mulai usaha dan perjuangannya, hingga dampak yang di dapat setelah dilakukan upaya tersebut. Berikut jawaban dari kami dengan memilih seseorang mediator yang terkenal di Asia bahkan dunia, silakan dibaca informasinya di bawah ini.

Tugas Kelompok 4.3

Secara berkelompok kerjakanlah kegiatan di bawah ini.

1. Carilah informasi tentang tokoh mediator.

2. Tentukan upaya-upaya yang dilakukan mediator tersebut dalam menyelesaikan konflik.

3. Susunlah skenario untuk menyimulasikannya

4. Simulasikan di depan kelas.

Kunci Jawaban : 

Toko mediator yang kami pilih ini adalah mediator terkenal di Asia bahkan menginspirasi dunia yang berasal dari India. Dia juga sosok yang berpengaruh atas merdekanya India sebagai negara yang berdaulat. Dia juga seorang aktivis, sosok tokoh mediator yang kami maksud ini dikenal sebagai bapak anti kekerasan, Dia adalah Mahatma Gandhi.

Upaya Mahatma Gandhi memerdekakan India

Konflik yang serius terjadi ketika Inggris mampu menduduki India sejak tahun 1877. Masyarakat mengalimi penderitaan di saat hasil pokok bumi India di monopoli oleh Inggris dengan semena-mena. Dalam hal inilah Mahatma Gandhi membentuk Empat pilar, prinsip perjuangan kemerdekaan India antara lain:

1. Perjuangan tanpa kekerasan

2. Menolak dan mengabaikan instruksi dari pemerintah kolonial Inggris (Bersikap non-kooperatif)

3. Pemboikotan produk asal Inggris

4. Membangun ekonomi mandiri

Prinsip yang gagas oleh Mahatma Gandhi ini tanpa konyol, apa lagi ketika ia mengatakan bahwa Ingris adalah tamu sedangkan India adalah tuan rumah, 100 ribu tentara Inggris yang bertindak sebagai tamu tidak akan mampu mengendalikan 3,5 juta orang India sebagai tuan rumah jika enggan untuk bekerja sama.

Mahatma Gandhi Menyatukan rakyat

Perjuangan Mahatma Gandhi yang disepelekan oleh pemerintah Inggris tersebut akhirnya sampai ke titik puncak ketika ia membuktikan perjuangannya. Ia mengumumkan pada seluruh lapisan masyarakat India tanpa mengenal umur untuk melaksanakan hari doa dan berpuasa secara nasional. 

Pada saat hari itu tiba, hasilnya membuat Pemerintah Inggris tercengang dan sulit untuk mempercayainya karena jalur transportasi India sunyi sepi, tidak ada satu orang pun beraktivitas lain selain berdo'a bersama, apa lagi pergi bekerja ke pabrik-pabrik yang menguntungkan Pemerintahan Inggris. Hanya karena hasutan sepele dari Mahatma Gandhi membuat seluruh India lumpuh total.

Setelah kejadian tersebut terjadi ternyata memicu terjadinya aksi-aksi lainnya seperti aksi boikot pabrik garam Inggris yang membuat perekonomian Inggris kacau balau, . Serangkaian aksi damai tanpa senjata tersebut akhirnya mengundang dunia internasional untuk mendesak pemerintahan Inggris memberikan kemerdekaan bagi India.


Baca Juga

Dilihat dari perjuangannya, Mahatma Gandhi ini berjuang dengan cara menyatukan rakyat India, hal ini juga sejalan dengan negara Indonesia yang dikenal dengan Pancasila sebagai dasar negara. Lima sila Pancasila juga memuat konsep persatuan yang tercermin pada sila ke 3 Persatuan Indonesia. Demikianlah penjelasan mengenai tokoh mediator pilihan www.kuncijawabankelas.com ini, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Kelas 9 PKN Tugas Kelompok 4.3 Halaman 117"