Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Kunci Jawaban Kelas 4 PAI Halaman 21 22 Pelajaran 2 Beriman kepada Allah dan Rasul-Nya

Materi Kunci Jawaban Kelas 4 PAI Halaman 21 22 Pelajaran 2 Beriman kepada Allah dan Rasul-Nya adalah rangkuman materi dan kunci jawaban Pendidikan Agama dan Budi Pekerti PAI Kelas 4 Sekolah Dasar (SD/MI). Materi Kunci Jawaban Kelas 4 PAI Halaman 21 22 Pelajaran 2 Beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dibuat dengan mengutip Buku Kurikulum 2013 Pegangan siswa revisi terbaru.

Materi-Kunci-Jawaban-Kelas-4-PAI-Halaman-21-22
Materi Kunci Jawaban Kelas 4 PAI Halaman 21 22 Pelajaran 2 Beriman kepada Allah dan Rasul-Nya

Materi Kunci Jawaban Kelas 4 PAI Halaman 21 22 Pelajaran 2 Beriman kepada Allah dan Rasul-Nya ini memiliki keunggulan pada penjelasan materi yang sanggat lengkap dan kompetitif. Langsung saja berikut kami bagikan Materi Kunci Jawaban Kelas 4 PAI Halaman 21 22 Pelajaran 2 Beriman kepada Allah dan Rasul-Nya.

Materi Kunci Jawaban Kelas 4 PAI Halaman 21 22 Pelajaran 2 Beriman kepada Allah dan Rasul-Nya

A Beriman kepada Allah Swt.

Allah Swt. pencipta dan penguasa alam raya ini dan seisinya. Ciptaan Allah adalah yang ada di langit, bumi: manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan, dan lainnya.

Bagaimana kita mengenal Allah? Kita dapat mengenal Allah melalui: alam semesta, al-Qur’±n, dan nama-nama Allah (al-Asma’u al-Husna).

1. Mengenal Allah melalui Alam Semesta

Amati dan ceritakan gambar berikut!

Materi-Kunci-Jawaban-Kelas-4-PAI-Halaman-21-22-Pelajaran-2

Seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah saw. “Ya Rasulullah, apa arti beriman itu?” Rasulullah menjawab, “Beriman artinya percaya kepada Allah.” Beriman atau iman artinya percaya; percaya kepada Allah sebagai Tuhan semesta alam. 
Beriman kepada Allah artinya percaya kepada Allah. Bukti adanya Allah adalah adanya alam semesta dan semua isinya. Al-Qur’an telah menjelaskan adanya Tuhan dan nama-Nya.

Adanya alam semesta, termasuk bumi yang kita huni sekarang ini adalah bukti adanya Tuhan. Alam semesta ini berisi benda-benda. Di dalam pelajaran ilmu pengetahuan alam terdapat benda mati, benda yang tidak bisa bergerak, bertumbuh, berkembang, dan bernafas. Juga ada yang disebut sebagai benda hidup yaitu benda yang bisa bergerak, bertumbuh, berkembang, dan bernafas. Semua itu Allah Swt. yang menciptakan.

Halaman-21-22-

Anak-anak, ayat al-Qur’an di atas mengenalkan kepada kita bahwa Allah adalah Tuhan kita satu-satunya, Dialah yang menciptakan dan memelihara segala sesuatu yang ada di alam semesta ini. Jadi, kita wajib menyembah hanya kepada-Nya

3. Mengenal Allah melalui al-Asma-u al-husna

Untuk bisa mengenal sesuatu biasanya melalui namanya. Demikian juga mengenal Allah. Allah Swt. memiliki nama-nama yang baik atau dikenal dengan al-Asma’u al-Husna. Nama Allah banyak, tetapi yang diperkenalkan oleh Allah kepada manusia hanya 99 nama melalui perantara wahyu, yaitu al-Qur’an. 

a. Al-Basir

Anak-anak, tahukah kamu bahwa semua perbuatan baik atau buruk, pasti dilihat oleh Allah dengan sifat al-Basir-Nya. Al-Ba¡³r berarti Allah Maha Melihat. Allah Swt. mampu melihat apa saja, sampai hal sekecilkecilnya. Tidak ada yang luput sedikit pun dari pandangan-Nya. 

b. Al-‘Adl

Anak-anak, tahukah kalian arti al-‘Adl? Al-‘Adl berarti Allah Yang Mahaadil. Allah Swt. menempatkan semua manusia sama di hadapanNya. Tidak ada yang ditinggikan hanya karena keturunan, kekayaan, atau jabatannya. Allah Swt. memuliakan seseorang hanya karena ketakwaannya. Takwa artinya mengerjakan yang diperintahkan Allah, dan menjauhi yang dilarang-Nya.

c. Al-‘Asim

Anak-anak, pernahkah kalian meminta bantuan kepada orang lain? Jika pernah, coba ceritakan!

Manusia pasti membutuhkan orang lain, sedangkan Allah tidak membutuhkan makhluk lain. Oleh karena itu, Allah disebut al-‘Asim. Al- ‘Asim artinya Allah Maha Agung. Hanya Allah Yang Maha Agung yang tidak membutuhkan pertolongan. Dia yang memenuhi semua kebutuhan makhluk-Nya. Manusia membutuhkan pertolongan-Nya dan membutuhkan pertolongan orang lain. Manusia tidak bisa hidup sendirian.

Dengan memahami sifat Allah, al-‘Asim, maka kita akan selalu mengagungkan tanda-tanda kebesaran-Nya dengan cara melaksanakan perintah dan menjauhi larangan-Nya.  

Rangkuman Pelajaran 2 Beriman kepada Allah dan Rasul-Nya
  1. Manusia wajib percaya kepada Allah Swt.
  2. Manusia wajib mempelajari tentang adanya Allah. 
  3. Mengenal Allah dapat dilakukan melalui pengamatan alam semesta dan al-Qur’an. 
  4. Semua benda, baik benda hidup maupun benda mati adalah ciptaan Allah. 
  5. Pencipta disebut khalik, sedangkan yang diciptakan disebut makhluk. 
  6. Iman kepada Allah harus dibuktikan dengan cara mematuhi perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. 
  7. Manusia wajib beriman kepada rasul-rasul Allah. 
  8. Semua rasul menyeru agar menyembah Allah Swt. 
  9. Nabi Muhammad saw. adalah nabi dan rasul terakhir
Baca Juga
Kunci Jawaban PAI Kelas  4 Lengkap

Demikianlah Materi Kunci Jawaban Kelas 4 PAI Halaman 21 22 Pelajaran 2 Beriman kepada Allah dan Rasul-Nya. Sedangkan untuk soal dan kunci jawabannya Berikut kami bagikan Linknya

Baca Juga

Kunci Jawaban Kelas 4 PAI Halaman 21 22


Demikianlah Materi Kunci Jawaban Kelas 4 PAI Halaman 21 22 Pelajaran 2 Beriman kepada Allah dan Rasul-Nya. Jika tak setuju dengan kunci jawaban ini adalah hal yang wajar, dikarenakan soal-soal yang di tawarkan adalah soal-soal terbuka.

Terima kasih

Posting Komentar untuk "Materi Kunci Jawaban Kelas 4 PAI Halaman 21 22 Pelajaran 2 Beriman kepada Allah dan Rasul-Nya"