Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Kunci Jawaban Kelas 4 PAI Halaman 44 45 Pelajaran 4 Bersih itu Sehat

Materi Kunci Jawaban Kelas 4 PAI Halaman 44 45 Pelajaran 4 Bersih itu Sehat adalah rangkaian kunci jawaban PAI kelas 4 semester 1 kurikulum 2013. Materi Kunci Jawaban Kelas 4 PAI ini di buat berdasarkan hasil tela'a soal-soal latihan bab 4 bersih itu sehat dengan materi hadas besar hadas kecil dan cara membuat diri kembali menjadi suci.

Materi-Kunci-Jawaban-Kelas-4-PAI-Halaman-44-45-Pelajaran-4
Materi Kunci Jawaban Kelas 4 PAI Halaman 44 45 Pelajaran 4 Bersih itu Sehat


Materi Kunci Jawaban Kelas 4 PAI Halaman 44 45 Pelajaran 4 Bersih itu Sehat ini merupakan kunci jawaban yang dibuat dengan tujuan membantu memberikan jawaban-jawaban terbaik kepada siswa dan orang tua yang sedang mengerjakan soal-soal PAI Kelas 4 seperti pelajaran 4 halaman 44 dan 45 ini. Berikut kami bagikan kunci jawabannya.

Materi Kunci Jawaban Kelas 4 PAI Halaman 44 45 Pelajaran 4 Bersih itu Sehat

A. Bacalah soal-soal berikut dengan teliti kemudian tuliskan jawabanmu dengan jelas!

1. Jelaskan apa yang dimaksud arti suci ?
Kunci Jawaban 
Arti Suci dalam Islam memiliki arti terbebas dari segala jenis najis. Sedangkan pengertian najis itu sendiri adalah segala sesuatu yang membuat seseorang terhalang untuk melakukan ibadah kepada Allah disebut najis. 

2. Jelaskan apa yang dimaksud arti bersih ?
Kunci Jawaban 
Arti bersih secara umum adalah terbebas dari segala jenis kotoran. Semua kotoran belum tentu najis, tapi semua najis sudah pasti kotoran. Contoh kotoran tapi bukan najis adalah debu.

3. Jelaskan perbedaan antara kotoran dan najis? 
Kunci Jawaban 
Perbedaan antara kotoran dengan najis adalah kotoran tidak semuanya menyebabkan seseorang tidak bisa beribadah kepada Allah, tergantung apakah kotoran tersebut juga najis. Jika hanya kotoran saja seperti debu tapi bukan najis tetap bisa beribadah kepada Allah. Berbeda dengan Najis, Najis sudah pasti membuat seseorang tidak sah beribadah karena najis membuat seseorang tidak suci sehingga ibadahnya terhalang.

4. Berikan dan tuliskan macam-macam najis yang kamu ketahui !
Kunci Jawaban 
Berikut Contoh-contoh najis yang mudah ditemui dan membuat seseorang tidak suci antara lain :
  • Terkena jilatan anjing
  • Terkena darah
  • Terkena kotoran atau tinja, 
  • Terkena air seni atau urin.
5. Tuliskan hal-hal pada saat melaksanakan sholat harus dalam keadaan bersih !
Kunci Jawaban 
Pada saat melaksanakan sholat terdapat beberapa hal-hal yang harus dalam keadaan bersih misalkan badan atau tubuh serta pakaian harus bersih dari kotoran dan najis oleh sebab itu sebelum sholat sebaiknya kita mandi terlebih dahulu untuk membersihkan diri dari segala macam kotoran dan berwudu untuk menyucikan diri dari terkena najis.

6. Tuliskan contoh benda-benda yang dipakai harus dalam keadaan bersih!
Kunci Jawaban 
Menggunakan atau memakai benda-benda baik ketika ingin melaksanakan sholat ataupun tidak hendaknya harus menggunakan benda-benda yang bersih. seperti pakaian yang dipakai harus bersih baik itu baju, celana, peci, dan perabotan rumah tangga lainnya.

7. Jelaskan pengertian dan berikan contoh dari hadas besar dan hadas kecil? 
Kunci Jawaban 
Pengertian Hadas Besar
Hadas besar merupakan semua yang membuat orang tidak suci jika terkena atau melakukannya. Sedangkan untu membuat seseorang suci dari hadas besar adalah dengan melakukan mandi wajib. 

Contoh dari hadas besar adalah laki-laki mimpi basah sedangkan perempuan terkena haid atau menstruasi.

Pengertian Hadas Kecil
Hadas kecil merupakan hadas yang membuat wudhu seseorang menjadi tidak sah lagi atau batal. 

Contoh dari hadas kecil adalah buang air kecil dan besar serta buang angin. Sedangkan cara untuk membuat seseorang kembali menjadi suci dengan segera melakukan wudhu .

8. Jelaskan pengertian dari istinja’?
Kunci Jawaban 
Pengertian Istinja adalah cara yang harus dilakukan agar membuat seseorang bersih dari najis seperti tinja. Misalkan dengan melakukan cebok.

9. Jelaskan pengertian tayammum?
Kunci Jawaban 
Pengertian Tayammum adalah cara yang dilakukan untuk membuat diri menjadi suci dari hadas besar dengan menggunakan debu pengganti dari air dengan mengikuti langkah-langkah sesuai Islam dan dengan niat karena Allah.

10. Jelaskan alasan yang memperbolehkan kita untuk melakukan tayammum? 
Kunci Jawaban 
Terdapat alasan utama kita bisa melakukan tayamum seperti jika keadaan tidak ada media air untuk digunakan.

Demikianlah Materi Kunci Jawaban Kelas 4 PAI Halaman 44 45 Pelajaran 4 tentang materi Bersih itu Sehat, semoga bermanfaat dan berguna bagi semua orang serta memberikan pola pikir jawaban yang sesuai dengan soal dan ketentuan ajaran Islam.

Terimakasih

Posting Komentar untuk "Materi Kunci Jawaban Kelas 4 PAI Halaman 44 45 Pelajaran 4 Bersih itu Sehat"