Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 12 13 Aktivitas 6.2

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 12 13 Aktivitas 6.2 Membuat Magnet Semester 2 Ilmu Pengetahuan Alam amati peristiwa yang terjadi pada paku pertama dan kedua SMP - MTS Kurikulum 2013 merupakan kunci jawaban kedua yang kami bagikan di semester 2 ini.

Kunci-Jawaban-IPA-Kelas-9-Halaman-12-13-Aktivitas-6.2
Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 12 13 Aktivitas 6.2 Membuat Magnet

Pada dasarnya ketersediaan magnet ini terdiri dari 2 jenis magnet, yang pertama magnet alam dan yang kedua adalah magnet buatan manusia. nah pada Aktivitas 6.2 ini kita akan menyelesaikan soal-soal yang terdapat pada Aktivitas 6.2 Membuat Magnet. Berikut penjelasannya.

Aktivitas 6.2 Membuat Magnet

Apa yang kamu perlukan?
  • 2 paku besar
  • 1 magnet batang
  • 1 baterai besar 1,5 volt
  • 1 kawat tembaga ± 25 cm
  • 1 paku kecil
  • 1 kompas
Untuk keterangan Langka Kerja 1, 2, dan 3 dapat kalian baca secara lengkap pada buku paket IPA halaman 12 dan 13. Sebab kami hanya fokus pada penjelasan kunci jawabannya saja. 

Apa yang perlu kamu diskusikan?

1. Sesuai dengan langkah kerja 1, Apakah paku pertama dapat menarik paku kedua?

Kunci Jawaban : 

Benar sekali, paku pertama dapat menarik paku ke dua.

Alasannya :

Karena kedua paku tersebut akan terkena medan magnet, sehingga menyebabkan kedua paku sama-sama menjadi magnet. Jika kita telusuri lebih dalam lagi, semakin dekat jarak antara paku besar dengan magnet, akan menghasilkan paku besar semakin kuat menjadi magnet jika begitu akan membuat paku kecil semakin banyak menempel.


2. Amatilah langkah kerja 2, apakah interaksi yang terjadi pada rangkaian paku dengan kutub-kutub magnet sama?

Kunci Jawaban : 

Interaksi yang dihasilkannya akan berbeda. 

Alasannya

Karena arah lilitan yang terbentuk akan mempengaruhi kutub pada paku. Bagaimana cara menentukan kutub utara dan selatannya? Untuk menentukannya kita menggunakan kaidah tangan kanan, Yakni keempat jari tangan kanan yang digenggam akan menunjukkan arah arus yang mengalir. 


3. Jelaskan bagaimana pengaruh arah gerak menggosok paku, dengan kutub magnet yang terbentuk?

Kunci Jawaban : 

Pengaruh arah gerak menggosok secara berulang dengan 1 arah akan menentukan kutub yang terbentuk pada magnet. Jika salah satu kutub magnet digosokkan pada paku, pada ujung paku yang kita gosokan  akan terbentuk kutub  yang berbeda atau berlawanan dengan kutub yang di miliki oleh magnet yang kita gosok.

Apa yang dapat kamu simpulkan?

Uraikan apa saja prinsip dasar cara pembuatan magnet!

Kunci Jawaban : 

Prinsip dasar cara pembuatan magnet antara lain :
  • Induksi atau mendekatkan paku pada magnet sesuai dengan Langka Kerja 1
  • Elektromagnetik atau menggunakan aliran listrik sesuai dengan Langka Kerja 2
  • Menggosok sesuai dengan Langka Kerja 3

Baca Juga

Demikianlah penjelasan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang terdapat pada aktivitas 6.2 ini. Bahkan kucijawabankelas.com juga sudah menjelaskan secara lengkap hingga sampai ke kesimpulan dari kegiatan aktivitas 6.2 tersebut. Semoga tulisan yang kami buat ini bermanfaat dan memberikan masukan pada adik-adik yang sedang mengerjakan tugas sekolah. Terima kasih.