Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 60 Kelas 9

Kuncijawabankelas.com sebagai mendia informasi akan membagikan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 60 Kelas 9 Mengidentifikasi Cerpen Pohon Keramat dengan pertanyaan identifikasi apakah judul cerpennya sudah menarik? Buku Bahasa Indonesia Halaman 60.

Kunci-Jawaban-Bahasa-Indonesia-Halaman-61-Kelas-9
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 60 Kelas 9 Mengidentifikasi Cerpen Pohon Keramat

Dalam mengidentifikasi cerita pendek ini adik-adik dituntut untuk membaca terlebih dahulu cerita pendek Pohon Keramat yang akan di identifikasi. Adik-adik dapat membacanya pada buku paketnya halaman 53 - 60. Setelah membacanya barulah adik-adik jawab pertanyaannya. Agar mendapatkan hasil jawaban yang tepat berikut kami bagikan kunci jawabannya berdasarkan sudut pandang kuncijawabankelas.com. Selamat membaca.

Pertanyaan Identifikasi

1. Apakah judulnya menarik!

Kunci Jawabannya :

Menurut kuncijabankelas.com Judul cerpen "Pohon Keramat" sudah menarik.

Alasannya :

Karena judul terdiri dari 2 kata yang sangat jelas dan mudah diingat, selain itu judul pohon keramat juga menimbulkan rasa ketertarikan bagi pembacanya, karena rasa tertarik dan penasaran tersebut yang awalnya hanya membaca judulnya saja, timbul keinginan untuk melanjutkan membaca seluruh isi ceritanya.

2. Apakah judul sudah mencerminkan seluruh isi cerpen pohon keramat!

Kunci Jawabannya :

Setelah membaca isi cerpennya ternyata judul pohon keramat tidak mencerminkan isi cerpen yang dibayangkan oleh pembaca, karena isi cerita membahas kehidupan penduduk di lereng gunung beser yang merupakan kehidupan yang dialami oleh penulis cerpen tersebut.

3. Apakah yang dimaksud keramat pada cerpen tersebut?

Kunci Jawabannya :

Keramat yang dimaksud di sini adalah keberadaan pepohonan yang terdapat pada lereng gunung beser memberikan ketergantungan hidup pada penduduk di sekitar lereng gunung tersebut.

4. Teknik apa yang digunakan pada penceritaan cerpen tersebut?

Kunci Jawabannya :

Cerpen pohon keramat menggunakan teknik penceritaan kata ganti orang pertama dengan menggunakan kata saya sebagai tokoh utama dalam cerpen tersebut.

5. Tokoh-tokoh dalam cerpen tersebut?

Kunci Jawabannya :

Cerpen pohon keramat diperankan oleh tokoh-tokoh :

  • Saya : Penulis sebagai anak yang berdomisili di lereng gunung beser tersebut)
  • Kakek : Sebagai kakek dari tokoh saya
  • Kang Hasim : Sebagai guru mengaji
  • Mbah Jayasakti : Sebagai nenek moyang di daerah lereng gunung beser tersebut.

Sebenarnya jika admin kucijawabankelas.com baca cerpen Pohon Keramat ini jalan ceritanya biasa saja bahkan jauh di benak pembaca, awalnya admin mengira cerpen ini merupakan cerpen yang seram pasti ada keterkaitannya dengan hantu, dedemit, setan, atau jin dan kuntilanak. mala ceritanya kehidupan di lereng gunung yang mata pencaharian penduduknya justru ketergantungan pada Sumber Daya Alam berupa pepohonan yang ada di lereng tersebut.



Tak ada kata menyerah, tetap selalu berusaha walau berjuang kembali dari titik nol, itu merupakan pesan yang admin berikan bagi pembaca semuanya walau terasa sulit tetap kita perjuangkan, karena kehidupan akan selalu berjalan. demikianlah penjelasan jawaban mengidentifikasi isi cerpen pohon keramat melalui pertanyaan identifikasi ini. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 60 Kelas 9"