Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PKN Kelas 10 Tugas Mandiri 3.1 Halaman 80 81

Kebahagiaan itu terlihat pada saat kuncijawabankelas.com memberikan informasi terkini tentang Kunci Jawaban PKN Kelas 10 Tugas Mandiri 3.1 Halaman 80 81 Buku PPKN Tabel 3.1 Peranan Organisasi Infrastruktur Bab 3 Kewenangan Lembaga-Lembaga Negara yang ada di tanah air berdasarkan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Kunci-Jawaban-PKn-Kelas-10-Tugas-Mandiri-3.1-Halaman-80-81
Kunci Jawaban PKN Kelas 10 Tugas Mandiri 3.1 Halaman 80 81 Peranan Organisasi Infrastruktur

Dunia politik memang sangat menyenangkan jika dibicarakan. apalagi peranan-peranan organisasi infrastruktur politik seperti media informasi berbasis politik sampai ke tim sukses dari calon yang di usung oleh partai politik. Berikut kami memberikan pandangan tersendiri terkait peranan organisasi infrastruktur politik. Selamat membaca.

Tugas Mandiri 3.1

Tuliskan peranan organisasi-organisasi yang memiliki fungsi atau kekuatan terhadap infrastruktur sistem politik tanah air (Indonesia)!

Kunci Jawaban : 

Organisasi Infrastruktur politik terdiri dari:

1. Partai Politik 

Peranannya
Partai politik merupakan organisasi yang bertujuan untuk menguasai pemerintahan melalui wakil-wakilnya yang duduk dibangku kekuasaan. 

Contoh peranan partai politik antara lain:

a). Sebagai organisasi infrastruktur yang menampung komunikasi politik
Partai politik dapat menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat terkait segala macam bentuk usulan dan saran yang ingin disampaikan dan dilaksanakan oleh pemerintahan.

b). Sebagai kendaraan mencetak kader-kader untuk menguasai pemerintahan
Partai politik juga memiliki peran untuk mengantarkan kader-kader politiknya untuk ambil bagian pada kursi pemerintahan. tentunya kader-kader yang dipilih adalah kader-kader yang dapat di andalkan serta memiliki segudang prestasi.

c).  Sebagai sarana mengenalkan politik pada masyarakat
Tidak di bisa dipungkiri jika partai politik memiliki peranan besar dalam mensosialisasikan politik pada masyarakat. Kebanyakan masyarakat mengetahui partai-partai besar di tanah air tapi tidak mengetahui ketua umumnya siapa. ini membuktikan jika partai politik memiliki pengaruh besar pada masyarakat dalam mensosialisasikan politik.

2. Kelompok Kepentingan

Kelompok kepentingan dalam Organisasi Infrastruktur politik adalah orang-orang baik perorangan maupun berkelompok yang ikut memperjuangkan aspirasi politik agar tujuannya dilaksanakan oleh pemerintahan.

Peranannya
Memperjuangkan aspirasi pribadi dan masyarakat

Contoh Peranan Kelompok Kepentingan :
  • Memperjuangkan Islam yang dilakukan oleh NU dan MUI
  • Memperjuangkan guru yang dilakukan PGRI
  • Memperjuangkan kesehatan rakyat yang dilakukan oleh IDI

3. Kelompok Penekan 

Kelompok Penekan adalah kumpulan orang-orang yang terikat oleh suatu lembaga tertentu dengan tujuan utamanya untuk mengkritisi kebijakan-kebijakan pemerintah yang berkuasa.

Peranannya
Memberikan kritik, mempengaruhi, melakukan propaganda terhadap pemerintahan yang berkuasa

Contoh Peranan Kelompok Penekan :
  • Mengritik kebijakan pemerintah yang tidak berpihak pada masyarakat yang dilakukan oleh LSM
  • Mengritisi kebijakan pemerintah yang tidak rama lingkungan yang di lakukan oleh organisasi lingkungan hidup

4. Media Komunikasi Politik

Media komunikasi politik adalah segala sarana yang di gunakan oleh pelaku politik untuk mengomunikasikan politiknya pada masyarakat.

Peranannya
  • Menyampaikan informasi untuk membentuk memori terkait keunggulan politiknya.
  • Menjadi fasilitator untuk mediasi antara masyarakat dengan pelaku politik
  • Mensosialisasikan dan mengenalkan paslon politik
  • Sarana yang bisa digunakan masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya terhadap politik tertentu atau politik yang sedang berkuasa
Contoh Media Komunikasi Politik yang dapat digunakan:
  • Tv
  • Koran
  • Internet
  • Radio
  • Spanduk
  • Poster

Baca Juga

Demikianlah penjelasan jawaban peranan organisasi infrastruktur politik yang dapat kami berikan. Dari penjelasan ini dapat kita ambil hikmahnya sebagai seorang siswa kita harus tahu bagaimana perkembangan politik di tanah air ini. Minimal kita bisa membedakan dan memilih mana calon pemimpin yang memang mampu dan sanggup untuk memimpin bangsa ini di antara banyak calon yang diusung oleh partai politik. Bukan hanya asal pilih saja. Demikianlah kunci jawaban ini dibuat, semoga menambah warna dalam menentukan jawaban mana yang akhirnya kita pilih dalam menjawab soal-soal Tugas Mandiri 3.2 Halaman 80 - 81 ini. Terima kasih



Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PKN Kelas 10 Tugas Mandiri 3.1 Halaman 80 81"