Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 105 106 107 Kelas 7

Di kesempatan ini Kuncijawabankelas.com akan membahas Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 105 106 107 Kelas 7 Memperbaiki dan Melengkapi Teks Prosedur Membuat Angklung. Tugas melengkapi teks prosedur angklung ini terdapat  pada Buku Paket Bahasa Indonesia Halaman 105 - 107 Kelas 7 Kurikulum 2013.

Kunci-Jawaban-Bahasa-Indonesia-Halaman-105-106-107-Kelas-7
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 105 - 107 Kelas 7 Memperbaiki dan Melengkapi Teks Prosedur Membuat Angklung

Adik-adik dapat menjadikan penjelasan kami ini sebagai contoh bagaimana mengerjakan soal melengkapi dan memperbaiki teks prosedur membuat  angklung tersebut.

Soal :

Perbaiki teks prosedur membuat angklung dengan mengikuti petunjuk di bawah ini: 

1) Silakan ditambahkan bagian awalnya.

2) Kalimat langkah yang ada dapat di rubah menjadi kalimat perintah, kalimat saran, dan kalimat larangan

3) Bagian penutup pada teks prosedur juga di lengkapi

4) Perbaiki juga tanda baca yang kurang tepat.

Kunci Jawaban : 

Membuat Angklung

Penambahan Bagian Awal:
Angklung merupakan alat musik tradisional dari Provinsi Jawa Barat (Sunda). Bahan dasar pembuatan angklung menggunakan bambu, untuk menghasilkan bunyi dengan irama yang dikehendaki, angklung dimainkan dengan cara digoyangkan.

Sala-satu cara untuk melestarikan alat musik angklung ini, dapat kita lakukan dengan cara membuat angklung buatan sendiri. Sebagai panduannya berikut langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat angklung antara lain:

Langkah 1, menyiapkan bambu
  • Siapkan terlebih dahulu Batang bambu kemudian kamu lakukan pembersihan cabang-cabangnya serta potong secukupnya. (Kalimat perintah)
  • Kamu ikatkan potongan bambu tersebut dan lakukan penganginan selama 1 tahun. (Kalimat perintah)

Langkah 2, menyiapkan rangka
  • Kamu siapkan terlebih dahulu batang bambu, sebaiknya batang yang disiapkan adalah batang telah kering. (Kalimat saran)
  • Kemudian lakukan pemotongan, sebaiknya lakukan pengukuran terlebih dahulu agar hasil potongan sesuai dengan tiang dan palang (Kalimat saran)
  • Untuk mendapatkan hasil sempurna. Jangan menggunakan potongan bambu yang tidak tidak lurus, agar angklung dapat membelok ke kiri atau ke kanan. (Kalimat larangan)
  • Lakukan penataan pada rangka secara lurus, agar saat menggantungkan angklung yang di buat tersebut  tampak rapi. (Kalimat perintah)

Langkah 3, membuat tabung suara
  • Lakukan pencocokan antara diameter dengan nada bunyi yang dihasilkan karena semakin besar diameter akan menghasilkan nada yang semakin rendah. (Kalimat perintah)
  • Karena semakin panjang tabung, menghasilkan nada yang semakin rendah maka kamu lakukan pemotongan dengan panjang yang sesuai dengan nada irama yang diinginkan (Kalimat perintah)
  • Jangan lupa kupas bagian atas tabung agar ada kesesuaian pada bunyi yang dihasilkan. (Kalimat perintah)
  • Untuk mengait tabung dasar jangan lupa membuat tekik. (Kalimat perintah)
  • Agar tabung suara mendekati nada yang diinginkan kamu lakukan penghalusan pada tabung suara. (Kalimat perintah)

Penambahan Bagian Penutup:

Di dalam kehidupan kita perlu hiburan, sala satu cara untuk menghibur diri adalah dengan mendengarkan lantunan nada-nada indah dari bunyi berirama lembut yang di hasilkan oleh bambu yang di goyangkan. Jangan lupa untuk menghasilkan irama yang enak di dengar ketika membuat angklung, kita harus menggunakan bambu kering, dipotong dengan diameter dan panjang yang sudah disesuaikan pada nada yang di hasilkan.


Baca Juga
Jawaban B.Indonesia Halaman 111 112 Membuat Kalimat Perintah

Demikianlah kunci jawaban memperbaiki dan melengkapi teks prosedur tentang langkah-langkah membuat angklung. Memang irama yang di hasilkan dari goyangan bambu pada angklung sungu khas rasanya ketika di dengar oleh telinga. Semoga apa yang kami bagikan terkait jawaban membuat angklung ini bermanfaat buat kita semua. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 105 106 107 Kelas 7"