Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 103 104 Pelajaran 9 Mari Melaksanakan Salat

Materi Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 103 104 Pelajaran 9 Mari Melaksanakan Salat adalah pembahasan rangkuman materi soal dan Jawaban alternatif Buku Pendidikan Agama dan Budi Pekerti Kelas 4 SD/MI. Materi Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 103 104 Pelajaran 9 Mari Melaksanakan Salat dibuat dengan mengutip Buku Siswa Kelas 4 SD Kurikulum 2013 revisi terbaru.

Materi Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 103 104 Pelajaran 9 Mari Melaksanakan Salat mempunyai kelebihan dalam hal penjelasan materi dan kunci jawaban yang sanggat baik terutama pada rangkuman materi, soal-soal dan pembahasan Kunci Jawabannya. Berikut Materi Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 111 112 113 Pelajaran 9 Mari Melaksanakan Salat.

Materi Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 103 104 Pelajaran 9 Mari Melaksanakan Salat

A. Keutamaan Salat 

Amati dan ceritakan gambar berikut!

Materi-Kunci-Jawaban-PAI-Kelas-4-Halaman-111-112-113
Materi Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 103 104 Pelajaran 9 Mari Melaksanakan Salat

Tahukah kamu, bahwa ¡alat memiliki beberapa keutamaan. Beberapa keutamaan tersebut adalah sebagai berikut. 
  1. Salat termasuk rukun Islam yang kedua setelah syahadatain. 
  2. Salat diwajibkan atas muslim/muslimah yang perintahnya disampaikan oleh Allah secara langsung. 
  3. Salat merupakan amal perbuatan yang pertama kali akan ditanya pada hari kiamat. 
  4. Salat termasuk amal yang paling disukai oleh Allah.
  5. Salat dapat menghapuskan kesalahan dan menghilangkan keburukan. 
  6. Salat dapat mencegah dari perbuatan keji dan mungkar. 
  7. Orang yang khusyuk salat-nya akan mewarisi surga Firdaus. 
  8. Salat adalah sarana untuk mendapatkan pertolongan Allah, sebagaimana disampaikan dalam firman-Nya: 
“Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan ¡alat. Sungguh, Allah beserta orangorang yang sabar.” (Q.S al-Baqarah/2:153).

B. Makna Bacaan Salat

Salat adalah amal ibadah dengan menghadap kepada Allah secara langsung. Ketika menghadap itulah kita membaca bacaan ¡alat. Lalu, sudahkah kita memahami arti bacaan salat?

Dengan memahami arti bacaan salat, ¡alat kita akan menjadi khusyuk. Hati dan pikiran kita bisa lebih berkonsentrasi sehingga ibadah salat akan membekas dan berpengaruh terhadap tingkah laku kita. 

C. Perilaku yang Mencerminkan Pemahaman Ibadah Salat 

Amati dan ceritakan gambar berikut!

Materi-Kunci-Jawaban-PAI-Kelas-4-Halaman-111-112-113-Pelajaran-9
Materi Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 111 112 113 Pelajaran 9 Mari Melaksanakan Salat

1. Kebajikan terhadap Sesama 
a) Melatih kekompakan 

Salat fardu lebih baik dikerjakan secara berjamaah karena lebih utama dan pahalanya lebih banyak. Pada saat ¡alat berjamaah akan terlihat kompak. Seorang imam sebelum memulai ¡alat selalu memperhatikan kesiapan makmumnya. ¢af-¡af harus disusun secara rapi, lurus, dan rapat di antara para makmum. Selanjutnya, imam memulai ¡alat dan diikuti oleh makmumnya hingga selesai. Gerakan ¡alat iman dan makmum selalu kompak.

Kekompakan ¡alat tersebut dapat dijadikan teladan. Misalnya, kekompakan dalam kerja bakti membersihkan sekolah. Ketika waktu kerja bakti tiba, maka tak seorang pun yang duduk-duduk santai, mengobrol, dan berdiam diri. Tidak boleh ada sebagian anak bekerja (bakti) tetapi sebagian lainnya malas-malasan. Semua harus saling bahu-membahu agar tugas kerja bakti selesai dengan baik.

b) Mematuhi perintah ketua kelompok 

Dalam ¡alat berjamaah, imam selalu diikuti oleh makmumnya. Takbir, rukuk, sujud, tasyahud dan gerakan imam lainnya selalu dipatuhi makmumnya. Sepanjang ¡alat imam benar maka harus diikuti makmumnya. Makmum tidak boleh mendahului gerakan imamnya.  

