Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PKN Kelas 9 Tugas Mandiri 4.2 Halaman 101

Di dalam hubungan persahabatan, kita hendaknya mengenyampingkan perbedaan, dengan begitu persahabatan akan selalu terhindar dari perpecahan. Kunci Jawaban PKN Kelas 9 Tugas Mandiri 4.2 Halaman 101 pada Buku PPKN materi faktor-faktor yang membedakan dan mempersatukan masyarakat di lingkungan tempat tinggalmu semester 2 Kurikulum 2013.

Kunci-Jawaban-PKn-Kelas-9-Tugas-Mandiri-4.2-Halaman-101
Kunci Jawaban PKN Kelas 9 Tugas Mandiri 4.2 Halaman 101 Faktor-faktor yang membedakan dan mempersatukan masyarakat

Kunci jawaban Bab 4 Keberagaman Masyarakat Indonesia dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika tentang pemahaman materi faktor-faktor yang membedakan dan mempersatukan masyarakat di lingkungan tempat tinggalmu adalah tugas mandiri yang harus dikerjakan oleh adik-adik kelas 9 SMP. Agar terbantu dalam mengerjakan tugas tersebut berikut silakan dipelajari penjelasan kunci jawabannya.

Tugas Mandiri 4.2

Kamu lakukan Identifikasilah faktor-faktor yang membedakan & faktor-faktor yang mempersatukan masyarakat di lingkungan tempat tinggalmu kemudian kamu tuliskan jawabannya dengan melengkapi tabel berikut ini !

Kunci jawaban : 

Faktor Perbedaan

1. Agama 

Faktor agama merupakan faktor perbedaan pada setiap anggota masyarakat, karena keyakinan di setiap anggota masyarakat berbeda-beda.


2. Suku dan ras

Tidak bisa dipungkiri, suku dan ras merupakan faktor perbedaan utama dalam mempersatukan masyarakat. Di Indonesia sendiri memiliki berbagai macam suku yang menempati wilayah tanah air, begitu juga dengan ras yang beraneka ragam.


3. Kebudayaan

Negara yang besar adalah negara yang memiliki banyak sekali budaya daerah di dalamnya. Keberadaan aneka macam budaya merupakan faktor perbedaan yang harus di jaga dan di hormati dalam mempersatukan bangsa.


4. Profesi

Dalam menjalani kehidupan kita perlu memenuhi kebutuhan yang menjadi tuntutan hidup. Adapun dalam memenuhi kebutuhan kita memerlukan pekerjaan agar mendapatkan pemasukan. Aneka macam pekerjaan disebut juga sebagai profesi, keberadaan banyaknya profesi yang di jalani oleh anggota masyarakat merupakan faktor perbedaan dalam menyatukan masyarakat sekitar.


5. Bahasa daerah

Wilayah Indonesia yang luas menyebabkan banyaknya anggota masyarakat hidup menempati wilayah yang berbeda-beda, cara berkomunikasi yang digunakan pun berbeda seperti bahasa daerah yang digunakan sesuai dengan daerahnya.

Oleh sebab itu bahasa daerah merupakan faktor perbedaan dalam mempersatukan masyarakat Indonesia.


Faktor Pemersatu

1. Pancasila

Pancasila sebagai ideologi bangsa yang memiliki nilai-nilai dalam menjalani kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Semua warga negara Indonesia menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila yang terdapat pada ke lima sila-silanya. Oleh sebab itu Pancasila merupakan faktor pemersatu masyarakat dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara.


2. UUD 1945

Semua masyarakat Indonesia terikat pada aturan hukum yang bersumber pada Undang-undang dasar 1945, Oleh sebab itu keberadaan UUD 1945 sebagai faktor pemersatu masyarakat di mana pun berada.


3. Bahasa Indonesia

Jika setiap anggota masyarakat berkomunikasi dengan anggota masyarakat yang berasal dari daerah lain tetap menggunakan bahasa daerahnya masing-masing, tentu bahasa yang di ucapkan tersebut sulit dimengerti oleh kedua anggota masyarakat tersebut. Oleh sebab itu di perlukan faktor pemersatu masyarakat dalam berkomunikasi yaitu Bahasa Indonesia.


4. Bendera Merah Putih

Bendera merah putih merupakan lambang negara berupa identitas dari negara. Satu bendera menunjukkan satu negara yang mempersatu daerah-daerah di dalamnya.


5. Burung Garuda

Sama halnya dengan burung garuda sebagai simbol pemersatu masyarakat dalam menjalani kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Apa pun wilayah daerahnya, sukunya, rasnya, budayanya tetap satu simbol negara yaitu burung garuda.


Baca Juga

Demikianlah penjelasan jawaban tugas mandiri 4.2 tentang faktor perbedaan dan faktor pemersatu masyarakat yang ada di lingkungan tepat tinggal. Semoga dengan mengetahui berbagai macam perbedaan yang ada pada masyarakat dapat membuat kita lebih memahami untuk saling menghormati dan saling memaklumi sehingga persatuan dan kesatuan di masyarakat dapat terwujud. Terima kasih semoga berguna untuk adik-adik kelas 9.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PKN Kelas 9 Tugas Mandiri 4.2 Halaman 101"