Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PKN Kelas 7 Aktivitas 4.1 Halaman 86 87

Kuncijawabankelas.com Jawaban Tabel 4.1 Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Sekitar ini merupakan isi artikel dari Kunci Jawaban PKN Kelas 7 Aktivitas 4.1 Halaman 86 87 Bab 4 Keberagaman suku, agama, ras, antar golongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika Kurikulum 2013.

Kunci-Jawaban-PKn-Kelas-7-Aktivitas-4.1-Halaman-86-87
Kunci Jawaban PKN Kelas 7 Aktivitas 4.1 Halaman 86 87 Faktor Penyebab Keberagaman

Kamu diminta untuk mengamati dan menganalisis faktor yang menyebabkan keberagaman di dalam masyarakat sekitar kalian. adakah hubungan yang terjadi, jelaskan. Untuk menjawab faktor dan hubungan tersebut berikut kuncijawabankelas.com memberikan pandangan mengenai faktor penyebab yak di maksud pada soal-soal PKN aktivitas 4.1 kelas 7. Selamat membaca.

Aktivitas 4.1

Faktor Penyebab 
  1. Faktor letak geografis
  2. Faktor perbedaan kondisi alam
  3. Faktor perkembangan transportasi
  4. Faktor perkembangan teknologi
  5. Faktor pola pikir masyarakat
Keberagaman yang terjadi

1). Faktor letak geografis
Tidak bisa dipungkiri bahwa leta geografis suatu wilayah memberikan banyak sekali terjadinya keberagaman seperti :
  • Keberagaman suku
  • Keberagaman budaya
  • Keberagaman bahasa
  • Keberagaman agama
Keberagaman tersebut timbul disebabkan faktor letak geografis suatu daerah, sehingga menimbulkan keberagaman budaya, bahasa, suku di daerah yang satu berbeda dengan daerah yang lainnya.

2). Faktor perbedaan kondisi alam
Perbedaan kondisi alam seperti perbedaan Sumber Daya Alam sekitar, akan menyebabkan terjadinya  keberagaman pada mata pencaharian masyarakat, keberagaman bentuk rumah untuk lebih menyesuaikan dengan alam, jenis pakaian, serta makanan pokok yang di konsumsi.

3). Faktor perkembangan transportasi
Jika kita mengamati ternyata transportasi juga menyebabkan terjadinya keberagaman dalam masyarakat. Transportasi dapat menimbulkan terjadinya keberagaman suku di suatu daerah tertentu, contoh di daerah Kabupaten Lahat identik masyarakatnya berasal dari suku Gumai, faktanya sekarang karena adanya faktor transportasi seperti kendaraan dan akses jalan yang lebih maju membuat perpindahan mobilitas penduduk meningkat, sehingga di Kabupaten Lahat juga banyak sekarang suku-suku lain selain Gumai.

4). Faktor perkembangan teknologi
Perkembangan teknologi pesat akan menyebabkan terjadinya keberagaman dalam berinteraksi sosial sesama masyarakat. Ada sebagian masyarakat yang selalu berkomunikasi menggunakan whatsapp, ada yang menggunakan facebook, ada yang menggunakan telpon langsung, ada yang menemui langsung orangnya. yang jelas perkembangan teknologi menyebabkan keberagaman dalam berinteraksi sosial.

4). Faktor pola pikir masyarakat
Pola pikir masyarakat juga memberikan keberagaman kepercayaan, keberagaman politik, dan keberagaman budaya. Masyarakat yang pola pikirnya terbuka akan mudah menerima hal-hal baru. Sedangkan masyarakat dengan pola pikir tertutup akan sulit menerima hal-hal baru. Contoh  masyarakat dengan pola pikir terbuka mereka akan berobat pergi ke dokter, sedangkan pola pikir tertutup mereka akan berobat pergi ke dukun.


Baca Juga

Demikianlah penjelasan jawaban kuncijawabankelas.com tentang Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Sekitar ini. Semoga dengan mempelajari faktor-faktor keberagaman ini kita bisa mengetahui bahwa keberagaman tersebut merupakan anugerah yang di berikan oleh Tuhan kepada kita. Sudah selayaknya kita sesama umatnya untuk tetap saling menghormati, saling mengasihi, toleransi, dan saling peduli satu sama lain, karena kita adalah satu keluarga yaitu Indonesia.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PKN Kelas 7 Aktivitas 4.1 Halaman 86 87"