Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Aktivitas 4.1 Halaman 79 Tabel 4.2

Mohon maaf adik-adik jika kakak beberapa hari ini tidak memperbaharui artikel kunci jawaban, sebab kesibukan kegiatan lain yang tak bisa di tinggalkan. Dengan senang hati berikut Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Tugas Aktivitas 4.1 Halaman 79 Tabel 4.2 Pahlawan Nasional Buku PPKN Perjuangan bangsa Indonesia sebelum tahun 1908 Semester 2 Kurikulum 2013.

Kunci-Jawaban-PKn-Kelas-8-Aktivitas-4.1-Halaman-79-Tabel-4.2
Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Aktivitas 4.1 Halaman 79 Tabel 4.2 Pahlawan Nasional

Kunci jawaban pada buku PPKN kali ini akan mengupas materi Bab 4 Semangat Kebangkitan Nasional Tahun 1908 dengan melakukan kegiatan menguraikan perjuangan pahlawan nasional yang berjuang sebelum tahun 1908. Mengusung semangat berbagi, berikut kunci jawaban yang dapat kami bagikan.

Aktivitas 4.1

Uraikan informasi lebih jauh tentang perjuangan pahlawan nasional sebelum tahun 1908, kemudian tuliskan informasinya pada tabel di bawah ini.

Kunci Jawaban : 

1. Sultan Ageng Tirtayasa

Sultan Ageng Tirtayasa merupakan salah satu pejuang dari daerah Banten. Lahir tahun 1631 dan wafat 1692, beliau dikenal dengan nama atau nama Abu al-Fath Abdulfattah. Periode kekuasaan beliau di kesultanan Banten dari tahun 1651-1683. Perjuangan beliau yang paling dikenal adalah melawan penjajahan Belanda.

2. Sultan Hasanuddin

Sultan Hasanuddin  dikenal juga dengan nama I Mallombasi Muhammad Bakir Daeng Mattawang Karaeng Bonto Mangape, lahir pada tanggal 12 Januari 1631 di Gowa, Sulawesi Selatan. Beliau merupakan putra daerah Gowa yang memerintah kerajaan Gowa dan memimpin banyak pertempuran melawan Belanda hingga sampai wafat di usia 39 tahun.

3. Tuanku Imam Bonjol

Tuanku Imam Bonjol merupakan salah satu pahlawan nasional, Nama asli Tuanku Imam Bonjol adalah Muhammad Shahab. Perjuangannya melawan Belanda diakui oleh Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selain itu Tuanku Imam Bonjol dikenal sebagai sosok ulama, pemimpin, dan pejuang yang berperang melawan Belanda terutama perang yang terkenal di bawah kepemimpinannya adalah Perang Padri.

4. Pangeran Diponegoro

Pangeran Diponegoro anak dari Sultan Hamengkubuwana III. Pangeran ini lahir pada tanggal 11 November 1785 dengan nama aslinya adalah Bendara Pangeran Harya Dipanegara. Perjuangan beliau yang paling terkenal adalah pada perang Diponegoro.

5. Kapitan Pattimura

Kapitan Pattimura merupakan pahlawan nasional dari Maluku dengan nama asli Thomas Matulessy. Lahir pada tanggal 8 Juni 1783 dari ayahnya yang bernama Antoni Matulessy. Perjuangan Kapitan Pattimura melawan Belanda dimulai sejak tahun 1816. Kapitan Pattimura  menolak sistem monopoli yang diterapkan oleh pemerintahan Belanda. 

6. I Gusti Ketut Jelantik  

I Gusti Ketut Jelantik Lahir pada tahun 1800 di Tukadmungga, Buleleng. I Gusti juga termasuk pahlawan nasional Indonesia, Beliau berasal dari daerah Karangasem, Bali. Buleleng. Perjuangan beliau melawan pemerintah Belanda terjadi pada saat Perang Jagaraga.


Baca Juga
Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Aktivitas 4.2 Hal.

Demikianlah penjelasan kunci jawaban Pkn tentang isian tabel 4.2 Pahlawan Nasional yang dapat menjadi batasan-batasan pengetahuan untuk menjawabnya dengan tepat. Semoga dengan mempelajari perjuangan-perjuangan yang sudah dilakukan oleh tokoh pahlawan nasional di atas, kita dapat lebih termotivasi lagi mengisi kemerdekaan ini dengan berbagai macam hal-hal positif yang dapat dilakukan sebagai seorang siswa seperti belajar dengan tekun.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Aktivitas 4.1 Halaman 79 Tabel 4.2"