Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PKN Kelas 10 Halaman 107 108 Tugas Mandiri 4.1

Indonesia merupakan negara kesatuan dengan penyelenggaraan pemerintahan desentralisasi, di mana pemerintahan memberikan kesempatan & keleluasaan kepada daerah untuk mengurus daerahnya sendiri yang di kenal dengan istilah otonomi daerah. Kunci Jawaban PKN Kelas 10 Halaman 107 108 Tugas Mandiri 4.1 Semester Genap Tabel 4.2. Makna Otonomi Daerah di Indonesia Semester 2 Otonomi Daerah dalam Konteks Negara Kesatuan Kurikulum 2013.

Kunci-Jawaban-PKn-Kelas-10-Halaman-107-108-Tugas-Mandiri-4.1
Kunci Jawaban PKN Kelas 10 Halaman 107 108 Tugas Mandiri 4.11 Makna Otonomi Daerah

Kunci Jawaban PKN Kelas 10 Halaman 107 108 Tugas Mandiri 4.1 Tabel 4.2 merupakan jawaban alternatif tentang pelaksanaan otonomi daerah. Adapun pembahasan jawabannya dapat dipahami & di baca di bawah ini.

Tugas Mandiri 4.1

Agar adik-adik dapat memahami makna pelaksanaan otonomi daerah dengan tepat maka jawablah pertanyaan-pertanyaan Tabel 4.2 berikut.

1. Bagaimana pelaksanaan otonomi daerah saat ini? Ceritakan.

Kunci Jawaban : 

Menurut pendapat kami, Pelaksanaan Otonomi Daerah saat ini sudah dilaksanakan dengan baik, karena pada daerah otonom secara keseluruhan sudah semakin berkembang baik pada aspek kesejahteraan rakyat, maupun perkembangan tempat wisata dan kulinernya yang menjadi ciri khas daerah tersebut, sehingga potensi dari daerah dapat dioptimalkan. 


2. Dalam pelaksanaan otonomi daerah, Upaya apa yang dapat dilakukan untuk menggerakkan partisipasi masyarakat?

Kunci Jawaban : 

Dalam rangka menggerakkan ke ikutan sertaan atau partisipasi masyarakat terkait pelaksanaan otonomi daerah, dapat dilakukan dengan memberikan sosialisasi dan informasi pembangunan daerah kepada masyarakat, termasuk mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam pembangunan.


3. Jelaskan jika masyarakat tidak ikut dalam pelaksanaan otonomi daerah, apa yang akan terjadi?

Kunci Jawaban : 

Jika masyarakat tidak ikut dalam pelaksanaan otonomi daerah maka yang akan terjadi adalah tidak adanya kemampuan menjalankan otonomi daerah secara maksimal, serta menimbulkan ke tidak tahuan akan kebijakan yang telah ditetapkan pemerintah daerahnya. 

4. Mengapa pelaksanaan otonomi daerah sering disalahgunakan?

Kunci Jawaban : 

Karena dari individu yang bersangkutan memiliki sifat tamak, egois untuk memperkaya diri sendiri. Selain itu terdapat juga titik lemahnya supermasi hukum Indonesia dalam menangani kasus penyelewengan kekuasaan.  

5.Mengapa kepala daerah banyak tersangka  kasus korupsi di daerahnya? 

Kunci Jawaban : 

Penyebabnya di karena kan kepala daerah yang bersangkutan memiliki peluang berupa kesempatan untuk melakukan korupsi langsung dana pemerintah yang di kelola. Serta lemanya hukum ke atas namun ke bawah sangat tajam.


Baca Juga

Demikianlah penjelasan jawaban Tabel 4.2. Makna Otonomi Daerah di Indonesia Halaman 107 108 ini, Semoga dengan adanya penjelasan jawaban ini Adik-adik dapat memahami lebih jelas lagi sehingga dapat mengerjakan & menyelesaikan soal-soal yang terdapat pada Tabel 4.2 Tugas mandiri 4.1. Terima kasih semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PKN Kelas 10 Halaman 107 108 Tugas Mandiri 4.1"