Pelaksanaan ¡alat berjamaah dapat dijadikan teladan. Imam ¡alat, sama dengan ketua kelompok. Perilaku ketua kelompok harus benar dan baik agar dapat diikuti oleh anggotanya. Anggota kelompok harus patuh kepada ketuanya.

c) Tidak marah bila dinasihati Imam 

Salat harus mau diberitahu kesalahannya. Makmum ¡alat juga harus mau dan berani memberitahu kesalahan imamnya. Ketika gerakan imam salah, makmum berucap “subhanallah!” Ketika  bacaan imam salah atau lupa, makmum harus membetulkannya. Semua tindakan (imam dan makmum) tersebut hanya untuk kebenaran dan diikhlaskan karena Allah semata.

Begitu pula, ketika bekerja atau bermain bersama, kita tidak boleh gampang marah. Kita harus saling menasihati. Semua itu dilakukan untuk kebenaran dan karena Allah semata

d) Suka mengirimkan salam dan mendoakan teman. 

Setiap ¡alat selalu diakhiri dengan ucapan salam. Salam adalah ucapan untuk keselamatan, kerahmatan, dan keberkahan bagi orang lain. Dengan demikian, ¡alat mengajarkan kita untuk saling memberikan salam sesama teman. Apalagi, salam juga bisa bermanfaat untuk mendoakan teman. Dengan saling memberikan salam (mendoakan), kamu akan bertambah akrab dengan teman-teman. 

e) Menepati janji Orang yang terbiasa 

Salat di awal waktu akan pandai mengatur waktu. Ia tidak suka menunda-nunda waktu ¡alatnya. Sepertinya, ia sudah punya janji kepada Allah untuk menjumpai-Nya pada awal waktu ¡alat. Dengan demikian, orang yang terbiasa ¡alat tepat waktu akan selalu menepati janji-janjinya kepada sesamanya.

f) Memupuk rasa solidaritas
Salat diwajibkan bagi setiap muslim tanpa adanya pembedaan kaya, miskin, laki-laki, wanita, pejabat, rakyat jelata, pintar, bodoh, mukim, safar, sehat, atau yang sakit sekalipun. Bahkan, tidak ada pembedaan atau pengkhususan ¡af-¡af ¡alat di dalam masjid. bagi yang datang duluan, boleh menempati Saf-saf terdepan. 

Ajaran ¡alat yang demikian itu dapat memupuk rasa solidaritas. Semua jamaah menyatu dalam perasaan (hati) dan pikiran yang sama. Mereka saling bertemu dan menyapa. Akhirnya, mereka dapat saling membantu dalam kebaikan.

2. Menghindari Perilaku Tercela 

Ada beberapa perilaku tercela yang dapat dihindari bila kita memahami makna ibadah salat secara benar. Beberapa perilaku tercela tersebut adalah:

a) Suka mengungkit-ungkit pemberian 

Salat yang khusyµ' senantiasa mengajarkan keikhlasan, yaitu, semua amal hanya untuk Allah. Apabila niat sudah ikhlas, maka tidak peduli dengan penilaian orang lain, tidak mengharapkan pujian atau imbalan, tidak bersedih karena dicaci atau berkurang harta, serta tidak menyebut-nyebut sesuatu yang sudah diberikan karena dilakukan dengan ikhlas hanya karena Allah semata.

b) Suka meremehkan teman 

Salat mengajarkan kita untuk mengagungkan Allah dan merendahkan diri di hadapanNya. ¤alat yang khusyµ' akan menyadarkan betapa kecilnya diri kita. Segenap pujian keagungan dan kemuliaan hanyalah milik Allah. Oleh karena itu, tidak pantaslah kita meremehkan ciptaan Allah lainnya, termasuk meremehkan teman.

c) Ingin menang sendiri 

Siapa yang datang lebih dahulu di masjid, maka ia berhak menempati ¡af ¡alat terdepan atau yang ia inginkan. Adapun orang yang datang belakangan hanya berhak menempati ¡af ¡alat yang tersisa. Ia tidak bisa bersikap ingin menang sendiri. Ia tidak boleh menggeser atau meminta jamaah lain pindah ke tempat lain karena ia mau menempatinya. Sikap ingin menang sendiri seharuslah dihindari.

Materi yang di atas merupakan materi yang harus dikuasai siswa agar bisa menjawab soal ayo berlatih PAI Kelas 4 Halaman 111 112 113 Pelajaran 9 Mari Melaksanakan Salat. Sedangkan untuk kunci jawabannya Berikut Linknya

Baca Juga

Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 103 104 


Demikianlah Materi Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 103 104 Pelajaran 9 Mari Melaksanakan Salat. Tidak sependapat dengan kunci jawaban ini adalah hal yang wajar, dikarenakan soal-soal yang di tawarkan adalah soal-soal terbuka.

Terima kasih

Posting Komentar untuk "Materi Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 103 104 Pelajaran 9 Mari Melaksanakan Salat"