Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 173 Kelas 8 Kegiatan 6.8

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 173 Kelas 8 Kegiatan 6.8 Ulasan penjelasan struktur teks Identitas buku, Orientasi, Sinopsis, Analisis, dan Evaluasi Semester 2 SMP. Untuk menjawab kegiatan 6.8 ini kamu tetap berpatokan pada catatan-catatan pada buku yang kamu baca, dalam hal ini kami tetap berpatokan dengan catatan yang kami berikan pada jawaban kegiatan 6.7.

Kunci-Jawaban-Bahasa-Indonesia-Halaman-173-Kelas-8-Kegiatan-6.8
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 173 Kelas 8 Kegiatan 6.8 Ulasan Penjelasan Struktur Teks

Berdasarkan catatan-catatan Identitas buku, informasi penting, kelebihan dan kelemahan, kesimpulan dan saran-saran kita diminta untuk melakukan penuangan catatan ke dalam teks ulasan secara lengkap menggunakan format tabel pada halaman 173. Berikut hasil catatan-catatan yang sudah kami tuangkan ke dalam tabel.

Kegiatan 6.8 

A. Berdasarkan catatanmu mengenai buku yang kamu baca, lengkapilah tabel di bawah ini!

a. Identitas Buku 

Kunci Jawaban : 

Judul buku :
Telur Naga Putih

Penulis : 
Rahimsyah AR

Penerbit : 
Bintang Indonesia

Tahun terbit :
2005

Halaman :
54 Halaman


b. Orientasi

Orientasi pada buku cerita Telur Naga Putih ini berisi pengenalan para tokoh yang terdiri dari sepasang suami istri, sepasang naga, dan putranya.


c. Sinopsis

Kunci Jawaban : 

Buku ini menceritakan seorang suami-istri yang meninggalkan putranya yang sedang tidur di rumah untuk pergi menangkul ikan di sungai. Pada saat menangkul sepasang suami istri ini hanya selalu mendapatkan telur putih dari dalam sungai, telurnya ia buang dari tangkulnya namun yang ia dapat ketika mengangkat tangkulnya tetap telur puti tersebut berada di dalam tangkulnya. Kejadian ini terus terjadi selama ia menangkul di sungai bukanya ikan yang di dapat tetapi tetap telur putih yang ia dapat.

Karena sudah waktunya pulang sepasang suami istri tersebut memutuskan pulang dan membawah telur putih tersebut. Sesampainya di rumah ia memutuskan untuk memasak telur putih tersebut dan sepasang suami istri tersebut menyantapnya lebih dahulu karena putranya sedang tidur. Betapa ketakutan putranya ketika melihat orang tuanya yang berubah menjadi sepasang naga yang ingin berperang melawan naga putih. dan tanda-tanda yang menunjukkan orang tuanya memenangi peperangan dengan naga putih sudah muncul namun kedua orang tuanya tidak kunjung kembali hingga sekarang. 


d. Analisis

Kunci Jawaban : 

Setelah di analisis buku "Telur Naga Putih" ini memiliki kelebihan dan kekurangan adapun kelebihannya terletak pada alur ceritanya menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Buku ini juga memiliki kekurangan pada gambar ilustrasi yang di gunakan yang terlalu sedikit.


e. Evaluasi

Yang perlu di evaluasi dari Buku cerita "Telur Naga Putih" ini adalah gambar ilustrasi yang perlu di tambahkan jumlahnya agar mempermuda pembaca memahami situasi, kondisi, dan maksud pada cerita, selain itu melalui gambar ilustrasi tersebut dapat memberikan pemahaman yang sama terhadap pembaca 


Baca Juga
Jawaban B.Indonesia Kls. 8 Hal. 178 Kegiatan 7.1

Berdasarkan sinopsis cerita buku "Telur Naga Putih" ini dapat kita ambil pelajaran bahwa jika kita menemukan sesuatu barang ataupun makanan yang belum tauh asal usulnya harap jangan langsung di ambil, apalagi langsung dimakan kita tidak pernah tauh apa yang terjadi setelah memakannya. Di kehidupan nyata jangan sesekali mengonsumsi makan dan minuman yang kita temukan di mana saja yang kita sendiri tidak tahu asal usulnya, karena takutnya makanan dan minuman tersebut mengandung racun. Hal ini dapat menjadi pelajaran dan pengingat setelah memahami cerita Telur naga Putih.



Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 173 Kelas 8 Kegiatan 6.8"