Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Kelas 8 Halaman 167 Bahasa Indonesia Kegiatan 6.5

Kunci Jawaban Kelas 8 Halaman 167 Bahasa Indonesia Kegiatan 6.5 Semester 2 SMP - MTS jelaskanlah bagian-bagian dari struktur teks novel Atheis dan Penjelasannya. Artikel kunci jawaban ini dibuat dengan membaca dan melakukan analisa terhadap cerita novel Atheis terlebih dahulu kemudian barulah dapat kita tentukan strukturnya.

Kunci-Jawaban-Kelas-8-Halaman-167-Bahasa-Indonesia-Kegiatan-6.5
Kunci Jawaban Kelas 8 Halaman 167 Bahasa Indonesia Kegiatan 6.5 Struktur Novel Atheis

Pada kegiatan 6.5 ini kompetensi yang akan di pelajari adalah Struktur Teks Ulasan Novel Atheis. Di antara struktur tersebut antara lain : Identitas, Orientasi, Sinopsis, Analisis dan Evaluasi. Bagaimana bentuk jawabannya yang benar? berikut dapat di baca di bawah ini.

Kegiatan 6.5

1. Kamu baca berulang cerita novel Atheis!

2. Berikan penjelasan bagian-bagian dari struktur teks tersebut tersebut!

Kunci Jawaban : 

Struktur teks novel Atheis antara lain :

1. Orientasi

Pada teks novel Atheis, struktur teks orientasi terdapat pada paragraf 1 halaman 154. Struktur orientasi ini menjelaskan dan memperkenalkan keunggulan dari novel tersebut yang merupakan salah satu novel terbaik yang memperoleh penghargaan dari Pemerintah RI dari tahun 1969, 1972dan tahun 1974.

2. Sinopsis

Sinopsis novel Atheis ini dapat kita temukan pada halaman 154 dari paragraf 2 - hingga paragraf 8 halaman 155. Di mana Novel ini menceritakan perjalanan hidup tokoh Hasan yang tidak mempercayai Tuhan.

3. Analisis

Analisis novel Atheis ini terdapat pada paragraf ke 9 halaman 155. Di mana novel ini dikatakan banyak memberikan pelajaran kepada pembacanya. Selain itu novel ini juga mengharapkan kita untuk pandai bergaul dan pandai membawa diri agar tidak tersesat dan mengingkari ajaran agama. 

4. Evaluasi

Bagian evaluasi Novel Atheis ini terletak pada keunggulannya di antaranya memberikan cerita  pelajaran hidup, selain itu novel Atheis ini juga memiliki bahasa yang mudah dicerna. Sedangkan kekurangan pada novel tersebut adalah ketersediaannya yang sudah sangat langka.


B. Pasangkanlah

1. Bahasa novel  yang sangat mudah untuk dipahami -

Kunci Jawaban : 
D. Analisis

2. Novel memberikan pelajaran pada kita untuk pandai bergaul.

Kunci Jawaban : 
E. Evaluasi

3. Atheis adalah novel terbaik mendapat penghargaan dari Pemerintah RI tahun 1969.

Kunci Jawaban : 
B. Orientasi

4. Judul novel : Atheis, Pengarang novel : Achdiat K. Mihardja. 

Kunci Jawaban : 
A. Identitas

5. Novel Atheis ini mengisahkan perjalanan hidup Hasan.

Kunci Jawaban : 
C. Sinopsis


Demikianlah penjelasan jawaban struktur novel Atheis pada kegiatan 6.5 ini. Semoga dengan kita memahami struktur novel ini kita juga memahami makna yang tersirat pada novel tersebut. Di mana kita dalam menjalani hidup ini harus tetap berpegang teguh pada keimanan dalam beragama. dengan menjalankan semua perintah agama, dan menghindari semua yang dinyatakan sebagai larangannya. Terima kasih.