Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 18 Aktivitas 6.3

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 18 Aktivitas 6.3 Menyelidiki Pola Medan Magnet merupakan percobaan Ayo Kita lakukan Pada Semester 2 Sekolah Menengah Pertama kelas akhir. Untuk menyelidiki pola medan magnet kamu diminta untuk menyiapkan beberapa bahan-bahan yang di perlukan.

Kunci-Jawaban-IPA-Kelas-9-Halaman-18-Aktivitas-6.3
Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 18 Aktivitas 6.3 Menyelidiki Pola Medan Magnet

Setelah bahan-bahan yang diperlukan sudah kamu siapkan semua tentunya untuk melakukan percobaan aktivitas 6.3 ini kamu di tuntut untuk melakukannya sesuai dengan urutan langkah-langkah percobaan Menyelidiki Pola Medan Magnet yang akan di jelaskan di bawah ini:

Aktivitas 6.3 Menyelidiki Pola Medan Magnet

Apa yang kamu perlukan?

1. Pasir besi (bubuk besi)
2. Kertas/Plastik mika
3. Magnet dengan berbagai bentuk

(Catatan: Jika kamu tidak memiliki pasir besi maka kamu dapat mencarinya dengan menggunakan magnet yang sudah kamu ikat dengan tali kemudian kamu cari di lahan tanah atau di tempat tertentu, benda kecil-kecil yang menempel pada magnet tersebut adalah pasir besi yang kamu gunakan untuk percobaan ini).

Apa yang harus kamu lakukan?

1. Kamu ambil magnet batang dan kamu letakkan di bawah kertas/mika agar tidak menempel secara langsung antara magnet dengan pasir besi.

2. Di atas kertas mika kamu taburkan pasir besi tersebut.

3. Sekarang coba kamu amati perubahan pola pasir besi yang kamu taburkan tersebut

4. Setelah itu kamu Gambarkan pada  selembar kertas pola yang kamu amati tersebut.

5. Ulangi kegiatan 1-4 dengan bergantian menggunakan bentuk magnet lainnya, seperti magnet U.


Apa yang perlu kamu diskusikan?
Jelaskan bagian mana pada magnet yang paling banyak ditempel pasir besi? Berikan alasanmu?

Kunci Jawaban : 

Bagian magnet yang paling banyak di tempel besi adalah pada bagian kutub-kutub magnet yang terletak pada bagian ujung-ujung magnet tersebut.

Alasannya

Karena pada bagian kutub magnet yang terletak pada kedua ujung magnet memiliki kekuatan yang sangat besar untuk menarik bubuk pasir besi tersebut.


Apa yang dapat kamu simpulkan?
Coba kamu simpulkan mengenai percobaan dan diskusi yang telah kamu lakukan?

Kunci Jawaban : 

Dari percobaan yang sudah kita lakukan terdapat pola beberapa garis yang terbentuk oleh pasir besi, pola tersebut bersumber dari kutub-kutub magnet. Pola tersebut terbentuk karena adanya pengaruh gaya tarik magnet sehingga daerah yang terpengaruh tersebut disebut medan magnet.

Penjelasan mengenai percobaan di atas merupakan cara yang dapat kita lakukan untuk mendeteksi medan magnet di sekitar benda. Dengan memanfaatkan magnet batang, jarum dan U kita dapat menentukan pola medan magnet yang terbentuk


Baca Juga
Kunci Jawaban IPA Hal. 21 22 Aktivitas 6.4

Penjelasan cara menyelidiki medan magnet melalui percobaan aktivitas 6.3 ini merupakan kesimpulan dari seluruh rangkaian percobaan yang sudah dilakukan oleh kami. Hasil yang kami temui dan amati kami tuangkan pada tulisan ini untuk berbagi pada adik-adik yang membutuhkan informasi mengenai aktivitas 6.3 ini. Demikianlah artikel ini, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 18 Aktivitas 6.3"